Minggu, 28 Februari 2010

Kota Banjar Tahun 2015-2020

Tahap IV
Rencana Pembangunan 5 Tahun Kota Banjar

Visi Kota Banjar

Kamis, 25 Februari 2010

Peraturan Mendiknas Nomor: 20 Tahun 2007 tentang STANDAR PENILAIAN

Peraturan Mendiknas
Nomor: 20 Tahun 2007
tentang
STANDAR PENILAIAN
DIREKTORAT PEMBINAAN SMA
DITJEN MANAJEMEN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH
DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL

PENILAIAN PENDIDIKAN
• Penilaian pendidikan adalah proses pengumpulan
dan pengolahan informasi untuk menentukan
pencapaian hasil belajar peserta didik;
• Penilaian hasil belajar peserta didik dilaksanakan
berdasarkan standar penilaian pendidikan yang
berlaku secara nasional;
• Standar penilaian pendidikan adalah standar
nasional pendidikan yang berkaitan dengan
mekanisme, prosedur, dan instrumen penilaian hasil
belajar peserta didik;
• Penilaian dapat berupa ulangan dan atau ujian.
• Prinsip Penilaian
• Sahih
• Objektif
• Adil
• Terpadu
• Terbuka
• Menyeluruh dan berkesinambungan
• Sistematis
• Beracuan Kriteria
• Akuntabel
• ULANGAN DAN UJIAN

• Ulangan adalah proses yang dilakukan untuk
mengukur pencapaian kompetensi peserta didik
secara berkelanjutan dalam proses pembelajaran,
untuk memantau kemajuan, melakukan perbaikan
pembelajaran, dan menentukan keberhasilan belajar
peserta didik;
• Ulangan terdiri atas Ulangan Harian, Ulangan
Tengah Semester, Ulangan Akhir Semester, dan
Ulangan Kenaikan Kelas;
• Ujian meliputi Ujian Nasional dan Ujian Sekolah/
Madrasah .
ULANGAN
• Ulangan harian adalah kegiatan yang dilakukan secara periodik
untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik setelah
menyelesaikan satu Kompetensi Dasar (KD) atau lebih;
• Ulangan tengah semester adalah kegiatan yang dilakukan oleh
pendidik untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik
setelah melaksanakan 8 –9 minggu keg iatan pembelajaran. Cakupan ulangan meliputi seluruh indikator yang merepresentasi-
kan seluruh KD pada periode tersebut;
• Ulangan akhir semester adalah kegiatan yang dilakukan oleh
pendidik untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik di
akhir semester. Cakupan ulangan meliputi seluruh indikator yang
merepresentasikan semua KD pada semester tersebut;
• Ulangan kenaikan kelas adalah kegiatan yang dilakukan oleh
pendidik di akhir semester genap untuk mengukur pencapaian
kompetensi peserta didik di akhir semester genap pada satuan
pendidikan yang menggunakan sistem paket. Cakupan ulangan
meliputi seluruh indikator yang merepresentasikan KD pada
semester tersebut.
UJIAN NASIONAL (UN)
• Proses pengukuran pencapaian kompetensi
peserta didik, untuk menilai pencapaian
SNP yang diselenggarakan oleh
Pemerintah;
• Merupakan salah satu persyaratan
kelulusan dari satuan pendidikan;
• Mata pelajaran yang diujikan adalah mata
pelajaran tertentu dalam kelompok mata
pelajaran Iptek.
UJIAN SEKOLAH/MADRASAH
• Proses pengukuran pencapaian kompetensi
peserta didik oleh satuan pendidikan, sebagai
pengakuan atas prestasi belajar;
• Merupakan salah satu persyaratan kelulusan
dari satuan pendidikan;
• Mata Pelajaran yang diujikan mencakup:
Kelompok mata pelajaran Iptek yang tidak
diujikan dalam UN, dan aspek kognitif dan
atau psikomotor kelompok mata pelajaran
Agama dan Akhlak mulia serta kelompok mata
pelajaran Kewarganegaraan dan Kepribadian.
Penilaian hasil belajar pada jenjang
pendidikan dasar dan menengah
dilakukan oleh:
• Pendidik
• Satuan Pendidikan
• Pemerintah
PENILAIAN OLEH PENDIDIK
Penilaian hasil belajar oleh pendidik dilakukan secara
berkesinambungan, bertujuan untuk memantau proses dan
kemajuan belajar peserta didik serta untuk meningkatkan
efektivitas kegiatan pembelajaran.
Kegiatan penilaian meliputi:
1. Penginformasian silabus mata pelajaran yang di dalamnya memuat rancangan dan kriteria penilaian pada awal semester;
2. Pengembangan indikator pencapaian KD dan pemilihan teknik penilaian yang sesuai pada saat menyusun silabus mata pelajaran;
3. Pengembangan instrumen dan pedoman penilaian sesuai dengan bentuk dan teknik penilaian yang dipilih;
4. Pelaksanaan tes, pengamatan, penugasan, dan/atau bentuk lain yang diperlukan;
5. Pengolahan hasil penilaian untuk mengetahui kemajuan hasil belajar dan kesulitan belajar peserta didik;
6. Pengembalian hasil pemeriksaan pekerjaan peserta didik disertai balikan/komentar yang mendidik;
7. Pemanfaatan hasil penilaian untuk perbaikan pembelajaran;
8. Pelaporan hasil penilaian mata pelajaran pada setiap akhir semester kepada pimpinan satuan pendidikan dalam bentuk satu nilai prestasi belajar peserta didik disertai deskripsi singkat sebagai cerminan kompetensi utuh;
9. Pelaporan hasil penilaian akhlak kepada guru Pendidikan Agama dan hasil penilaian kepribadian kepada guru Pendidikan Kewarganegaraan digunakan sebagai informasi untuk menentukan nilai akhir semester akhlak dan kepribadian peserta didik dengan kategori sangat baik, baik, atau kurang baik.
PENILAIAN OLEH SATUAN PENDIDIKAN
Penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan dilakukan untuk menilai
pencapaian kompetensi peserta didik pada semua mata pelajaran.
Kegiatan penilaian meliputi:
1. Penentuan KKM setiap mata pelajaran dengan harus memperhatikan karakteristik peserta didik, karakteristik mata pelajaran, dan kondisi satuan pendidikan melalui rapat dewan pendidik;
2. Pengkoordinasian ulangan yang terdiri atas ulangan tengah semester, ulangan akhir semester, dan ulangan kenaikan kelas;
3. Penentuan kriteria kenaikan kelas bagi satuan pendidikan yang menggunakan sistem paket melalui rapat dewan pendidik, atau penentuan kriteria program pembelajaran bagi satuan pendidikan yang menggunakan sistem kredit semester melalui rapat dewan pendidik;
4. Penentuan nilai akhir kelompok mata pelajaran estetika dan kelompok mata pelajaran jasmani, olah raga dan kesehatan melalui rapat dewan pendidik dengan mempertimbangkan hasil penilaian oleh pendidik;
5. Penentuan nilai akhir kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia dan kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian dilakukan melalui rapat dewan pendidik dengan mempertimbangkan hasil penilaian oleh pendidik dan nilai hasil ujian sekolah/madrasah;
6. Penyelenggaraan Ujian Sekolah/Madrasah dan penentuan kelulusan peserta didik dari Ujian Sekolah/Madrasah sesuai dengan POS Ujian Sekolah/Madrasah bagi satuan pendidikan penyelenggara ujian sesuai dengan POS Ujian Sekolah/Madrasah ;
7. Penentuan kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan
melalui rapat dewan pendidik sesuai dengan kriteria:
a. menyelesaikan seluruh program pembelajaran,
b. memperoleh nilai minimal baik pada penilaian akhir
untuk seluruh mata pelajaran kelompok mata pelajaran
agama dan akhlak mulia; kelompok mata pelajaran
kewarganegaraan dan kepribadian; kelompok mata
pelajaran estetika; dan kelompok mata pelajaran
jasmani, olahraga, dan kesehatan,
c. lulus Ujian Sekolah/Madrasah, dan
d. lulus Ujian Nasional.
PENILAIAN OLEH PEMERINTAH
1. Pen ilaian Hasil Belajar oleh Pemerintah dilakukan dalam bentuk Ujian Nasional (UN);
2. UN didukung oleh sistem yang menjamin mutu dan kerahasiaan soal serta pelaksanaan yang aman, jujur, dan adil;
3. Dalam rangka penggunaan hasil UN untuk pemetaan mutu program/atau satuan pendidikan, Pemerintah menganalisis dan membuat peta daya serap hasil UN.
PEMANFAATAN HASIL UN
Hasil UN dimanfaatkan sebagai salah satu:
• pertimbangan dalam pembinaan dan
pemberian bantuan kepada satuan pendidikan
dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan,
• pertimbangan dalam menentukan kelulusan
peserta didik pada seleksi masuk jenjang
pendidikan berikutnya,
• penentu kelulusan peserta didik dari satuan
pendidikan yang kriteria kelulusannya
ditetapkan setiap tahun oleh Mendiknas
berdasarkan rekomendasi BSNP.
PROSEDUR PENILAIAN
• Perancangan strategi penilaian oleh pendidik dilakukan pada saat
penyusunan silabus yang penjabarannya merupakan bagian dari
rencana peiaksanaan pembelajaran (RPP);
• Ulangan tengah semester, ulangan akhir semester, dan ulangan
kenaikan kelas dilakukan oleh pendidik di bawah koordinasi satuan
pendidikan;
• Penilaian akhir hasil belajar oleh satuan pendidikan untuk mata
pelajaran kelompok mata pelajaran estetika dan kelompok mata
pelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan ditentukan
melalui rapat dewan pendidik berdasarkan hasil penilaian oleh
pendidik;
• Penilaian akhir hasil belajar peserta didik kelompok mata pelajaran
agama dan akhlak mulia dan kelompok mata pelajaran kewarga-
negaraan dan kepribadian dilakukan oleh satuan pendidikan melalui
rapat dewan pendidik berdasarkan hasil penilaian oieh pendidik
dengan mempertimbangkan hasil ujian sekolah/madrasah;
• Kegiatan ujian sekolah/madrasah dilakukan dengan
langkah-langkah:
a. menyusun kisi-kisi ujian,
b. mengembangkan instrumen,
c. melaksanakan ujian,
d. mengolah dan menentukan kelulusan peserta didik dari ujian sekolah/madrasah, dan
e. melaporkan serta memanfaatkan hasil penilaian;
• Penilaian akhlak mulia yang merupakan aspek afektif
dari kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia,
sebagai perwujudan sikap dan perilaku beriman dan
bertakwa kepada Tuhan YME dilakukan oleh guru
agama dengan memanfaatkan informasi dari pendidik
mata pelajaran lain dan sumber lain yang relevan;
• Penilaian kepribadian adalah bagian dari penilaian
kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan
kepribadian oleh guru pendidikan kewarganegaraan
dengan memanfaatkan informasi dari pendidik mata
pelajaran lain dan sumber lain yang relevan;
• Penilaian mata pelajaran muatan lokal mengikuti
penilaian kelompok mata pelajaran yang relevan;
• Keikutsertaan peserta didik dalam kegiatan
pengembangan diri dibuktikan dengan surat keterangan
yang ditanda-tangani oleh pembina kegiatan dan kepala
sekolah/madrasah .
TEKNIK DAN
INSTRUMEN PENILAIAN
• Penilaian hasil belajar oleh pendidik menggunakan
berbagai teknik penilaian berupa tes, observasi,
penugasan perseorangan atau kelompok, dan bentuk
lain yang sesuai dengan karakteristik kompetensi dan
tingkat perkembangan peserta didik;
• Teknik tes berupa tes tertulis, tes lisan, dan tes praktik
atau tes kinerja;
• Teknik observasi atau pengamatan dilakukan selama
pembelajaran berlangsung dan atau di luar keg iatan
pembelajaran;
• Teknik penugasan baik perseorangan maupun kelompok
dapat berbentuk tugas rumah dan atau proyek;
• Instrumen penilaian harus memenuhi persyaratan:
substansi, konstruksi, dan bahasa.
LAPORAN HASIL PENILAIAN
• Hasil ulangan harian diinformasikan kepada peserta didik
sebelum diadakan ulangan harian berikutnya. Peserta
didik yang belum mencapai KKM harus mengikuti
pembelajaran remedi;
• Hasil penilaian oleh pendidik dan satuan pendidikan
disampaikan dalam bentuk satu nilai pencapaian
kompetensi mata pelajaran disertai dengan deskripsi
kemajuan belajar;
• Hasil UN disampaikan kepada satuan pendidikan untuk
dijadikan salah satu syarat kelulusan peserta didik dari
satuan pendidikan dan salah satu pertimbangan dalam
seleksi masuk ke jenjang pendidikan berikutnya;
• Hasil analisis data UN disampaikan kepada pihak-pihak
yang berkepentingan untuk pemetaan mutu program dan
atau satuan pendidikan serta pembinaan dan pemberian
bantuan kepada satuan pendidikan dalam upaya
peningkatan mutu pendidikan.
Terima kasih

Rabu, 24 Februari 2010

ASESMEN BERBENTUK ESSAY POTENSI YANG BELUM BANYAK TERGALI

ASESMEN BERBENTUK ESSAY
POTENSI YANG BELUM BANYAK TERGALI

A. PENDAHULUAN
Banyak potensi dari asesmen bentuk essay yang belum tergali, pada bab VII ini kita akan menggali potensi asesmen berbentuk essay. Penilaian essay menyajikan metodologi yang kompromistis terhadap beberapa situasi. Essay memungkinkan kita untuk mengambil beberapa keluaran yang komplek dan sangat berharga pada bagian penilaian kinerja.
Metode asesmen bentuk essay memiliki tiga keunggulan:
• Metoda ini memungkinkan kita memberikan kepada murid, target pencapaian yang canggih dan komplek
• Format essay memungkinkan kita untuk mengukur pencapaian siswa dengan biaya yang relatif rendah dalam waktu dan energi.
• Penilaian essay dapat diintegrasikan kedalam proses belajar mengajar dalam sejumlah cara yang produktif.
Metode asesmen ini juga mengandung beberapa resiko, apabila kita tidak hati-hati mungkin akan melakukan beberapa atau bahkan keseluruhan hal - hal yang tidak tepat seperti berikut ini:
1. Kurang jelas apa hasil belajar yang harus dipelajari, karenanya juga tidak jelas apa yang harus dinilai.
2. Tidak berhasil untuk menyesuaikan antara format esay dan jenis pencapaian yang diharapkan.
3. Tidak berhasil untuk mengambil sample yang representative untuk ranah yang diinginkan
4. Tidak berhasil mengontrol sumber - sumber yang menyebabkan biasnya asesmen yang mengandung unsur subyektifitas ini.



B. ASESMEN BERBENTUK ESSAY DALAM LINGKUNGAN BELAJAR YANG PRODUKTIF
Kriteria yang digunakan untuk memberikan skor jawaban mahasiswa terhadap soal essay ini. Pemberian poin untuk tiap jawaban adalah sebagai berikut: dua poin apabila jawaban menyebutkan salah satu dari enam prosedur ini dan memberikan alasannya mengapa menggunakan asesmen untuk penampilan siswa.
1. Memberikan kriteria yang jelas tentang spesifikasi penampilan
2. Mensampel penampilan dengan beberapa soal
3. Menggunakan cara rating yang sistematis
4. Membuat catatan tentang siswa secara tepat dan akurat
5. Menggunakan asesmen penampilan yang telah diterbitkan untuk mcmverifikasi hasil asesmen yang dilaksanakan
6. Menggunakan beberapa pengamat sebagai penguat
Jawaban juga akan diberi dua poin apabila jawaban mencantumkan satu diantara kemungkinan berikut serta memberikan alasannya:
• Memberikan spesifikasi yang jelas terhadap tujuan belajar
• Mendasarkan pada metode asesmen yang tepat
• Mensampel kemampuan dengan baik
• Mengontrol sumber-sumber penyebab biasanya penilaian jawaban - jawaban yang lain tidak mendapatkan nilai

PROSEDUR YANG DITEMPUH
Ujian essay yang dilaksanakan teman saya ini adalah ujian yang dikerjakan di rumah. Karena itu para mahasiswa mempunyai waktu yang cukup untuk melakukan refleksi dan belajar. Para mahasiswa ternyata memang melaporkan bahwa mereka menghabiskan banyak waktu untuk menyiapkan jawaban terhadap pertanyaan -pertanyaan yang diberikan. Karena soal - soal ujian tersebut diberikan satu demi satu sesuai dengan topik yang sedang dibahas, para mahasiswa dapat memperoleh gambaran yang sangat jelas mengenai target apa yang paling diharapkan. Karenanya para mahasiswa dapat lebih memfokuskan apa yang harus mereka pelajari pada efek lainnya membuat mereka tidak gugup. Cara ini juga membuat para mahasiswa selalu belajar selama mengikuti perkuliahan tersebut.
Karena ujian ini adalah ujian yang dikerjakan di rumah, maka para mahasiswa tentu membuka buku. Apa yang dilaksanakan tadi yaitu memberikan mahasiswa dengan satu set material beserta referensi - referensinya. oelama mengikuti perkuliahan dan mengerjakan soal - soal yang diberikan mahasiswa juga belajar untuk menggunakan yang disebutkan. Dengan demikian sesudah mengikuti perkuliahan tersebut mahasiswa akan memiliki kepustakaan tentang asesmen yang sangat berguna di lapangan nantinya. Penggunaan ujian yang open book juga mendorong mahasiswa untuk mempelajari struktur pengorganisasian material tersebut.

PEMBERIAN SKOR
Di akhir perkuliahan ketika mahasiswa menyerahkan hasil pekerjaanya untuk dinilai (sepulu jawaban diserahkan secara bersamaan), selanjutnya menggunakan petunjuk pemberian skor yang telah disusun. Karena mungkin ada lebih dari lima puluh mahasiswa yang mengikuti mata kuliah tersebut. Satu cara yang paling efisien untuk membaca dan menilai pekerjaan mahasiswa tersebut. Satu cara yang paling efisien adalah dengan benar - benar memahami kriteria pemberian skor. Kemudian untuk memberikan satu soal telah selesai baru berpindah ke soal berikutnya.

UMPAN BALIK
Para mahasiswa menerima umpan balik terhadap pekerjaan mereka dalam bentuk sebagai berikut:
• Memberikan nilai untuk tiap bagian jawaban mereka
• Memberkan rasional singkat mengapa suatu jawaban diberi skor tertentu serta memberikan saran terhadap hal - hal yang mungkin bertabrakan
• Mencantumkan total nilai terhadap suatu ujian
• Memberikan nilai dengan membandingkan skor total dengan skor yang harus dicapai untuk mendapatkan nilai tertentu
Mahasiswa yang mendapatkan nilai yang rendah dari apa yang telah mereka harapkan dapat memperbaiki pekerjaannya untuk kemudian dinilai kembali.
Apabila hasil penilai kembali tersebut dan juga hasil diskusi dengan kenalan tersebut menunjukkan bahwa mahasiswa tersebut menunjukkan peningkatan kemampuan, maka nilai mahasiswa tersebut diganti dengan nilai baru. Cara ini akan membuat mahasiswa mempelajari mata kuliah tersebut lebih dari waktu perkuliahan yang ditetapkan karena mereka tetap harus mempelajari mata kuliah tersebut apabila mereka melakukan perbaikan nilai.

WAKTU UNTUK REFLEKSI
Apabila anda mengikuti suatu kuliah dari seorang profesor yang menggunakan metode asesmen sebagaimana yang telah diceritakan, efek apakah yang mungkin timbul.

PENGARUH YANG MUNCUL
Dengan menskor semua jawaban untuk tiap soal yang diberikan membantu memanfaatkan asesmen menjadi kegiatan belajar yang sangat berguna. Setelah membaca lima puluh jawaban mahasiswa berusaha memecahkan permasalan asesmen di kelas maka kita akan mengetahui soal mana yang efektif dan soal mana yang kurang efektif. Ternyata apabila mahasiswa siap memecahkan permasalahan yang ada, tampak bahwa semua mahasiswa mampu memberikan jawaban yang dapat diterima.
Namun sebaliknya gagal dalam mengarahkan para mahasiswa, hasilnya juga terlihat dengan jelas dari jawaban -jawaban yang diberikan para mahasiswa. Karena itu kita akan mengetahui dengan pasti kegiatan belajar mana yang kurang berhasil baik. Pengaruh cara asesmen ini terhadap mahasiswa juga sangat jelas. Sebagian besar mahasiswa mencapai hasil yang memuaskan dalam ujian.

PERAN PENTING KONTEKS
Asesmen berbentuk essay dapat memberikan kontribusi terhadap efektifitas belajar dimana guru dan siswa menjadi partner untuk mencapai hasil maksimum.

Senin, 22 Februari 2010

Entrepreneur Organik, Kemandirian Yang Diperjuangkan

Menjalankan HE (Home-Education) bersama anak-anak bukanlah sebuah keputusan sesaat bagi kami. Ada banyak sekali pemikiran, perenungan panjang, dan pertimbangan beresiko yang harus dilalui. Sampai akhirnya yakin bahwa tidak bersekolah formal (setidaknya sampai pendidikan dasar) adalah pilihan terbaik buat anak-anak kami, faktor pendorongnya adalah karena kami ingin menancapkan benih-benih kemandirian lebih awal pada mereka. Biarlah anak-anak belajar hal lain secara autodidak, tapi tidak dalam mengenal agama dan kemandirian. Mereka harus mendapatkan perlakuan, pendidikan, dan nilai-nilai kemandirian secara sengaja.

Mengapa saya menceritakan hal ini untuk mengawali resensi tentang buku Entrepreneur Organik? Karena prinsip-prinsip yang dijalankan oleh KH. Fuad Affandi, sebagai tokoh sentral buku ini, merupakan manifestasi kongkret dari apa yang kami pikirkan tentang kemandirian. Meski berlatarkan daerah pertanian dan dunia pertanian, isi buku ini juga mencakup banyak hal tentang pola pikir dan pola tindak seorang pembelajar mandiri.

Bercerminkan pengalaman hidupnya yang penuh warna perjuangan, Pak Fuad menilai, anak-anak yang terlalu dimanja akan berakibat fatal di kemudian hari. "Sobek baju, 'Mamah!'. sobek celana 'papah!', pusing kepala, 'nenek!', nggak punya uang jajan, 'Embah!'. Hal itu terus menjadi sebuah budaya sistemik hingga ke tingkat pemerintahan dan negara.

Bangsa kita kurang mau 'berlumpur-lumpur' dan bekerja keras untuk bangkit dari keterpurukan. Sebuah kritiknya membuat saya ketawa sendiri, "RT menyandar ke RW memakai proposal, RW menyandar ke lurah, lurah nyandar ke camat, camat nyandar ke bupati, bupati ke gubernur, gubernur ke presiden, akhirnya presiden nyandar ke IMF. Mau dewasa kapan orang ini?"

Beliau termasuk orang yang percaya bahwa pendidikan formal bukanlah satu-satunya tempat untuk mencari ilmu. Tak perlu putus harapan hanya karena tidak bersekolah formal, karena menurutnya, ilmu itu ada di mana-mana bahkan di dalam selokan, jika kita memang mau belajar.

Keberanian Pak Kiai memangkas budaya feodal yang membuat kasta-kasta tersamar di sebuah institusi pesantren juga membuat saya kagum. Beliau itu tipe orang yang sangat merakyat. Bahkan anak dan cucunya dilarang keras menyuruh-nyuruh para santrinya dan bersikap merasa lebih tinggi hanya karena menjadi anak Pak Kiai. Beliau juga seorang pembaca buku lintas mazhab, agama, dan budaya. Wajar saja, kalau kemudian sikap beliau menjadi sangat toleran dan tidak memilih-milah orang berdasarkan perbedaan tersebut dalam bergaul, bekerja sama, dan mencari serta berbagi ilmu.

Perjuangan KH. Fuad untuk meningkatkan taraf hidup petani yang selama ini identik dengan kelas masyarakat miskin dan bodoh membuat saya terhubung dengan mimpi kecil saya. Beliau adalah salah seorang praktisi pertanian yang sangat yakin, bahwa bidang pertanian adalah bidang yang tak boleh mati, karena dari situlah kelangsungan hidup manusia SALAH SATUNYA dijamin.

Pak Fuad berkelakar, "Dari tukang becak sampai presiden semua adalah konsumen produksi pertanian. Tak pernah ada cerita, akibat krisis moneter, orang-orang eksekutif lalu beralih makan besi baja. Tak mungkin karyawan pabrik mobil yang cekak gajinya lalu makan onderdil. Sekalipun krisis tetap saja mereka akan mengkoinsumsi hasil pertanian."

Mungkin karena itu pula-lah Pak Fuad bermimpi bisa mendirikan sekolah pertanian, sehingga tidak terputus regenerasi petani yang mencintai pekerjaan dan peranannya. Dan beliau berharap, sekolah pertanian yang didirikan itu nantinya, adalah sebuah sekolah yang menghubungkan teori dan praktik sekaligus dan bukan hanya melulu teori tapi jauh dari praktik.

Sungguh banyak sekali tinjauan yang bisa diserap dari buku Entrepreneur Organik. Kesemuanya itu, menggambarkan keluasan wawasan Pak Kiai dalam memandang persoalan kemasyarakatan dan juga keagamaan, serta pendidikan.

Tak akan rugi membaca buku ini walau harganya agak mahal karena ketebalannya dan juga kualitas isinya juga sesuai :) Saya tidak bekerja sama dengan penerbit Nuansa Cendikia untuk menulis sekilas testimoni tentang buku ini. Saya hanya ingin berbagi dengan teman-teman yang senang dengan tema kemandirian. Happy Reading!

Judul: Entrepreneur Organik
Penulis: Faiz Manshur
Penerbit: Nuansa Cendikia
Hlm: 392 hlmn

Ketika Steve and Bill Bicara (Steve-Gates)

"Innovation distinguishes between a leader and a follower."





Seni Berpresentasi

  • Simplicity
  • Subtlety
  • Elegance
  • Suggestive rather than the descriptive or obvious
  • Naturalness (i.e., nothing artificial or forced),
  • Empty space (or negative space)
  • Stillness, Tranquility
  • Eliminating the non-essential


  • Zen_master

    Above.Steve Jobs, allows the screen to fade completely empty at appropriate, short moments while he tells his story. In a great jazz performance much of the real power of the music comes from the spaces in between the notes. The silence gives more substance and meaning to the notes. A blank screen from time to time also makes images stronger when they do appear.

    Steve Jobs mengatakan bahwa kalau kita membuat produk dengan passion, maka pengguna produk tersebut dapat merasakan adanya spirit tersebut.

    "Kita Harus Belajar Banyak dari CEO Terbaik Dunia ini, Steve Jobs Mempunyai Rasa Seni yang tinggi dalam Setiap Produknya"
    ~Arip Nurahman~

    Minggu, 21 Februari 2010

    Kota Banjar Tahun 2005-2010

    Tahap II, Rencana Pembangunan 5 Tahun Kota Banjar

    Visi Kota Banjar


    Fokus

    Pembangunan Desa Mandiri

    Menjadikan Seluruh Desa di Kota Banjar Menjadi Desa yang MANDIRI

    Pasal 2

    Penataan Kawasan Perdesaan bertujuan untuk menata ruang di sebuah perdesaan guna tercapainya kaseimbangan dan keharmonisan antara fungsi kawasan sebagai tempat permukiman, pelayanan jasa publik dan sosial, serta fungsi kawasan sebagai pusat kegiatan ekonomi dan pasar.

    Pasal 3

    Dalam perencanan, pelaksanaan pembangunan serta pemanfaatan dan pendayagunaan kawasan perdesaan agar mengikutsertakan masyarakat sebagai upaya pemberdayaan masyarakat.



    Visi menuju Otonomi Desa menghendaki adanya usaha pengembangan masyarakat swadaya dan mandiri. Pemerintahan yang lebih tinggi diatas desa tidak lagi perlu repot untuk mengurusi persoalan skala desa karena Desa telah mampu menanganinya.

    Kemampuan untuk mengurusi urusan mereka sendiri adalah keswadayaan Desa dan kemandirian Desa dibuktikan dengan tidak lagi bergantung kepada pemerintahan yang lebih tinggi diatasnya. Konsepsi Otonomi Desa tentu saja harus memperhatikan latar belakang perkembangan Desa itu sendiri. UU no 5 / 1979 – UU no 22 / 1999 – UU no 32 / 2004 akan dijadikan bahan dasar terhadap perkembangan Desa. Dapat dicermati pertama dari UU no 5 / 1979 tentang Pemerintahan Desa, yaitu desa masa lalu dalam kurun waktu 20 tahun sampai ditetapkannya UU no 22 / 1999.


    Untuk Implementasi Desa mandiri dalam semangat local self goverment diperlukan konsekuensi penyerahan Kewenangan Desa ( desentralisasi ) ;

    (1)Desentralisasi kewenangan ( penyerahan pengaturan urusan ke desa berdasarkan kapasitas sumber daya dan potensi desa )

    (2) Desentralisasi Keuangan ( Perimbangan keuangan Kabupaten dan Desa )

    (3) Desentralisasi Pembagunan ( swakelola pembagunan skala desa )

    (4) Demokratisasi kelembagaan desa ( peningkatan kapasitas insitusi lokal; partisipasi dan pemberdayaan masyarakat ), sehingga konsep desa mandiri tidak hanya dinilai pada percepatan pertumbuhan ekonomi semata.

    Desentralisasi desa menuju desa mandiri dalam bingkai Otonomi Desa akan memungkinkan adanya:

    (1) Transfer tanggungjawab, perencanaan, managemen, dan peningkatan alokasi sumber daya dari pemerintah kabupaten kepada pemerintah desa yaitu dalam bentuk penyerahan pengaturan urusan / devolusi “ karena sifat desa yang otonom

    (2) Penyediaan kemanfaatan ditingkat desa dapat lebih beragam, dapat memenuhi atau sesuai keinginan dan kebutuhan warga desa secara lebih baik

    (3) Pengambilan keputusan lebih dekat pada kelompok masyarakat yang dimaksudkan untuk penyediaan pelayanan, sehingga lebih tanggap pada perhatian atau keinginan masyarakat

    (4) Mengurangi tingkatan birokrasi pelayanan

    (5) Mengeleminasi ekses – ekses ketidakadilan bagi desa

    (6 )Mempertinggi kompetisi antar desa dan inovasi dalam partisipasi pembagunan.


    Semoga! Pasti Bisa!

    Jumat, 19 Februari 2010

    Ketika Steve and Bill Bicara (Steve-Gates)

    "Design is not just what it looks like and feels like. Design is how it works."



    "Yang Membuat Steve Jobs Unik adalah, beliau selalu menyukai sisi-sisi Keindahan seuatu"

    ~Arip Nurahman~

    Perbedaan Steve Jobs dari inovator lainnya adalah di sisi taste of arts. Dalam sebuah wawancara di dokumenter PBS yang berjudul "Triumph ofthe Nerds" dia berkata bahwa dia tidak masalah dengan kesuksesan dari Microsoft. "The problem is, they don't have taste," katanya. Itu dia bedanya. Maka bisa kita lihat perbedaan produk Microsoft dengan Apple.

    Dalam wawancara dengan Andy Hertzfeld (salah seorang pengembang awal dari Macintosh) di NerdTV, Andy menceritakan bahwa Steve Jobs merasa kurang enak dengan kata-katanya tersebut. Kemudian Steve menelepon Bill Gates. "Maaf, saya mengatakan itu di TV. Seharusnya saya tidak mengatakan hal itu di TV." Kemudian dia lanjutkan, "but, it's true you have no taste!" Ha ha ha. Kemudian Steve Jobs dan Bill Gates berdebat mengenai hal tersebut. Bill Gates berkata bahwa meskipun dia tidak punya taste, bukan berarti Microsoft tidak punya taste. (Jadi Bill Gates mengaku tidak punya taste?) (Budi R.)

    Rabu, 17 Februari 2010

    Banjar SNMPTN Center

    Banjar SNMPTN Center

    Road To SNMPTN

    "Bermimpi dan Berharaplah, karena ini adalah Fitrah Manusia, Berjuang dan Bekerja keraslah secara Terus-menerus karena ini adalah jalan, berTawakalah karena Kita punya Tuhan."
    ~H2O~


    Visi

    "Mampu menembus PTN di Indonesia"

    Misi

    1. Keberlanjutan Bimbingan dan Latihan Pengerjaan Soal-soal SNMPTN

    2. Mengadakan Try Out dan Simulasi SNMPTN yang Berkelanjutan

    3. Meluluskan Sekitar 100 Orang Siswa ke PTN lewat SNMPTN 2010

    4. Kajian dan Analisis Soal-soal SNMPTN

    5. Pemberian Motivasi dan Dorongan yang berkelanjutan


    Program


    Jangka Pendek

    Kegiatan Rutin Pertahun (1-3 Tahunan)


    1. Karantina 5 Bulan (Januari-Mei) Sebelum SNMPTN

    (Kegiatan Pelatihan Intensif Selama 5 Bulan untuk SNMPTN)

    Kegiatan Per-Minggu

    5 Hari Belajar

    Pertemuan Perhari 4 Jam Pelajaran

    2 Hari Bermain dan Refresing

    Outbond



    2. Pengembangan Kurikulum

    (Terfokus pada penyelesaian soal-soal dan ketahanan belajar)

    3. Perbaikan Program yang terus menerus



    Jangka Menengah (Kegiatan per 4-5 Tahun)

    1. Seminar Akbar dan Temu Alumni

    2. Pertunjukan Produk pada Pameran Pendidikan Kota Banjar

    3. Silaturahmi yang berkelanjutan


    Jangka Panjang (Kegiatan per 10-15 Tahun)

    1.

    2.

    3.



    Paket Beasiswa SNPMTN Kota Banjar

    Merupakan paket pendidikan, pelatihan dan pengajaran kepada siswa-siswa Kota Banjar yang ingin melanjutkan studinya ke jenjang perguruan tinggi negeri di seluruh Indonesia.

    Dengan durasi pendidikan intensif selama 5 Bulan sebelum SNMPTN dilaksanakan. Khusus kepada siswa-siswi tingkat akhir Sekolah Menengah Atas dan sederajat.

    Pengenalan Perguruan Tinggi dan Apa itu SNMPTN plus bimbingan MOTIVASI kepada SISWA-SISWI Tingkat 1 dan 2 Sekolah Menengah Atas dan Sederajat dilaksanakan 5 Kali Berturut-turut (2 Kali Kepada siswa Tingkat 1 Semester Akhir dan 3 Kali Kepada siswa Tingkat 2 Semester Akhir)

    Apa saja yang didapat?

    1. Penempatan di kota tujuan SNMPTN (dititipkan kepada kakak-kakak tingkat yang berada di perguruan tinggi bersangkutan dalam Organisasi Perhimpunan Pelajar dan Mahasiswa Kota Banjar

    2. Dibimbing untuk mengikuti SNMPTN sampai selesai

    3. Tips dan Trik masuk Perguruan Tinggi non-SNMPTN

    4. Peluang Beasiswa Lain
    Tes Bidang Studi Dasar

    1. Matematika:

    When your students are ready for it you can teach them advance concepts in algebra, geometry and logic. This will better prepare them for when they get to high school and college.

    Basic Math (Download) Package 183

    Basic Math (Download) Package 185
    Basic Math (Download) Package 283

    Basic Math (Download) Package 285

    Basic Math (Download) Package 383

    Basic Math (Download) Package 385

    A strong Math foundation will surely ensure that your students will retain the concepts you have taught them and the interest that will get them through the harder concepts they may encounter in the future. Thanks to you for making Math fun and easy for them to learn.

    2. Bahasa Indonesia

    Download Indonesia Language Test Snmptn 2009

    Indonesia Language Written Test – Code Snmptn 183

    Indonesia Language Written Tes – Code Snmptn 185

    Indonesia Language Written Tes – Code Snmptn 283

    Indonesia Language Written Tes – Code Snmptn 285

    Indonesia Language Written Tes – Code Snmptn 383

    Indonesia Language Written Tes – Code Snmptn 385


    3. Bahasa Inggris


    english-tenses


    Download English Written Test – Code Snmptn 2009

    English Written Test – Code Snmptn 183

    English Written Test – Code Snmptn 185

    English Written Test – Code Snmptn 283

    English Written Test – Code Snmptn 285

    English Written Test – Code Snmptn 383

    English Written Test – Code Snmptn 385


    Download

    [pdf] Buku Panduan Peserta SNMPTN 2010 PDF [1400 Kb]
    [pdf] Panduan Informasi SNPTN 2010 PDF [214 Kb]

    * File diatas bebas untuk di download dan di sebar-luaskan.

    Minggu, 2 Mei
    Sepanjang hari
    Pembayaran Biaya Ujian Lulusan 2010
    Sepanjang hari
    Pendaftaran online bagi Lulusan 2010
    Sepanjang hari
    Pembayaran Biaya Ujian Lulusan 2008 & 2009
    Sepanjang hari
    Pendaftaran online bagi lulusan tahun 2008 dan 2009
    Senin, 3 Mei
    Sepanjang hari
    Pembayaran Biaya Ujian Lulusan 2010
    Sepanjang hari
    Pendaftaran online bagi Lulusan 2010
    Sepanjang hari
    Pembayaran Biaya Ujian Lulusan 2008 & 2009
    Sepanjang hari
    Pendaftaran online bagi lulusan tahun 2008 dan 2009
    Selasa, 4 Mei
    Sepanjang hari
    Pembayaran Biaya Ujian Lulusan 2010
    Sepanjang hari
    Pendaftaran online bagi Lulusan 2010
    Sepanjang hari
    Pembayaran Biaya Ujian Lulusan 2008 & 2009
    Sepanjang hari
    Pendaftaran online bagi lulusan tahun 2008 dan 2009
    Rabu, 5 Mei
    Sepanjang hari
    Pembayaran Biaya Ujian Lulusan 2010
    Sepanjang hari
    Pendaftaran online bagi Lulusan 2010
    Sepanjang hari
    Pembayaran Biaya Ujian Lulusan 2008 & 2009
    Sepanjang hari
    Pendaftaran online bagi lulusan tahun 2008 dan 2009
    Kamis, 6 Mei
    Sepanjang hari
    Pembayaran Biaya Ujian Lulusan 2010
    Sepanjang hari
    Pendaftaran online bagi Lulusan 2010
    Sepanjang hari
    Pembayaran Biaya Ujian Lulusan 2008 & 2009
    Sepanjang hari
    Pendaftaran online bagi lulusan tahun 2008 dan 2009
    Jumat, 7 Mei
    Sepanjang hari
    Pembayaran Biaya Ujian Lulusan 2010
    Sepanjang hari
    Pendaftaran online bagi Lulusan 2010
    Sepanjang hari
    Pembayaran Biaya Ujian Lulusan 2008 & 2009
    Sepanjang hari
    Pendaftaran online bagi lulusan tahun 2008 dan 2009
    Sabtu, 8 Mei
    Sepanjang hari
    Pembayaran Biaya Ujian Lulusan 2010
    Sepanjang hari
    Pendaftaran online bagi Lulusan 2010
    Sepanjang hari
    Pembayaran Biaya Ujian Lulusan 2008 & 2009
    Sepanjang hari
    Pendaftaran online bagi lulusan tahun 2008 dan 2009
    Minggu, 9 Mei
    Sepanjang hari
    Pembayaran Biaya Ujian Lulusan 2010
    Sepanjang hari
    Pendaftaran online bagi Lulusan 2010
    Sepanjang hari
    Pembayaran Biaya Ujian Lulusan 2008 & 2009
    Sepanjang hari
    Pendaftaran online bagi lulusan tahun 2008 dan 2009
    Senin, 10 Mei
    Sepanjang hari
    Pembayaran Biaya Ujian Lulusan 2010
    Sepanjang hari
    Pendaftaran online bagi Lulusan 2010
    Sepanjang hari
    Pembayaran Biaya Ujian Lulusan 2008 & 2009
    Sepanjang hari
    Pendaftaran online bagi lulusan tahun 2008 dan 2009
    Selasa, 11 Mei
    Sepanjang hari
    Pembayaran Biaya Ujian Lulusan 2010
    Sepanjang hari
    Pendaftaran online bagi Lulusan 2010
    Sepanjang hari
    Pembayaran Biaya Ujian Lulusan 2008 & 2009
    Sepanjang hari
    Pendaftaran online bagi lulusan tahun 2008 dan 2009
    Rabu, 12 Mei
    Sepanjang hari
    Pembayaran Biaya Ujian Lulusan 2010
    Sepanjang hari
    Pendaftaran online bagi Lulusan 2010
    Sepanjang hari
    Pembayaran Biaya Ujian Lulusan 2008 & 2009
    Sepanjang hari
    Pendaftaran online bagi lulusan tahun 2008 dan 2009
    Kamis, 13 Mei
    Sepanjang hari
    Pembayaran Biaya Ujian Lulusan 2010
    Sepanjang hari
    Pendaftaran online bagi Lulusan 2010
    Jumat, 14 Mei
    Sepanjang hari
    Pembayaran Biaya Ujian Lulusan 2010
    Sepanjang hari
    Pembayaran Biaya Ujian Lulusan 2010
    Sepanjang hari
    Pendaftaran online bagi Lulusan 2010
    Sepanjang hari
    Pendaftaran online bagi Lulusan 2010
    Sabtu, 15 Mei
    Sepanjang hari
    Pembayaran Biaya Ujian Lulusan 2010
    Sepanjang hari
    Pembayaran Biaya Ujian Lulusan 2010
    Sepanjang hari
    Pendaftaran online bagi Lulusan 2010
    Sepanjang hari
    Pendaftaran online bagi Lulusan 2010
    Minggu, 16 Mei
    Sepanjang hari
    Pembayaran Biaya Ujian Lulusan 2010
    Sepanjang hari
    Pembayaran Biaya Ujian Lulusan 2010
    Sepanjang hari
    Pendaftaran online bagi Lulusan 2010
    Sepanjang hari
    Pendaftaran online bagi Lulusan 2010
    Senin, 17 Mei
    Sepanjang hari
    Pembayaran Biaya Ujian Lulusan 2010
    Sepanjang hari
    Pembayaran Biaya Ujian Lulusan 2010
    Sepanjang hari
    Pendaftaran online bagi Lulusan 2010
    Sepanjang hari
    Pendaftaran online bagi Lulusan 2010
    Selasa, 18 Mei
    Sepanjang hari
    Pembayaran Biaya Ujian Lulusan 2010
    Sepanjang hari
    Pembayaran Biaya Ujian Lulusan 2010
    Sepanjang hari
    Pendaftaran online bagi Lulusan 2010
    Sepanjang hari
    Pendaftaran online bagi Lulusan 2010
    Rabu, 19 Mei
    Sepanjang hari
    Pembayaran Biaya Ujian Lulusan 2010
    Sepanjang hari
    Pembayaran Biaya Ujian Lulusan 2010
    Sepanjang hari
    Pendaftaran online bagi Lulusan 2010
    Sepanjang hari
    Pendaftaran online bagi Lulusan 2010
    Kamis, 20 Mei
    Sepanjang hari
    Pembayaran Biaya Ujian Lulusan 2010
    Sepanjang hari
    Pembayaran Biaya Ujian Lulusan 2010
    Sepanjang hari
    Pendaftaran online bagi Lulusan 2010
    Sepanjang hari
    Pendaftaran online bagi Lulusan 2010
    Jumat, 21 Mei
    Sepanjang hari
    Pembayaran Biaya Ujian Lulusan 2010
    Sepanjang hari
    Pembayaran Biaya Ujian Lulusan 2010
    Sepanjang hari
    Pendaftaran online bagi Lulusan 2010
    Sepanjang hari
    Pendaftaran online bagi Lulusan 2010
    Sabtu, 22 Mei
    Sepanjang hari
    Pembayaran Biaya Ujian Lulusan 2010
    Sepanjang hari
    Pembayaran Biaya Ujian Lulusan 2010
    Sepanjang hari
    Pendaftaran online bagi Lulusan 2010
    Sepanjang hari
    Pendaftaran online bagi Lulusan 2010
    Minggu, 23 Mei
    Sepanjang hari
    Pembayaran Biaya Ujian Lulusan 2010
    Sepanjang hari
    Pembayaran Biaya Ujian Lulusan 2010
    Sepanjang hari
    Pendaftaran online bagi Lulusan 2010
    Sepanjang hari
    Pendaftaran online bagi Lulusan 2010
    Senin, 24 Mei
    Sepanjang hari
    Pembayaran Biaya Ujian Lulusan 2010
    Sepanjang hari
    Pembayaran Biaya Ujian Lulusan 2010
    Sepanjang hari
    Pendaftaran online bagi Lulusan 2010
    Sepanjang hari
    Pendaftaran online bagi Lulusan 2010
    Selasa, 25 Mei
    Sepanjang hari
    Pembayaran Biaya Ujian Lulusan 2010
    Sepanjang hari
    Pembayaran Biaya Ujian Lulusan 2010
    Sepanjang hari
    Pendaftaran online bagi Lulusan 2010
    Sepanjang hari
    Pendaftaran online bagi Lulusan 2010
    Rabu, 26 Mei
    Sepanjang hari
    Pembayaran Biaya Ujian Lulusan 2010
    Sepanjang hari
    Pembayaran Biaya Ujian Lulusan 2010
    Sepanjang hari
    Pendaftaran online bagi Lulusan 2010
    Sepanjang hari
    Pendaftaran online bagi Lulusan 2010
    Kamis, 27 Mei
    Sepanjang hari
    Pembayaran Biaya Ujian Lulusan 2010
    Sepanjang hari
    Pembayaran Biaya Ujian Lulusan 2010
    Sepanjang hari
    Pendaftaran online bagi Lulusan 2010
    Sepanjang hari
    Pendaftaran online bagi Lulusan 2010
    Jumat, 28 Mei
    Sepanjang hari
    Pembayaran Biaya Ujian Lulusan 2010
    Sepanjang hari
    Pembayaran Biaya Ujian Lulusan 2010
    Sepanjang hari
    Pendaftaran online bagi Lulusan 2010
    Sepanjang hari
    Pendaftaran online bagi Lulusan 2010
    Sabtu, 29 Mei
    Sepanjang hari
    Pembayaran Biaya Ujian Lulusan 2010
    Sepanjang hari
    Pembayaran Biaya Ujian Lulusan 2010
    Sepanjang hari
    Pendaftaran online bagi Lulusan 2010
    Sepanjang hari
    Pendaftaran online bagi Lulusan 2010
    Minggu, 30 Mei
    Sepanjang hari
    Pembayaran Biaya Ujian Lulusan 2010
    Sepanjang hari
    Pembayaran Biaya Ujian Lulusan 2010
    Sepanjang hari
    Pendaftaran online bagi Lulusan 2010
    Sepanjang hari
    Pendaftaran online bagi Lulusan 2010
    Senin, 31 Mei
    Sepanjang hari
    Pembayaran Biaya Ujian Lulusan 2010
    Sepanjang hari
    Pembayaran Biaya Ujian Lulusan 2010
    Sepanjang hari
    Pendaftaran online bagi Lulusan 2010
    Sepanjang hari
    Pendaftaran online bagi Lulusan 2010
    Senin, 7 Juni
    Sepanjang hari
    Pengumuman UN 2010 Ulangan
    Selasa, 8 Juni
    Sepanjang hari
    Pengumuman UN 2010 Ulangan
    Rabu, 9 Juni
    Sepanjang hari
    Pengumuman UN 2010 Ulangan
    Kamis, 10 Juni
    Sepanjang hari
    Pengumuman UN 2010 Ulangan
    Sepanjang hari
    Pendaftaran online Susulan Lulusan 2010
    Jumat, 11 Juni
    Sepanjang hari
    Pengumuman UN 2010 Ulangan
    Sepanjang hari
    Pendaftaran online Susulan Lulusan 2010
    Sabtu, 12 Juni
    Sepanjang hari
    Pengumuman UN 2010 Ulangan
    Sepanjang hari
    Pendaftaran online Susulan Lulusan 2010
    Rabu, 16 Juni
    Sepanjang hari
    Pelaksanaan Ujian SNMPTN 2010
    Kamis, 17 Juni
    Sepanjang hari
    Pelaksanaan Ujian SNMPTN 2010
    Jumat, 18 Juni
    Sepanjang hari
    Pelaksanaan Ujian Keterampilan (Seni dan Olahraga) SNMPTN 2010
    Sabtu, 19 Juni
    Sepanjang hari
    Pelaksanaan Ujian Keterampilan (Seni dan Olahraga) SNMPTN 2010
    Sabtu, 17 Juli
    Sepanjang hari
    Pengumuman hasil ujian SNMPTN 2010





    Sumber: Web Resmi SNMPTN

    Semoga Bermanfaat dan Terima kasih