Minggu, 21 Oktober 2007

Rumah Teladan, Siapa Tertarik Membuatnya?


Ruang pendidikan alternatif. Anak belajar, orang tua juga belajar. Orang tua (bagi yang mampu secara intelektual) adalah guru utama dan tutor professional sebagai pendukung. Setiap orang belajar dengan spirit untuk menjadi teladan: meninggalkan jejak yang baik untuk orang lain hingga menginspirasi orang lain untuk juga berbuat baik
Peserta pembelajaran terdiri atas maksimal 10 anak dari beberapa keluarga. Orientasi program adalah keteladanan akhlak dan ilmu, BUKAN nilai test. Setiap anak dan orang tua adalah teladan yang baik bagi yang lainnya. Tidak ada kata salah, melainkan saling mengingatkan.

Menjadikan Al Quran dan Hadist sebagai penuntun, dan menjadikan orang-orang berilmu sebagai tempat bertanya.

Lokasi belajar: di kelas, di luar kelas, di rumah, dan di ruang-ruang publik.

Metode belajar melalui jalur kontekstual (yang di lakukan di kelas, di rumah, dan ruang-ruang publik), dan metode belajar tekstual dilakukan bersama orang tua di rumah atau perpustakaan dengan konsep: “belajar sendiri”.

Eksplorasi kreativitas adalah kebiasaan besar yang harus dibangun. Dengan begitu, anak-anak pun belajar tentang memberdayakan sumber yang ada dan membuang ketergantungan pada fasilitas yang tak terjangkau selama hasil belajar tetap tercapai dengan media seadanya.

Porsi kurikulum umum dan agama berimbang, dengan mengutamakan konsep agama adalah ilmu dan ilmu untuk beragama.

Biaya ditanggung secara patungan oleh masing-masing peserta dengan mempertimbangkan kemampuan maksimal setiap peserta, namun dimungkinkan untuk melakukan subsidi silang bagi peserta yang berkelebihan.

Legalitas formal diperoleh melalui jalur PKBM, sehingga fasilitas seperti perpustakaan, laboratorium, dan peralatan olah raga diusahakan berasal dari bantuan pemerintah atau donatur, sehingga dapat dipergunakan pula untuk masyarakat umum yang membutuhkan.

Siapa tertarik dan ingin merealisasikan gagasan ini? Mari bergabung atau buatlah dan sempurnakanlah sendiri!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar