Senin, 20 Desember 2010

Mendekatkan Anak dengan Al Quran

Sebenarnya saya tidak pe de menulis soal ini karena saya pun masih belajar untuk menghidupkan rumah dengan Al-Quran. Terlebih lagi dalam hal mempraktikkan akhlaq Quran, waah, jauh sekali! Saya masih belepotan. Akan tetapi, tentunya bukan berarti harus menyerah. Tetap saja kami sebagai seorang muslim berkewajiban untuk membuat anak-anak mengenal, tertarik, dan menyukai kitab sucinya.

Selain merutinkan belajar setiap ba'da Maghrib, saya coba menggunakan media-media lain, seperti buku, film, dan memasang kembali poster-poster yang bertemakan Al-Quran. Kumpulan poster berisi nama-nama surat dalam Al-Quran berikut artinya saya simpan juga di sini. Poster tersebut berukuran A4 dalam format PDF. Anda yang membutuhkan poster-poster tersebut bisa mengunduhnya tanpa meminta ijin terlebih dulu.

Belajar hafalan Quran dengan metode isyarat juga kami coba. Memang masih bolong-bolong, tapi kami tetap menyimpan niat untuk melanjutkannya. Insha Allah. Mudah-mudahan diberi kemudahan untuk konsisten.

Yang paling penting, tetaplah memiliki keinginan untuk dekat dengan Quran, walau tantangannya mungkin tak terbilang. Mudah-mudahan Allah SWT meneguhkan setiap niat baik dan memberi kita kekuatan untuk istiqomah mengusahakannya. Amin.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar