Rabu, 31 Desember 2008

Selamat Tahun Baru

Tahun Baru Tiba


Dimana-mana terlihat ucapan singkat dengan berbagai variasi guna mengucapkan datangnya tahun baru. Ada dua tahun baru yang sedang berlenggang dihapadapan kita bersama, tahun baru masihi dan hijriyah penulisan yang pertama antara dua nama penamaan tahun ini tidak kami maksudkan untuk memberikan keistimewaan satu dari lainnya. Tahun baru hanyalah sebuah pemahan bersama yang disepakati jadi tidak menjadi keistimewaan yang begitu berarti atau tidak ada kewajiban mutlak untuk merayakan tahun baru. Ada hal lain yang perlu dan lebih layak untuk kita bahas adalah dari sisi sejarah atas setiap tanggal yang ada. Kenapa kita perlu memperhatikan sejarah tidak malah memperhatikan tahun baru sebagaimana telah dilakukan dan sudah begitu melekat menjadi budaya pada kebanyakan kebudayaan masyarakat dunia? Disini kami tidak mengajak untuk menjadi sosok-sosok “antipati” tahunbaru tapi hanya menawarkan sebuah pandangan sekiranya bisa dibahas bersama.
Kalau kita melihat kebudayaan bangsa brazil, cina, myanmar bangsa besar lainnya akan kita dapati bahwa mereka demi memperingati tahun baru dengan begitu ragam Ada berbagai cara dalam menyambut tahun baru yang bisa kita temui. Masyarakat Karibati mengangkat tangan mereka untuk menyambut terbitnya matahari pada awal tahun. Masyarakat yang tinggal di kepulauan pasifik ini melakukan pesta di Caroline Island yang kemudian pada tahun 1997 mereka namakan dengan Millennium Island. Sedang di Syney salah satu kota di Australia lain lagi, mereka menyambut tahun baru ini dengan pesta kembang api, di Kamboja para biarawan dengan pakaian khas agama budha, memeriahkan tahun baru di vihara terkenal Angkor Wat sebagai salah satu bentuk peribadahan. Masyarakat Prancis di kota Paris membuat kombinasi kembang api di menara Eiffel. Semua ini hanyalah suatu ekspresi masyarakat untuk menyambut tahun baru ataukah ada hal lain yang tersimpan rapi dibalik semua itu?
Ketika kita menengok sedikit lebih jauh akan kita dapati hampir di setiap tahun baru dari berbagai tahun baru yang ada pasti dilakukan perayaan khusus. Pada kalender mereka tanggal pertama pada awal tahun diberi tanda khusus dan hari itu pun diliburkan.

Sebagai ummat islam kita juga memiliki tahun sendiri yaitu tahun Hiriyah atau dikenal juga tahun Qomariyah dan ini berarti kita juga memiliki tahun baru juga. Dengan adanya kebiasaan masyarakat dunia yang senantiasa merayakan tahun baru mereka, ada yang berfikir bahwa kita pun harus atau semestinya melakukan hal yang sama. Kita juga merayakan tahun baru Hijriyyah. Penanggalan islam memiliki sejarah tersendiri. Pada awalnya masyarakat islam menggunakan patokan tahun dengan mengingat kejadian besar yang terjadi pada tahun tersebut. Seperti kejadian penyerangan Abrahah pada tempat ibadah yang didirikan nabi Ibrahim dengan anaknya. Masyarakat pada waktu itu menamai tahun itu dengan Tahun Gajah. Mengapa tahun baru dirayakan?

Sebagai masyarakat muslim kita tentunya memiliki sikap tersendiri, tidak sepantasnya kita sebagai makhluk yang berakal melakukan tindakan hanya karena alasan mengikuti kebiasaan dan adat istiadat yang ada. Agama kita adalah timbangan untuk menakar sikap terbaik yang semestinya dilakukan. Dari sisi lain tahun baru adalah takaran itu sendiri, dengan perputaran tahun kita akan tahu berapa lama perjalanan yang sudah kita tempuh dan bisa menilai efektifitas perjalanan tersebut dengan membandingkan dengan apa yang sudah mampu kita karyakan hingga tahun itu.

Di negara kita pesta tahun baru juga sudah begitu lekat dengan kebiasaan masyarakat dan sudah menjadi kebiasaan masyarakat itu sendiri. Masyarakat yang bersuku jawa memiliki kebiasaan khusus dalam menyambut tahun baru tahun jawa. Tahun yang diadopsi dari tahun hijriyah. Pada bulan pertama awal tahun mereka melakukan suatu kebiasaan khusus, salah satunya membuat bubur syura. Mungkin cerita ini agak terdengar basi namun ada yang bisa kita tilik adalah bagaimana mewujud respon atas kebiasaan itu, sudah semestinya kita memberikan respon yang tepat karena semua itu pasti tidak lepas atas suatu alasan dan tidak menutup kemungkinan ada penyampaian berita orang-orang masa lalu yang ditujukan pada manusia setelahnya yaitu kita. Dari sinilah pengetahuan sejarah memberikan peranan penting. Ada apakah dengan kebiasaan itu? mengapa harus seperti itu? ada rahasia apa dengannya? Dari sini beruntunglah orang yang mencoba memaksimalkan eksistensi kemanusiaannya, karena siapapun yang memiliki kriteria ini pasti tidak hanya membiarkan adanya kebiasaan masyarakat itu semabari lalu saja. Tidak hanya mengatai “Ah itu hanya kebiasaan kuno” sebuah penyakit yang menjadikan kebutaan sebagian masyarakat bangsa atas kebudayaan sendiri.

Tidak bisa kita pungkiri perkembangan masyarakat Indonesia yang mayoritas beragama islam di gubah pada awalanya oleh para ustadz yang lebih dikenal dengan nama para wali songo(wali Sembilan). Kenyataan sejarah ini menceritakan pada kita bahwa pasti gagasan yang disampaikan oleh para wali Sembilan itu ada. Dari sini apakah salah ketika mengambil sebuah premis awal bahwa ada hal-hal yang telah disampaikan oleh para wali ssembilan itu. Dengan cara melihata tata cara melakukan dakwah baik berupa dengan seni wayang, pembuatan syair, dengan ilmu kesaktian dan semacamnya pasti ada hal lain yang sebenarnya menjadi inti dari dakwah para wali Sembilan itu.

Salah satu cara yang dipakai adalah dengan menggunakan wayang kulit. Yaitu metode dakwah yang dipakai oleh Sunan Kali Jogo. Dari penamaan pembawa karakter setiap wayang, terlihat ada sebuah berita yang menjadi simpul yang membutuhkan suatu takwil dan tafsir secara lebih dalam. Sebagai contoh tokoh Semar, pelaku dengan criteria sebagai tokoh dari masyarakat kecil bertubuh gendut, tidak begitu ganteng dan hidup begitu sederhana. Pada setiap lakon yang dilakukan ternyata tidak seperti karakter fisik dan ekonomi yang melekati dirinya. Dia memiliki kekuatan yang lebih kuat dibanding para dewa dimana kekuatan ini hanya dia keluarkan pada saat terpaksa saja. Semar sering diidentikkan dengan kata “samar” yang berarti “tidak begitu jelas”. Jadi tidak ada identitas khusus yang disampaikan untuk menjelaskan jati diri tokoh Semar. Semua ini mirip dengan konsep manusia sempurna yang menjadi wakil Tuhan yang berada didunia dengan criteria khusus. Dimana sebagaimana disinggung oleh Mulla Shadra keberadaan seseorang semacam ini menjadi suatu keharusan. Dari sini dapat kita ambil titik simpul bahwa setiap tokoh wayang yang dipakai oleh Suanan Kali Jogo adalah salah satu bentuk pelajaran Filsafat yang ingin disampaikan pada masyarakat yang ada pada waktu itu. Dan ini menjadi ibarat bahwa sunan yang lain yang membuat suatu penetapan tertentu dan penamaan tertentu pada kaidah penghitungan tahun jawa juga memiliki alasan tersendiri.

Bulan pertama pada tahun kalender jawa dinamakan bulan Syura, nama ini berasal dari kata Asyarah yang bermakna kesepuluh atau angka sepuluh dalam kebahasaan bahasa arab. Ada apakah dengan tanggal sepuluh muharam? Atau tanggal sepuluh bulan Syura milik penanggalan jawa itu? Pada tanggal itu ternyata merupakan hari bersejarah tetap adanya agama islam di muka bumi. Jadi jika kejadian itu tidak ada bisa dikatakan sekarang sudah tidak ada lagi orang-orang yang mempercayai islam sebgai sebuah agama, atau bentuk minimalnya agama islam sudah di takhrif sebagaiman beberapa agama laingit yang lain yang juga diturunkan oleh Allah. Tanggal 10 asyura adalah titik awal bangkitnya kembali islam setelelah dikacau balau oleh pemerintah berstempel islam namun bertindak layaknya binatang jauh dari nilai-nilai keislaman.
Apakah anda ingin mengenal lebih dalam makna 10 asyura? Anda dapat melihat diberbagai media yang telah mengupas luas masalah terkait masalah ini. Dan hanya pada allah mengharapkan petunjuk dan Allahlah Zat Yang Maha Tahu.
Suparno Qom 29-12-08

Minggu, 28 Desember 2008

Puisi Desember


Dendang Ucapmu



Sungguh hati ini ingin mendendang bersama semburat kata dan ucapmu
Sungguh tiada tertahan lagi membiarkan semua gejolak yang mengiris pedas hati
Sungguh perumpama yang kian karam
Menelan ludah kepahitan, sepertinya


Terpenjara mahligai semu, mereka itu
Mahligai semu yang membungkam kemilau Qur’ani
Pembuta semua bahasa kejernihan hati
Pewarna kemaujudan ahklak surgawi, mereka penggal begitu rupa


Sesadar apakah semestinya
Sejauh mana benteng dibangun
Seberapa cerdas liku dilaku
Guna menghindar, menakar, menuai keselarasan dambaan
Meraba kedalaman hati
Guna memilik anugrah hati

Tidak diam

Dan

Mati




Masih ingatkah…




Ingatkah hari itu
Hari pertemuan terakhir itu
Hari ketika bersama membuka buku lusuh masa lalu
Hari ketika kita menyatukan dua tangan kita
Dibawah remang rembulan
Dibawah butir-butir salju yang mengkeras tangan-tangan kita.
Kala tak sudi lagi kau melihat wajahku seperti dulu-dulu
Kala tersibak semua penghianatanmu
Kala semua ucap pengingkaran, pelarian kau ucap begitu deras bak peluru


Masih ingatkah
Kau berlari menjauh dariku
Berteriak
Kau ingin mati kau ingin pergi
Membungkus semua derita sesiapa yang pernah kau lukai
Titik kala kau masih bersikukuh, cukup dengan memohon maaf semua akan selesai
Padahal ku ulang beribu, hati tidak seempuk tanah liat yang bisa diukir semau-mau
Hati bertumpuk misteri menyimpan berbagai surau diri-diri
Tidak semudah membalik tangan bergumul dengan hati


Masih ingatkah
Kala kau mengacuh para insan suci
Mendusta kebenaran nyata bawaan mereka
Kala kau
Menjunjung ego
Mengangkat pentingnya diri
Membunuh ungkapan firtrah senyata

Masih ingatkah kau……

28 12 08


Proposalku…..




Kuedarkan kemana lagi…
Aku diam tidak mengerti, mengapa?
Kutenteng penuh wibawa, walau begitu memaksa hati
Berlari diantara bangunan hidup
Diam berhenti, menilik
Berharap kan diberi ruang.


Ah…..
Gerah terik mentari
Basah keringat manusiawi
Lelah tumpuan beban
Terpaku kembali langkah ini
Menenteng proposal lusuh
Berlari dan terus berlari
Harus ikhtiar jangan sekedar berpatah arang
Mengedar pandang dan meredup sudah diri, bertabur haru
Yah…..
Langkah teruslah langkah
Tiada lobang untuk mematah hati
Dan berharap memang tidak dihadapan manusia
Tapi kepada Dia semestinya mendongak

tuk temanku….majulah pasti kau bisa…)

28 12 29

Bertauhid




Tidaklah terlambat.
Semua masih hijau utuh menunggu tuai
Lekas….
Lekas kembang sayapmu
Sudah tertebar wahana
Masihkah membelenggu diri
Merantai kesungguhan yang dulu telah menghiasi


Sudah terukir tauhid dibilikmu
Hanyakah menghias semata?
Hanyakah dibenam dalam alam pikir, tauhid itu?
Berteriak pasti nantinya kalau kau begitu saja
Tidak terbang bersama tauhid yang telah kau dapati
Tidak mewujud sebagai ungkap sikap ketauhidan


Tidaklah cukup di simpan dalam pikirmu, tauhid itu
Tidaklah pantas hanya menghias lisan dalam kebahasaan
Tidakkah bijak menyatakan tauhid dalam keharusannya?


Semua adalah kuli-kuli tauhid
Hanya
Ada yang sadar dan menakar
Ada yang bisu menukik pilu
Ada yang bergetar dan terbang tinggi
Ada yang hanya diam
Membungkus rasa malu hati.




Disaat Kepergiannya Tiba




Mengurai sejarah dalam setiap jedanya membuat semua meng”ada”
Pemelintir setiap ucap akan didapat didalamnya
Demi bernafsu wanita
Bernafsu harta
Bernafsu dunia ketimpangan muncul begitu rancak.
Tintla-tinta tertumpah menyebar kata
Memutar balik dalam kepicikan tak tertepis
Demi dunia muncullah kerancuan bagi penapak
Demi dunia kebenaran tertumpang tindih membelalak rasa
Demi dunia pecundang itu menjilat kaki-kaki penguasa
Menggubah hadis dan ceritera sesuka-suka


Dengan apakah akan tersampai penapak pada kebenaran
Tidak hanya mengikut semestinya
Melebar cantang pikir
Merebahkan keegoan diri
Menggelar aqal seluas hati


Kepergian sang baginda tak jua dilepas indah
Diamuk prahara begitu rupa
Dan nyata dianggap merancu
Dianggap menggerutu
Sedang nyata dalam quran dia berbahasa hanya dengan wahyu
Wasiat agung hilang dan meranakan ummat


Pantaskah tindak itu dikata culas
Layakkah perbuatan itu dilaku calon pemimpin
Atau…..
Hanya dengan begitu ia bisa “memimpin”
Dan menghalal penipuan, pengelabuhan, penuduhan pada manusia berpribadi agung



Karena terlalu muliakah “insan” itu sehingga dicela begitu rupa
Ataukah karena apa, menuduh semau-maunya?
Dan para pemujanya menganggap biasa penilaian muka masam bagi sosok mulia penerima piagam ketuhanan “sesungguhnya padamu terdapat akhlak yang agung” ini
Alangkah naïf menilai perginya tanpa meninggal jalan jelas
Alangkah menyedihakan menuduh dia pergi seolah menghindar dari tanggungan
Betapa nista mennilai dia pergi tanpa ada kekhawatiran atas kelanjutan ummat.
Siapa haus kebenaran pasti dengan penuh nafsu meneliti
Mana sebenarnya
Bagaimana keharusan
Dimanakah kita berdiri dari simpang itu
Hanya kita yang tahu.

28 12 08

Diantara kilat pedang

,



Diantara kilatan pedang terdengar parau suara
Diiring manusia bertaring mendongakkan berita
Dikepung bak binatang perginya
Dalam payah dan hilang daya pedang menyebat lehernya


Dengar ….

Hai dengar…
Tetap dia berupaya mengajak sadar kembali
Hai….dan suara itu menghilang ditengah suara tawa bangga
Hai….ajakan kedalam ajaran qurani tak lagi mampu diucap walau sejatinya ingin
Andai ada satu dari ribuan “bedebah” itu mau mengikut agama langit kembali, betapa…
Andai …namun semua menampak wajah binatang menyeringai terbuai janji penguasa dzalim
Menetes air liur demi tanah rey
Andai ada satu saja…..



Apalah arti kala ini menjadi penjilat kaki sesosok yazid pemilik laknat
Apalah arti diri kala masih tertipu layaknya penjilat seperti itu
Sejarah tidak hanya torehan
Sejarah adalah bingkisan penuh arti dan pelajaran
Sejarah mengarahkan pada jalan kebenaran
Sejarah membuka mata hati yang terbungkam
Akankah meninggalkan sejarah?


Sungguh bijak
Mengarti darah bayi yang mengalir ditangan ayahanda suci
Memakna jerit perih saudari dan peputri sang syahadaah
Mewarna hidup sebagai pijar semangat syahadah

Sabtu, 27 Desember 2008

Belajar tentang Awan di Halaman

Hari ini, 27 Desember 2008, pagi menjelang siang cuaca begitu cerah. Langit pun terlihat begitu biru. Di halaman samping rumah baru kami yang masih lapang ditumbuhi rumput ilalang, anak-anak asyik bermain rumah-rumahan. Bertiangkan beberapa potongan bambu yang diatapi potongan kayu tripleks bekas, Azkia dan Luqman mengamati awan yang tampak jelas bergerak di angkasa.

Memang luar biasa kawasan rumah tinggal kami sekarang ini. Banyak yang bisa kami eksplorasi dan amati, banyak bahan pelajaran faktual yang dihadiahkan alam ciptaan Tuhan ini untuk kami. Ada jangkrik gemuk-gemuk keluar dari liang karena tanahnya tergali, ada bekicot yang menempel di antara ilalang, ada capung dan kupu yang liar beterbangan, ada banyak putri malu yang bisa disentuh kapan saja untuk melihat mereka malu-malu menutup daunnya, dan yang paling menakjubkan pada hari ini adalah ketika Azkia berlari mengambil buku dari kamar untuk mencocokkan bentuk awan yang dilihatnya dengan informasi yang pernah ia baca.

Luqman seperti biasa menguntit kakaknya, yang rajin memberi info terbaru. Dan saya tahu ia juga belajar ketika kakaknya berteriak takjub, "Mama, tadi kakak lihat awan kumulus dan altostratus!".

Aduh, karena saya sibuk mengawasi para pekerja yang sedang membangun dapur, tak sempat saya ikut mengamati awan apalagi memotretnya. Tapi jauh di dalam hati, saya bersyukur dan juga takjub dengan spirit belajar putera-puteri saya yang tak surut karena kepindahan kami ke wilayah pinggiran seperti Tanjungsari ini. Bahkan awan yang gratis bisa kita lihat di atas sana pun membuat mereka tak kehilangan momentum belajar. Puji syukur hanya kepada Allah Yang Mahapemurah. Semoga kepindahan kami ke tempat baru ini memberi berkah. Amin.

Rabu, 24 Desember 2008

Gerbang Diri






Langkah kaki gontai

Menerawang jalan yang menghadang pandang

Semestinya bijak

Seharusnya terus menakar

Tidak diam mengubur rasa

Menahan datang arti



Jengah..

Ah mengapa jengah

Tertidurkah sudah…?

Mengorek hati diantara sela.

Berbilik rinai,

Berbongkah semua jeda……


Aku diam

Diam…..

Mencerap erat arti.

Dan terus mengharap genggaman-Nya.

Aku cukupkan dengan-Nya semata.

Aku rasa aku dengan-Nyalah akan bijak.

Aku diam……..

Mendapai dan menggapai.

Karbala





Ya maulay…..




Bergetar seperti yang lalu-lalu.


Bergetar jua menderu bisu


Bergetar bersama senyap alam yang diam


Debu-debu tak urung menjadi saksi


Terbang keawan menyaksi darah


Terbang membelah kancah-kancah hati pengurai arti.


Menyerupa bahasa sang filusuf


Menyampai dengan kebahasaan yang tak akan usang.


Pemilik hati mencobaterka dendangnya


Mengarti makna yang terselip rapat dalam dadanya.


Mendedah dan beringsut dalam Begitu dalam.


Pemilik hati….


Merekalah yang akan mampu menuai rahasia yang disampai.


Atau tidaklah sama sekali.


Suparno

24-12-08 Qom

Minggu, 21 Desember 2008

Gelombang Stasioner (Gelombang Berdiri)



Oleh Drs. Iyon Suyana, M.Si. dan Achmad Samsudin, M.Pd.
Pernahkan Anda mengamati getaran dawai gitar saat dipetik? Memetik salah satu dawai gitar dengan memvariasikan tegangan dawai gitar akan menghasilkan bunyi yang berbeda pula. Dapatkah Anda menjelaskan hal tersebut mengapa terjadi ?
Gelombang berdiri atau gelombang stasioner pada dawai gitar dihasilkan dari interferensi gelombang datang dan gelombang pantul. Panjang gelombang pada gelombang berdiri dapat diamati dari tampilan simpul dan perutnya. Gelombang berdiri mempunyai amplitudo yang berbeda di setiap titiknya. Amplitudo maksimum disebut perut, sedangkan amplitudo nol atau tidak ada simpangan disebut dengan simpul.

Percobaan Melde menunjukkan bahwa massa beban menghasilkan gaya berat atau tegangan dawai. Tegangan dawai secara matematis dinyatakan sebagai berikut:
F = m.g ......................................................................1)
dengan : F = tegangan dawai (N)
m = massa beban (kg)
g = percepatan gravitasi = 9,8 m/s2
Frekuensi gelombang sama dengan frekuensi sumbernya, sedangkan laju gelombang pada dawai ditentukan oleh tegangan dan kerapatan massa linear dawai. Secara matematik laju gelombang pada dawai dinyatakan dalam bentuk persamaan sebagai berikut:
v^2 = F/µ ........................................................................2)
dengan: F = tegangan dawai (N)
µ = massa per satuan panjang dawai (kg/m)
v = cepat rambat gelombang pada dawai (m/s)

Kamis, 18 Desember 2008

Ucapan Selamat



wah tidak ketemu pic yang keren nih, kemarin lupa ngambil gambarnya....:(
gambar diatas hanya permisalan coz mu ambil gambar pengantin asli takut dimarahi....hehehe :)
pernikahan merupakan tahapan kehidupan yang begitu indah
setelah berjuang sendirian ternyata temen saya yang satu ini tidak kuku lagi serta berdalil cerdas bahwa dia tidak mau kalah dengan yang lain untuk bersegera menyempurnakan sunah agama islam.
bendera pun di kibar...
kemarin pada hari dimana ayat terakhir alquran yang berarti akhir dan tanda telah menjadi sempurnanya quran temen saya ismail Amin melangsungkan aqad nikah dengan salah satu bidadari dari makasar..
doa saya semoga pernikahannya penuh berkah dan kebahagiaan
amin.....

Strategi pembelajaran dengan metode Multiple Intelligence





Ada beberapa tahapan dalam proses kerja system ini.
 Pertama strategi pengembangan sekolah unggul
 Tahap kedua adalah proses reformasi sekolah dan
 Tahap terakhir adalah penerapan metode multiple intelligence system (MIS).
Jadi pertama kali yang perlu dilakukan adalah pembenahan dari dalam, yaitu dari sekolah yang bersangkutan. Disini perlu adanya evaluasi secara detail dari kekuarangan dan kelebihan sekolah yang akan menerapkan metode MIS, penerapan MIS tanpa adanya pembenahan secara mendasar dari sekolah yang bersangkutan tidak akan memberikan dampak secara maksimal sesuai yang dinginkan.
Reformasi sekolah juga tidak kalah penting. Sekolah yang sudah terkenal dengan ketertinggalannya tidak akan mungkin bisa maju dan diterima masyarakat ketika masih menggunakan nama sekolah yang sama. Nama sekolah yang lama sudah memberikan image yang buruk didalam benak masyarakat akan menjadi pengahalang demi kemajuan sekolah itu sendiri. Secara detail reformasi sekolah bisa dengan mengganti nama sekolah yang telah ada dengan nama lain yang lebih sederhana, mudah diingat serta menarik bagi masyarakat.
Ketika susunan dan konsep dalam struktur sekolah sudah diperbaiki maka penggunaan MIS baru akan tampak hasilnya.
Dalam MIS ada tiga proses yang harus diterapkan pada masing-masing anak didik
 Input berupa Multiple Intelligence Research
 Proses berupa Strategi Pembelajaran
 Output berupa Penilaian Otentik
Anak didik yang masuk kesekolahan dengan metode MIS tidak dibatasi dengan batasan nilai semacam kecerdasan IQ dan berbagai macam metode ujian baik tertulis atau verbal. Sekolah menerima semua anak dengan kekurangan masing-masing. Disini diterapkan konsep bahwa sekolah memang menjadi tempat membenahi dan memberikan solusi pemecahan. Bisa dikatakan “kalau anak sudah pandai mengapa harus dimasukkan kedalam sekolah?’’ jadi resiko pertama sekolah dengan metode ini adalah menerima anak yang “nakal-nakal”. Sering sekali orang salah dalam menerjemahkan kecerdasan anak, anak yang aktif dalam bergerak, dalam berbicara atau pada suatu kecenderungan tertentu malah dinilai sebagai nilai buruk bagi mereka dan diberi stenpel sebagai anak nakal. Padahal sebenarnya itu semua adalah gambaran terhadap potensi terpendam yang dapat dikembangkan dari masing-masing mereka. Dapat kita temukan bahwa otak seorang schizophrenia (orang yang suka mengasingkan diri) memilki jantung yang lebih luas dibandingkan dengan orang yang normal, walau tidak semua penderita Schizophrenia memiliki tanda ketidak normalan ini. The schizophrenic brain has enlarged ventricles (jantung)(fluid-filled cavities)Microsoft ® Encarta ® 2008.
Dengan metode MIS research diharapakan seorang guru dapat menyesuaikan gaya belajar yang disukai siswa, karena proses belajar mengajar yang berhasil hanya akan dicapai ketika gaya belajar siswa sama dengan gaya mengajar guru. Hubungan apik keduanya disebut dengan rumus pembelajaran.
Gaya Belajar Siswa + Gaya Mengajar Guru---> Rumus Pembelajaran
Dalam proses belajar mengajar metode MIS 70% waktu adalah untuk siswa, dan 30% waktu yang tersisa adalah waktu untuk memberikan pengarahan bagi para guru. Disini siswa secara tidak langsung dipaksa untuk belajar secara lebih aktif dan guru hanya bertindak sebagai pemantau.
Strategi Sekolah MI (Multiple Intelligence)
 The Best All Proses
 Strategi
 Produk
 Benefiditas
Dengan menerapkan proses terbaik dalam segala tahapan pengajaran maka akan didapatkan hasil yang terbaik pula. Hal ini menuntut adanya strategi dengan kualitas yang memadai. Penerapan strategi tidak terlepas dari keadaan sekolah, pengajar dan siswa yang akan menjadi produk sekolah yang bersangkutan. Semua elemen ini harus benar-benar diperhatikan dengan baik. Selain memperhatikan keadaan siswa untuk mengetahui menu terbaik yang bisa diterapkan bagi mereka serta membangun konsep seokolah dengan baik, perhatian terhadap kesejahteraan guru juga menjadi element yang berperan secara signifikan. Adalah tidak mungkin mengharapkan para guru untuk memberikan peranan terbaik tapi kesejahteraan mereka tidak dijamin.
Accelerated learning
(Percepatan Pembelajaran)
Memori
Disini dapat diterapakan
1. Metode hafalan, misalnya materi pelajaran yang ada dibuat menjadi lagu dan dinyanyikan bersamaan.
2. Metode kedua Mind Map, metode kedua ini dilakukan dengan membuat kerangka dari materi yang disajikan, diharapakan dengan melihat kerangka materi ini siswa dapat memahami dan bahkan mampu menjelaskan materi dengan baik.
3. Speed Reading, dengan membaca secara cepat akan membantu otak untuk merangkai memori.
4. Higher order thinking : ( pengaturan cara berfikir)
Action Research
The question :
Hal ini dilakukan dengan memerintahkan anak didik untuk membuat pertanyaan hipotesa atau mengungkapakan suatu masalah
Data collection :
Disini anak didik disuruh untuk mengumpulkan data terkait permasalah yang sedang dibahas.
Misalnya masalah temanya masalah kedzaliman. Anak anak disuruh mencari data di Koran, majalah atau sumber yang lain untuk mencari data tentang tindak kedzaliman yang sering terjadi dalam keseharian.
Data Analysis :
Melakukan analisa terhadap data-data yang telah terkumpul pemecahan suatu permasalahan. Setelah data data terkumpul para guru pembimbing bertugas menjelaskan permasalahan yang ada ketika ada hal-hal yang tidak jelas ketika anak didik sedang menganalisa masalah.
The Findings :
Disini anak dibimbing untuk menemukan beberapa alternaif dan cara penyelesaian dari suatu masalah.
The Action plan :
Melakukan rencana yang sudah ditentukan sesuai prioritas. Anak didik dibimbing untuk melakukan pemilihan dari hal-hal terpenting dari yang penting.
Pengaplikasian Pengajaran
Dalam praktek pengajaran diusahakan materi pendidikan dimasukkan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan metode ini anak didik akan lebih enjoy dalam mengikuti pelajaran pelajaran bisa diberikan dalam bentuk permainan-permainan tertentu. Pengajaran yang monoton akan membuat anak menjadi cepat merasa jenuh. Bisa dibayangkan ketika anak didik sudah jenuh anak didik tidak akan bisa mampu menerima pelajaran dengan baik. Jadi diupayakan agar anak merasa senang dengan apa yang sedang dia lakukan. Indikasi dari kesuksesan ini anak tidak akan merasa ingin cepat selesai. Mereka akan minta tambahan jam pelajaran supaya bisa tetap bermain. Metode yang dipakai adalah metode yang memicu anak untuk memakai daya pengingatan jangka panjang (Long term memory). Pada saat anak belajar dengan perasaan bahagia maka pelajaran akan lebih mudah untuk dipahami. Misalanya dalam materi sejarah. Disini anak didik didaulat untuk menjadi pelaku sejarah. Anak didik dibagi dalam kelompok tertentu atau kedalam kelompok besar untuk membentuk drama kolosal. Jadi dalam cerita nabi Nuh as ada yang berperan sebagai nabi Nuh ada yang menjadi penduduk yang mengolok-olok nabi Nuh ada yang jadi anak Nabi Nuh yang durhaka dan seterusnya. Dengan sistem ini anak dengan mudah memahami sejarah Nabi Nuh walau mereka tidak melihat sejarah itu secara langsung. Mereka akan ingat nama anak nabi Nuh, istri beliu dan bagian-bagian sejarah nabi Nuh dengan detail tanpa harus kepayahan untuk menghafal. Bisa kita bandingkan ketika anak didik disuruh menghafalkan itu semua hanya dengan membaca buku-buku sejarah yang sudah ada di perpus. Hasilnya akan jauh berbeda.
Cara berikutnya berupa Pelaporan Oral
Anak didik diminta menceritakan apa yang yang mereka lihat atau yang telah mereka lakukan. Misalanya pertama mereka disuruh untuk mengamati lingkungan. Dari apa yang mereka lihat disuruh untuk dicatat apa-apa yang termasuk sebagai tanda-tanda kebesaran Allah SWT. Anak didik disuruh melaporkan apa yang mereka catat didepan kelas atau tempat tertentu yang lebih nyaman. Ajak mereka untuk menjelaskan mengapa yang mereka catat itu mereka anggap sebagai tanda kebesaran Allah SWT.
Dengan model latihan seperti diatas anak tidak merasa terkekang dikelas, anak lebih bebas beraktifitas, anak terdorong untuk memunculkan kemampuan linguistic mereka yang masih tersimpan. Kemampuan linguistic ini bisa juga dikembangkan dengan tehnik wawancara/ interview. Anak didik disuruh mewancarai orang-orang yang ada dilingkungan sekolah tentang suatu permasalahan. Pada saat mencari data dengan metode ini anak didik secara tidak langsung terlatih kecerdasan linguistik dan mental mereka. Kedua anak didik akan terbiasa untuk membuat suatu ringkasan, analisa, memahami suatu keadaan dan berimajinasi yang merupakan modal dasar untuk menjadi seorang penulis. Disini perlu dihindari tema-tema yang tidak relevan. Karena itu para guru pembimbing bertugas untuk memilihkan tema-tema yang pas.
sehingga anak terkesan dan berniat untuk tidak melakukan hal yang sama.
selanjutnya semua tetap kembali pada kreativitas seorang guru, guru cerdas adalah guru yang ingin dan berusaha keras mencari cara cerdas demi kecerdasan anak didiknya
dari berbagai sumber.....

Minggu, 14 Desember 2008

Belajar Sepanjang Hayat

Seminggu mertua saya menginap di rumah kami. Berhubung sebagian besar buku sudah dibawa ke Tanjung Sari, ayah dan ibu mertua saya hanya disuguhi buku-buku tentang tanaman obat untuk selingan, karena buku-buku itu-lah yang masih tertinggal di rumah kami di Bandung. Karena sudah banyak juga keluhan sakit, searching tanaman yang berkhasiat obat pun jadi menarik. Ayah mertua saya sampai mem-foto copy beberapa buku yang bersinggungan dengan penyakit beliau.

Ada satu hal yang membuat saya sangat takjub. Saat saya mematikan mesin air, saya lihat sepintas dari jendela, ibu mertua saya sedang menulis di atas secarik kertas. Bahkan mungkin bukan secarik, tapi beberapa lembar juga sudah tergeletak di atas kasur. Saya tak bertanya, karena siapa tahu beliau sedang mencatat surat penting.

Akan tetapi, ketika saya sedang mempersiapkan sarapan di dapur, ibu mertua saya melongok ke dapur dan bercerita bahwa beliau sudah mencatat beberapa tanaman dan khasiat serta resep obat dari buku, dan tinggal sedikit lagi yang belum ditulis. Subhanallah! Saya sampai geleng-geleng kepala... Saat saya lihat ke kamar, memang benar, catatan itu sudah dengan rapinya tertulis pada beberapa lembar kertas.

Tentu sangatlah tidak bijak bukan, kalau saya membiarkan seorang ibu yang begitu bersemangat untuk mendapatkan ilmu harus mencatat begitu rupa, dengan tulisan tangan pula. Akhirnya buku itu pun saya hadiahkan buat beliau. Wah! Mama mertuaku tentu saja senang.

Bagaimana dengan anak-anak muda? Masihkah menyala semangat belajar itu? Sampai kapan? Semoga sepanjang hayat, kita selalu terinspirasi dan bersemangat untuk belajar, tak peduli sudah berapapun usia kita. Amin.

Rabu, 10 Desember 2008

BICS (Banjar International Cyber School)

Banjar International Cyber School

Silih Asih, Silih Asah, Silih Asuh

BICS

Sekolah bertaraf internasional (SBI) merupakan sekolah nasional dengan standar mutu internasional. Proses belajar mengajar di sekolah ini menekankan pengembangan daya kreasi, inovasi, dan eksperimen untuk memacu ide-ide baru yang belum pernah ada.

Latar Belakang

Pengembangan SBI didasari oleh Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 50 Ayat 3. Dalam ketentuan ini, pemerintah didorong untuk mengembangkan satuan pendidikan yang bertaraf internasional.

Aspek-aspek

Standar internasional yang dituntut dalam SBI adalah Standar Kompetensi Lulusan, Kurikulum, Prosees Belajar Mengajar, SDM, Fasilitas, Manajemen, Pembiayaan, dan Penilaian standar internasional Dalam SBI, proses belajar mengajar disampaikan dalam dua bahasa yaitu bahasa Inggris dan bahasa Indonesia.



Diasuh Oleh:
Arip Nurahman, Ridwan F., Anton T. Jaelani dan Uman Miftah S.

Peninjau, Pelaksana dan Pembina:
Bpk. Endang J. S.Pd., Bpk. Drs. Nanang Sudiana, M.Pd. Bpk. Drs. Ahmad S.,
Bpk. Ruswanto, S.Pd.



Sekolah Bertaraf Internasional - Wikipedia bahasa Indonesia

Membantu Mengembangkan Tulisan Sekolah Bertaraf Internasional di Wikipedia

Username: aripnurahman
Password: Pendidikan


Membangun Sekolah Bertaraf International (Inventing Better School)


Memang telah banyak sekolah yang baru didirikan dengan label sebagai sekolah unggulan, sekolah favorit, baik yang berstandar nasional maupun internasional. Lembaga pendidikan sekolah itu, pada umumnya dibangun dengan infrastruktur yang mewah pada lahan yang relatif luas. Tetapi, apakah lembaga pendidikan sekolah itu hanya cukup dengan infrastruktur yang mewah saja? Tentu saja tidak. Masih banyak faktor lain yang akan sangat menentukan efektivitas lembaga pendidikan sekolah itu.(H2O)


Pengelolaan Pendidikan (Managment) Sekolah Berstandar Internatational

Standar Pengelolaan terdiri dari 3 (tiga) bagian, yakni standar pengelolaan oleh satuan pendidikan, standar pengelolaan oleh Pemerintah Daerah dan standar pengelolaan oleh Pemerintah.

PERATURAN
MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL
REPUBLIK INDONESIA
NOMOR 19 TAHUN 2007
TENTANG
STANDAR PENGELOLAAN PENDIDIKAN OLEH SATUAN PENDIDIKAN
DASAR DAN MENENGAH
DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA
MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL,

Menimbang :
bahwa dalam rangka pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, perlu menetapkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional tentang Standar Pengelolaan Pendidikan Oleh Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah;

Mengingat :
1. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 78, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4301);

2. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 41, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4496);

4. Peraturan Presiden Nomor 9 Tahun 2005 tentang Kedudukan, Tugas, Fungsi, Susunan Organisasi, dan Tata Kerja Kementerian Negara Republik Indonesia sebagaimana telah beberapa kali diubah terakhir dengan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 94 Tahun 2006;

5. Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 187/M Tahun 2004 mengenai Pembentukan Kabinet Indonesia Bersatu sebagaimana telah beberapa kali diubah terakhir dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 20/P Tahun 2005;

MEMUTUSKAN:
Menetapkan : PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL REPUBLIK INDONESIA TENTANG STANDAR PENGELOLAAN PENDIDIKAN OLEH SATUAN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH.

Pasal 1

(1) Setiap satuan pendidikan wajib memenuhi standar pengelolaan pendidikan
yang berlaku secara nasional
(2) Standar pengelolaan pendidikan sebagaimana dimaksud pada ayat (1)
tercantum dalam Lampiran Peraturan Menteri ini.

Pasal 2
Peraturan Menteri ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan


Download lampiran No 19 Tahun 2007


Terima Kasih Kepada:

Bpk. Drs. Harun Imansyah, M.Ed.

Dosen Senior Universitas Pendidikan Indonesia, Serta Peneliti Utama JICA, Tokyo Gakuin University dan Tokyo Institute of Technology

atas Materi Perkulihannya


Delapan Standar Nasional Pendidikan

Standar Nasional Pendidikan adalah kriteria minimal tentang sistem pendidikan di seluruh wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Standar Nasional Pendidikan terdiri dari :

Alumni SBI Angkatan Pertama


Standar Kompetensi Lulusan untuk satuan pendidikan dasar dan menengah digunakan sebagai pedoman penilaian dalam menentukan kelulusan peserta didik.

Standar Kompetensi Lulusan tersebut meliputi standar kompetensi lulusan minimal satuan pendidikan dasar dan menengah, standar kompetensi lulusan minimal kelompok mata pelajaran, dan standar kompetensi lulusan minimal mata pelajaran.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No 23 Tahun 2006 menetapkan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Lampiran Permen ini meliputi:

Pelaksanaan SI-SKL Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No 24 Tahun 2006 menetapkan tentang pelaksanaan standar isi dan standar kompetensi lulusan untuk satuan pendidikan dasar dan menengah.



Standar Isi mencakup lingkup materi minimal dan tingkat kompetensi minimal untuk mencapai kompetensi lulusan minimal pada jenjang dan jenis pendidikan tertentu.

Standar isi tersebut memuat kerangka dasar dan struktur kurikulum, beban belajar, kurikulum tingkat satuan pendidikan, dan kalender pendidikan.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, menetapkan:

Standar Isi Kesetaraan

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No 14 Tahun 2007 tentang Standar Isi untuk Program Paket A, Program Paket B dan Program Paket C.



Proses pembelajaran pada satuan pendidikan diselenggarakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. Selain itu, dalam proses pembelajaran pendidik memberikan keteladanan.

Setiap satuan pendidikan melakukan perencanaan proses pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran, penilaian hasil pembelajaran, dan pengawasan proses pembelajaran untuk terlaksananya proses pembelajaran yang efektif dan efisien.

Berikut ini, Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia yang berkaitan dengan Standar Proses Pendidikan.

  • Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
  • Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No 3 Tahun 2008 tentang Standar Proses Pendidikan Kesetaraan Program Paket A, Program Paket B, dan Program Paket C.





Pendidik harus memiliki kualifikasi akademik dan kompetensi sebagai agen pembelajaran, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional.

Kualifikasi akademik yang dimaksudkan di atas adalah tingkat pendidikan minimal yang harus dipenuhi oleh seorang pendidik yang dibuktikan dengan ijazah dan/atau sertifikat keahlian yang relevan sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Kompetensi sebagai agen pembelajaran pada jenjang pendidikan dasar dan menengah serta pendidikan anak usia dini meliputi:

* Kompetensi pedagogik;
* Kompetensi kepribadian;
* Kompetensi profesional; dan
* Kompetensi sosial.

Pendidik meliputi pendidik pada TK/RA, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, SDLB/SMPLB/SMALB, SMK/MAK, satuan pendidikan Paket A, Paket B dan Paket C, dan pendidik pada lembaga kursus dan pelatihan.

Tenaga kependidikan meliputi kepala sekolah/madrasah, pengawas satuan pendidikan, tenaga administrasi, tenaga perpustakaan, tenaga laboratorium, teknisi, pengelola kelompok belajar, pamong belajar, dan tenaga kebersihan.

Berikut ini, Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia yang berkaitan dengan Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan.

* Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No 12 Tahun 2007 tentang Standar Pengawas Sekolah/Madrasah.
* Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No 13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah.
* Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.
* Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No 24 Tahun 2008 tentang Standar Tenaga Administrasi Sekolah.
* Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No 25 Tahun 2008 tentang Standar Tenaga Perpustakaan Sekolah/Madrasah.
* Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No 27 Tahun 2008 tentang Standar Kulifikasi Akademik dan Kompetensi Konselor.



Setiap satuan pendidikan wajib memiliki sarana yang meliputi perabot, peralatan pendidikan, media pendidikan, buku dan sumber belajar lainnya, bahan habis pakai, serta perlengkapan lain yang diperlukan untuk menunjang proses pembelajaran yang teratur dan berkelanjutan.

Setiap satuan pendidikan wajib memiliki prasarana yang meliputi lahan, ruang kelas, ruang pimpinan satuan pendidikan, ruang pendidik, ruang tata usaha, ruang perpustakaan, ruang laboratorium, ruang bengkel kerja, ruang unit produksi, ruang kantin, instalasi daya dan jasa, tempat berolahraga, tempat beribadah, tempat bermain, tempat berkreasi, dan ruang/tempat lain yang diperlukan untuk menunjang proses pembelajaran yang teratur dan berkelanjutan.

Berikut ini, Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia yang berkaitan dengan Standar Sarana dan Prasarana.

  • Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No 24 Tahun 2007 tentang Standar Sarana dan Prasarana untuk Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI), Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs), dan Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA).
  • Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No 40 Tahun 2008 tentang Standar Sarana Prasarana untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK).

  • 6. Standar Pengelolaan

Standar Pengelolaan terdiri dari 3 (tiga) bagian, yakni standar pengelolaan oleh satuan pendidikan, standar pengelolaan oleh Pemerintah Daerah dan standar pengelolaan oleh Pemerintah.

Berikut ini, Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia yang berkaitan dengan Standar Pengelolaan.

* Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan oleh Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.


  • 7. Standar Pembiayaan Pendidikan

Pembiayaan pendidikan terdiri atas biaya investasi, biaya operasi, dan biaya personal.

Biaya investasi satuan pendidikan sebagaimana dimaksud di atas meliputi biaya penyediaan sarana dan prasarana, pengembangan sumberdaya manusia, dan modal kerja tetap.

Biaya personal sebagaimana dimaksud pada di atas meliputi biaya pendidikan yang harus dikeluarkan oleh peserta didik untuk bisa mengikuti proses pembelajaran secara teratur dan berkelanjutan.

Biaya operasi satuan pendidikan sebagaimana dimaksud di atas meliputi:

  • Gaji pendidik dan tenaga kependidikan serta segala tunjangan yang melekat pada gaji,
  • Bahan atau peralatan pendidikan habis pakai, dan
  • Biaya operasi pendidikan tak langsung berupa daya, air, jasa telekomunikasi, pemeliharaan sarana dan prasarana, uang lembur, transportasi, konsumsi, pajak, asuransi, dan lain sebagainya.
  • 8. Standar Penilaian Pendidikan

Penilaian pendidikan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah terdiri atas:

  • Penilaian hasil belajar oleh pendidik;
  • Penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan; dan
  • Penilaian hasil belajar oleh Pemerintah.

Penilaian pendidikan pada jenjang pendidikan tinggi terdiri atas:

  • Penilaian hasil belajar oleh pendidik; dan
  • Penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan tinggi.

Penilaian pendidikan pada jenjang pendidikan tinggi sebagaimana dimaksud di atas diatur oleh masing-masing perguruan tinggi sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Berikut ini, Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia yang berkaitan dengan Standar Penilaian Pendidikan.

  • Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian Pendidikan.

Fungsi dan Tujuan Standar :

  • Standar Nasional Pendidikan berfungsi sebagai dasar dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan pendidikan dalam rangka mewujudkan pendidikan nasional yang bermutu
  • Standar Nasional Pendidikan bertujuan menjamin mutu pendidikan nasional dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat.
  • Standar Nasional Pendidikan disempurnakan secara terencana, terarah, dan berkelanjutan sesuai dengan tuntutan perubahan kehidupan lokal, nasional, dan global.



Cooperated with Sloan School of Management MIT Open Course Ware

MIT Sloan is a world-class business school long renowned for thought leadership and the ability to successfully partner theory and practice.

MIT Sloan shares a legacy of innovative thinking and collaboration with MIT, and this relationship - unique among business schools - is one that provides tremendous opportunity for students alumni.

At MIT Sloan, customized programs and experiences meet students' specific needs and help them to reach their personal and professional goals. A commitment to concept-based action learning enables students to gain the experience and skills necessary to enhanced and lead their organizations - and improve the way business is done across the globe.


BICS (Banjar International Cyber School)

1.

2.

Visi Sekolah Bertaraf Internasional

1.

2.

University of Cambridge

Hinc lucem et pocula sacra
Terjemahan harafiah: "From here, light and sacred draughts".
Non-harafiah: "Dari universitas ini kami menerima pencerahan dan pengetahuan yang berharga".



Universitas Cambridge (Inggris: Cambridge University; Latin: Universitas Cantabrigiensis) adalah universitas kedua-tertua di dunia bahasa Inggris, dengan persyaratan masuk yang paling ketat di Britania Raya.

Catatan awal sudah tidak tersimpan lagi, namun universitas ini tumbuh dari sebuah perhimpunan sarjana di kota Cambridge, Cambridgeshire, Inggris, kemungkinan dibentuk pada 1209 oleh sarjana yang kabur dari Universitas Oxford setelah bertengkar dengan penduduk kota sana.

Universitas Oxford dan Cambridge, sering dijuluki Oxbridge, telah memiliki sejarah kompetisi yang lama satu sama lain, dan dipandang luas sebagai universitas paling elit dan bergengsi di Britania Raya. Berdasarkan sejarah, mereka telah membuat sejumlah ilmuwan, penulis, dan politisi Britania yang terkenal.

Afiliasi dari Universitas Cambridge telah memenangkan 80 Penghargaan Nobel, lebih banyak dari universitas lain di dunia . Dari 80 pemenang Penghargaan Nobel ini, 70 pernah menghadiri Cambridge sebagai murid prasarjana atau pasca-sarjana, dan bukan "associate" riset, "fellow" atau profesor (Universita Chicago di urutan ke-2 dalam afiliasi pemenang Penghargaan Nobel, dengan 79 orang, tetapi hanya 30 yang pernah belajar di Universitas Chicago sebagai murid prasarjana atau pasca-sarjana).

Jurnal Pendidikan International Kota Banjar

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5



One of the main reasons for getting a good education is to obtain the best job possible after graduation. One important factor employers consider when hiring is the quality of the education of all the candidates. If you have the option of attending a top-notch university, your career opportunities will broaden significantly. If you aren’t fortunate enough to attend one of the best universities in the world, then at least you can look closely at the best and see what factors make them so powerful and find schools that strive to provide some of the same elements among their educational offerings.

The Times Higher Education - QS World University Rankings publishes an annual listing of the best universities in the world. The rankings are based on academic peer review, employer review, faculty-student ratio, citations per faculty, and international teachers and students. According to their results for 2008, Harvard University is the top-ranked university in the world. Located in Cambridge, Massachusetts, Harvard is the oldest institution for higher learning in America and enjoys a strong reputation grounded in the success of the graduates, the top quality research coming from the university, and the exceptional teaching faculty. Behind Harvard, the next best universities in the world include Yale, Cambridge, Oxford, and California Institute of Technology to round out the top five. Of the top 100 universities around the world, 42 are from the United States, 36 are from Europe, and 22 from Asia Pacific. The United States dominates the top of the list with 11 of the top 15 universities.(~H2O~)




(dari kiri ke-kanan: Arip Nurahman, Bpk. Onny Jamhari Ph.D, Nario)

(Penulis Bersama Salah Seorang Alumni Universitas Stanford)

Die Luft der Freiheit weht
"Angin kebebasan berhembus."
Situs resmi Universitas Stanford

Leland Stanford Junior University, yang lazim dikenal sebagai Universitas Stanford (atau Stanford saja), adalah sebuah universitas swasta yang terletak kira-kira 60 kilometers di tenggara San Francisco dan kira-kira 30 km di timur laut San Jose di wilayah Kabupaten Santa Clara yang belum diresmikan sebagai kota. Stanford terletak di dekat kota Palo Alto California AS tepat di jantung Lembah Silikon baik secara geografis maupun historis.

Universitas Stanford terletak di kampus universitas kedua terbesar di dunia, dan terdiri atas Sekolah Teknik, Hukum, Kedokteran, Pendidikan, Bisnis, Ilmu-ilmu Bumi dan Humaniora serta Sains. Universitas ini mempunyai sejumlah program dan sebuah rumah sakit pendidikan selain berbagai kegiatan menjangkau ke masyarakat dan inisiatif relawan.

Stanford didirikan oleh raja kereta api dan Gubernur California Leland Stanford dan istrinya, Jane Stanford. Universitas ini diberi nama untuk menghormati anak tunggal mereka, Leland Stanford, Jr. yang meninggal dunia karena tipus hanya beberapa hari menjelang ulang tahunnya yang ke-16. Pada pagi hari kematian anak mereka, Leland Sr. konon berkata kepada istrinya,

“Anak-anak di California akan menjadi anak-anak kita.”

Masyarakat setempat dan orang-orang yang berafiliasi dengan universitas ini menyebut sekolah ini sebagai Peternakan, yang merujuk kepada kenyataan bahwa universitas ini terletak di lokasi bekas peternakan kuda Leland Stanford.



Seminar-Seminar International

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5.
  • 6
  • 7
  • 8



International Language Research and Analysis for Education


Bahasa Mandarin




1. Sekilas Negeri Panda

Cina (Hanzi sederhana: 中国; Hanzi tradisional: 中國; Pinyin: Zhōngguó; Tongyong Pinyin: Jhongguó; Wade-Giles: Chung1kuo²) adalah nama dari daerah budaya, dan pemukiman turun temurun dari budaya kuno sejak dahulu kala hingga kini, dan merupakan negara di Asia Timur. Peradaban Cina merupakan salah satu peradaban tertua di dunia, terdiri dari sejarah dan budaya beberapa negara yang ada sejak 6 milenia.

Pada perang saudara terakhir di Cina, perang ini berakhir dengan jalan buntu dan mengakibatkan adanya dua negara yang memiliki dua nama Cina yaitu Republik Rakyat Cina - yang lebih umum dikenal sebagai Cina dan pemerintahnya berkuasa atas Cina daratan, Hong Kong, serta Makau; yang kedua adalah Republik Cina (ROC) - yang lebih umum dikenal sebagai "Taiwan", dan pemerintahnya berkuasa atas Pulau Taiwan dan pulau-pulau disekelilingnya. Namun banyak negara lainnya berpendapat bahwa secara resmi daerah yang diperintah oleh Taiwan merupakan bagian dari Republik Rakyat Cina.

Cina merupakan peradaban tertua di dunia yang masih ada hingga kini. Cina memiliki sistem penulisan yang konsisten sejak dahulu dan masih digunakan hingga kini. Banyak penemuan-penemuan penting bersumber dari peradaban Cina kuno, seperti kertas, kompas, serbuk mesiu, dan materi-materi cetak.

IMPERIAL
Qin Dynasty 221 BC–206 BC
Han Dynasty 206 BC–220 AD
Western Han
Xin Dynasty
Eastern Han
Three Kingdoms 220–280
Wei, Shu & Wu
Jin Dynasty 265–420
Western Jin 16 Kingdoms 304–439
Eastern Jin
Southern & Northern Dynasties 420–589
Sui Dynasty 581–618
Tang Dynasty 618–907
( Second Zhou 690–705 )
5 Dynasties &
10 Kingdoms

907–960
Liao Dynasty
907–1125


Song Dynasty
960–1279

Northern Song
W. Xia
Southern Song Jin
Yuan Dynasty 1271–1368
Ming Dynasty 1368–1644
Qing Dynasty 1644–1911
MODERN
Republic of China 1912–1949
People's Republic
of China
(Mainland China) 1949–present
Republic of China (Taiwan)
1945–present

2. Sejarah Singkat Kebudayan China

Chinese civilization originated in various city-states along the Yellow River (Chinese: 黃河; pinyin: Huáng Hé) valley in the Neolithic era. The written history of China begins with the Shang Dynasty (ca. 1750BC - ca. 1045 BC). Turtle shells with ancient Chinese writing from the Shang Dynasty have been carbon dated to as early as 1500 BC. The origins of Chinese culture, literature and philosophy, developed during the Zhou Dynasty (1045BC to 256 BC) that followed the Shang. It was the longest lasting dynasty and spans the period in which the written script evolved from ancient oracle script to the beginnings of modern Chinese writing.

The feudal Zhou Dynasty eventually broke apart into individual city states, creating the Warring States period. In 221 BC, Qin Shi Huang united the various warring kingdoms and created the first Chinese empire. Successive dynasties in Chinese history developed bureaucratic systems that enabled the Emperor of China to directly control the vast territories.

The conventional view of Chinese history is that of a country alternating between periods of political unity and disunity and occasionally becoming dominated by foreign peoples, most of whom were assimilated into the Han Chinese population. Cultural and political influences from many parts of Asia, carried by successive waves of immigration, expansion, and assimilation, merged to create modern Chinese culture.



3. A Short Story about China's Education

History of science and technology in China

The history of education in China began with the birth of Chinese civilization. The nobles often set up the educational establishments for their offspring. The Shang Hsiang was a legendary school to teach the youth nobles. It may have been the origin of education in China.

Contents



4. Sistem Sekolah di Negeri Panda

Education in the People's Republic of China.

Educational stages in China
Age Education Compulsory
18-22 University or college No
15-18 Senior high school (middle school)
or
Vocational school
No
12-15 Junior middle school Yes
6-12 Primary school

Leading Universities in China
by: China Internet Information Center

Delapan Besar Universitas di China

1.清华大学

2.北京大学

3.浙江大学

4.中国科学技术大学

5.南京大学

6.复旦大学

7.上海交通大学

8.北京师范大学




Bahasa Jepang


Jepang (bahasa Jepang: 日本 Nippon/Nihon, nama resmi: Nipponkoku/Nihonkoku Bunyi dengarkan) adalah sebuah negara kepulauan di Asia Timur. Letaknya di ujung barat Samudra Pasifik, di sebelah timur Laut Jepang, dan bertetangga dengan Republik Rakyat Cina, Korea, dan Rusia. Pulau-pulau paling utara berada di Laut Okhotsk, dan wilayah paling selatan berupa kelompok pulau-pulau kecil di Laut Cina Timur, tepatnya di sebelah selatan Okinawa yang bertetangga dengan Taiwan.

Jepang memiliki sekitar 3.700 pulau. Pulau-pulau utama dari utara ke selatan adalah Hokkaido, Honshu (pulau terbesar), Shikoku, dan Kyushu. Sekitar 97% wilayah daratan Jepang berada di keempat pulau terbesarnya. Sebagian besar pulau di Jepang bergunung-gunung, dan sebagian di antaranya merupakan gunung berapi. Gunung tertinggi di Jepang adalah Gunung Fuji yang merupakan sebuah gunung berapi. Penduduk Jepang berjumlah 128 juta orang, dan berada di peringkat ke-10 negara berpenduduk terbanyak di dunia. Tokyo secara de facto adalah ibu kota Jepang, dan berkedudukan sebagai sebuah prefektur. Tokyo Raya adalah sebutan untuk Tokyo dan beberapa kota yang berada di prefektur sekelilingnya. Sebagai daerah metropolitan terluas di dunia, Tokyo Raya berpenduduk lebih dari 30 juta orang.(Wikipedia)


Diasuh oleh:
Rizkiana P.M. dan Angga F. Widiana

  • 1. Volume 1-3
  • 2. Volume 4-6
  • 3. Volume 7-9
  • 4. Volume 10-12
  • Karya Multi Media Pembelajaran Bahasa Jepang
  • 1. Belajar Bahasa Jepang Memang Mudah dan Meyenangkan (B2JM3)
  • 2. Siasat Mendapatkan Beasiswa Kedutaan Besar Jepang (Strategi dan Aplikasi)
  • 3. Sekilas Sejarah dan Kebudayaan Jepang (a Presentasion)
  • 4. Nihongo Grammar (e-book)

Education in Uni Europe


Europa - The European Union On-Line
http://europa.eu/

Gateway to the European Union
http://europa.eu/index_en.htm

Education, Training, Youth
http://europa.eu/pol/educ/index_en.htm

Bahasa Jerman

Diasuh Oleh:
Kang Sandi Rifana & Dzikri Rahmat Rhamadhan

German's Language

Dimana Anda dapat belajar bahasa Jerman?
Jika Anda ingin belajar bahasa Jerman, tidak ada solusi yang lebih baik dari belajar langsung di Jerman dimana Anda akan tinggal ditengah komunitas Jerman sepanjang hari, setiap hari. Apakan Anda ada di kelas Jerman dengan siswa internasional dari seluruh dunia atau berjalan di tengah kota, Anda akan terus dikelilingi oleh penduduk asli Jerman. Dengan praktek yang terus menerus, Anda akan kagum dengan betapa cepatnya Anda menguasai bahas Jerman selama ada disana.

Ikuti>Kursus Umum bahasa Jerman di Munich>, pusat bisnis dan ibukota Jerman Selatan, kota yang anggun dengan pesona Bavaria yang menakjubkan. EF Munich, berlokasi di dekat pusat kota merupakan rumah dari pusat para pelajar di daerah Schwabing. Staf sekolah EF Munich sangat berpengalaman membantu siswa mempersiapkan ujian bahasa Jerman mereka.

Mengapa belajar bahasa Jerman?
Bahasa Jerman adalah bahasa yang paling banyak digunakan di Eropa. Menguasai bahasa Jerman dapat menghubungkan Anda dengan 120 juta penutur asli di seluruh dunia. Bahasa Jerman juga merupakan bahasa asing terpopuler ketiga yang diajarkan di dunia. Penduduk Jepang, yang merupakan negara dengan perekonomian terbesar kedua di dunia, memahami betapa pentingnya menguasai bahasa Jerman dalam melakukan bisnis: 68% siswa dari Jepang belajar bahasa Jerman

Bahasa Perancis

Diasuh Oleh:

Fitria Intan Sari

Untuk anda yang ingin mencari kota yang romantis, kebun anggur yang indah, pantai yang bertaburan sinar matahari atau pegunungan salju, Perancis adalah tujuan yang ideal.

Ernest Hemingway menuliskan, "Jika anda cukup beruntung untuk bisa tinggal di Paris sebagai anak muda, maka kemanapun Anda pergi selama sisa hidupmu, Anda akan merasa tetap muda." Ambillah> dan dapatkan pengalaman bagaimana orang Paris hidup kesehariannya. Temukan kota yang terkenal dengan arsitekturnya, museum yang menakjubkan, kafe, restoran terkenal dan teater yang indah.

Atau pilihlah>, pusat dari French Riviera, menikmati pantai yang terkenal di dunia dan resort pinggir laut. Diakreditasi oleh organisasi EAQUALS yang ternama dan diakui sebagai sekolah bahasa yang memiliki akreditas tinggi di Perancis - the Label Qualité Français Langue Etrangère,

Dimana Anda bisa belajar bahasa Perancis?
Jika Anda ingin belajar bahasa Perancis,tidak ada solusi yang lebih baik dari belajar bahasa di negara yang bahasa utamanya adalah bahasa Perancis dimana Anda akan hidup dengan bahasa Perancis sepanjang hari setiap hari. Apakah Anda ada di kelas bahasa Perancis dengan teman dari seluruh dunia atau berjalan keliling kota, Anda akan selalu dikelilingi dengan penduduk lokal. Dengan praktek yang terus menerus, Anda akan terkejut melihat betapa cepatnya Anda mempelajari bahasa Perancis selama berada di luar negeri.

EF International Language Schools menawarkan kursus bahasa Perancis di dua kota yang menarik di Perancis dan kota tujuan baru di Montreal, Kanada:

Belajar bahasa Perancis di Paris, Perancis
Ambil kursus bahasa Perancis di Paris di lokasi sekolah di pusat kota yang dekat dengan Louvre, Georges Pompidou Centre, dan Notre Dame. Belajar bahasa Perancis dengan aksen asli di pusat kebudayaan dan fashion Eropa. Paris menawarkan Anda kesempatan untuk bersantap di bistro Perancis dan berjalan di sungai Seine disore hari sambil menuju bar bawah tanah untuk menyaksikan live band.

Belajar bahasa Perancis di Nice, Perancis
Terletak di Mediterania, Nice sangat dekat dengan Alps, Provence, Corsica dan Italia. Kota yang penuh dengan keindahan alam di jantung French Riviera. Nice adalah kota pinggir pantai yang indah dan glamor- Salah satu kota resort yang elegan dan dicintai dengan iklim yang hangat sepanjang tahun. Belajar bahasa Perancis disekolah EF di tengah kota Nice, hanya 2 blok dari Promenade des Anglais dan pantai dimana Anda dapat berpartisipasi di banyak aktifitas olahraga air dan bergaul dengan penduduk kosmopolitan. Selama kursus bahasa Perancis di Nice, Anda dapat juga berpartisipasi di acara kebudayaan dan perayaan yang ada sepanjang tahun.


French Language

1. Belajar Bahasa Prancis - Belajar Privat Bahasa Prancis click it!
(http://belajar-bahasa-prancis.creation-website.com/)

2. http://www.parlezfrancais.net/Parlez Français Klik Saya donxs!

3.France - Wikipedia, the free encyclopedia everything about Me! click me please.,.!

4. Bahasa Perancis/Pelajaran/Abjad - Wikibooks Aku Mau di Klik ama Kamu hi.,hi.,.!


Semoga Bermanfaat dan Terima Kasih



Bahasa Arab

Diasuh oleh:
Deden Anugrah H. dan Anton T.J.

Bahasa Arab (اللغة العربية al-lughah al-‘Arabīyyah), atau secara mudahnya Arab (عربي ‘Arabī), adalah sebuah bahasa Semitik yang muncul dari daerah yang sekarang termasuk wilayah Arab Saudi. Bahasa ini adalah sebuah bahasa yang terbesar dari segi jumlah penutur dalam keluarga bahasa Semitik. Bahasa ini berkerabat dekat dengan bahasa Ibrani dan bahasa Aram. Bahasa Arab Modern telah diklasifikasikan sebagai satu makrobahasa dengan 27 sub-bahasa dalam ISO 639-3. Bahasa-bahasa ini dituturkan di seluruh Dunia Arab, sedangkan Bahasa Arab Baku diketahui di seluruh Dunia Islam.

Bahasa Arab Modern berasal dari Bahasa Arab Klasik yang telah menjadi bahasa kesusasteraan dan bahasa liturgi Islam sejak lebih kurang abad ke-6. Abjad Arab ditulis dari kanan ke kiri.

Bahasa Arab telah memberi banyak kosakata kepada bahasa lain dari dunia Islam, sama seperti peranan Latin kepada kebanyakan bahasa Eropa. Semasa Abad Pertengahan bahasa Arab juga merupakan alat utama budaya, terutamanya dalam sains, matematik adan filsafah, yang menyebabkan banyak bahasa Eropa turut meminjam banyak kata darinya.

Arabic Language

Arabic language - Wikipedia, the free encyclopedia Akhi & Ukhti Click Ana Duonk!

5 Tingkatan Belajar Bahasa Arab

Pelajaran 1


Pelajaran 2


Pelajaran 3


Pelajaran 4


Pelajaran 5


Mengapa Anda harus belajar bahasa Arab?

Bahasa Arab adalah bahasa yang digunakan secara luas di planet ini. Bahasa Arab merupakan bahasa utama dari 22 negara, digunakan oleh lebih dari 250 juta orang. Bahasa ini juga merupakan bahasa kedua pada negara-negara Islam karena dianggap sebagai bahasa spiritual Islam - salah satu agama-agama besar dunia (kita membicarakan tentang lebih dari 1 miliar orang!). Bahasa Arab merupakan salah satu bahasa tetap di organisasi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Alasan lain yaitu bahasa Arab merupakan salah satu bahasa tertua yang hidup di dunia, dan merupakan bahasa asli dari banyak bahasa, bahkan ada teori yang menyatakan bahwa "bahasa Arab merupakan asal dari bahasa-bahasa" dan mereka yang mengadopsi teori ini berlandaskan pada kenyataan bahwa orang Arab dapat melafalkan suara apapun dalam bahasa manapun di dunia dengan mudah, di lain pihak banyak orang-orang bukan-Arab yang kesulitan mengucapkan beberapa huruf Arab yang tidak terdapat dalam bahasa asli mereka (contohnya huruf dhad tidak digunakan dalam bahasa manapun di dunia, dan bahasa Arab sering disebut sebagai bahasa dhad).

Dalam ribuan tahun, sedikit perubahan terjadi pada bahasa ini, dan bahasa ini selalu sesuai pada setiap jaman, menembus berbagai peradaban yang menggunakannya sebagai bahasa asli mereka. Bahkan, bahasa Arab memiliki pengaruh yang besar dalam sebagian besar bahasa yang ada di masa kini. Mungkin, sumbangan bahasa Arab yang paling jelas pada kemanusiaan adalah angka Arab (0,1,2,,3,...), tanpa menyebutkan bahwa banyak kata-kata Arab yang digunakan oleh banyak bahasa pada saat ini (algoritma, sugar, coffee, kopi, alamat, kabar, dan daftar ini terus berkelanjutan....).

Mengapa bahasa ini tetap hidup lebih dari ratusan tahun sementara bahasa yang lain tidak?

Alasan utama untuk pertanyaan tersebut adalah bahasa Arab merupakan bahasa Al-Qur'an, inilah yang menjaga bahasa Arab menjadi bahasa utama hingga lebih dari 1400 tahun peradaban Islam.

Kata-Kata Bahasa Arab yang Berguna

Dalam bahasa Arab Dalam bahasa Indonesia
Mar-haba Halo
Ahlan-Wa-Sahlan Selamat datang
Shukran Terimakasih
Aasif Maaf
Afwan Permisi
Kam Berapa?
Na'am Ya
La Tidak
Mabruuk Selamat
Yamiin Kanan (arah)
Yasar Kiri
Ana Saya
Anta(p) / anti (w) Anda

Kalimat yang Sering Digunakan

Kalimat Artinya
As-salaam-alaikum Assalamu'alaikum (keselamatan atasmu (salam dalam Islam)
Kaifa-haluk? Bagaimana kabarmu?
Kam-is-sa'ah? Jam berapa sekarang?
Al-hamdu- lillah Alhamdulillah (sering digunakan sebagai jawaban untuk "bagaimana kabarmu?")
Ma'as-salama Selamat tinggal

Online Resources for Learning Arabic:

Madinah Arabic Reading Course

Madinah Arabic Language Course

Understand Quran - The Easy Way

Omniglot

Languageguide.org

Fun with Arabic

Search Truth

Yemen Links

Vega Society

#Arabic

Speak7

Arabic Online


An International school is loosely defined as a school that does not require their students to learn the national or local language of the country the school is located in. These schools cater mainly to students who are not nationals of the host country, such as the children of the staff of international businesses, international organizations, foreign embassies, missions, or missionary programs. Many local students attend these schools to learn the language of the international school and to obtain qualifications for employment or higher education in a foreign country. International schools can be both private, or public. In April 2007 there were 4,179 ‘English-speaking international schools’[1].

Establishment

The first International schools were founded in the latter half of the 19th century in countries such as Japan, Switzerland and Turkey. Early International schools were set up with the help of nations having large interests in the hosting nation. An exception to this rule being Robert College in Istanbul.

Curriculum

International schools typically use curricula based on the school's country of origin. The most common international schools represent Education in the United Kingdom or Education in the United States. Many international schools use curricula specially designed for international school such as the International General Certificate of Secondary Education or the IB Diploma Programme. Like other schools, international schools teach the subjects such as language arts, mathematics, the sciences, humanities, the arts, physical education, information technology, and design technology. More recent developments specifically for primary school include the IBs Primary Years Programme (PYP) and the fast growing International Primary Curriculum (IPC).

Faculty

Faculty at International Schools are usually from or certified by the standards of their country of origin. However there are many exceptions. The most common exception is when the international school requires a teacher trained specifically for an international syllabus or for teaching a foreign language rare to the international school's country of origin.

Recruitment

Hiring is frequently done at large international job fairs where schools can interview and hire several teachers at once. There are also a handful of agencies which specialise in recruiting international teachers. Over the years it has become harder to recruit young international teachers, partly because of international security fears, partly because the compensation packages are not as attractive as they used to be [1]. In some countries such as South Korea, recent visa changes have also made it more difficult to obtain both qualified and unqualified teachers Read More

See also

External links


References

  1. ^ a b Teachers International Consultancy (2008-07-17). "The Quiet Crisis in Recruitment". http://www.ticrecruitment.com/newsdetails.php?newsid=16. Retrieved on 2008-12-09.