Kamis, 08 September 2011

13 Guna Garam Selain Bumbu Masak

Garam Dapur
Garam, walau sejumput masih tetap layak dibahas bukan ? Terutama untuk kaum Ibu.
Garam digunakan dalam sejarah kehidupan manusia, dapat dijumpai di mana-mana dan murah.
Ditambang dari batuan garam dan diekstrak dari air laut dan anda tidak bisa hidup sehat tanpa itu. Juga kesehatan anda akan terganggu jika terlalu banyak mengkonsumsinya.

Mari kita bahas 13 keistimewaan garam yang mengejutkan selain menjadi bumbu masak Bu;

1. Mencegah semut
Taburkan garam di pintu-pintu, kusen jendela dan tempat lain yang digunakan semut untuk menyelinap   masuk ke rumah Anda. Ini adalah cara pasti untuk menjaga mereka tetap berada di luar rumah anda.

2. Membunuh rumput liar yang tidak anda inginkan atau yang tumbuh di retakan di halaman Anda.
Lelah menyiangi halaman Anda? Taburkan garam pada rumput dan menuangkan air yang sangat panas di atasnya. Tidak hanya menjadi cara yang efektif untuk membunuh tanaman yang tidak diinginkan tapi juga ramah lingkungan.

3. Say goodbye untuk kutu
Jika hewan peliharaan Anda berkutu, cukup memandikannya dengan air garam. Jika Anda khawatir anjing Anda mungkin telah membawa kutu ke rumah Anda dan telah mengkontaminasi karpet, cukup taburi karpet Anda dengan garam bubuk dan terakhir vakum secara menyeluruh.

4. Membersihkan telur pecah.
Jika Anda menjatuhkan telur di lantai dapur, taburkan garam pada kekacauan yang ditimbulkannya, diamkan selama 20 menit. Anda bisa membersihkannya tanpa noda sedikitpun yang ditinggalkan.

5. Membersihkan tumpahan dalam oven atau tumpahan kue.
Jika kue atau gelembung masakan di dalam oven tumpah ruah dari tempatnya, tuangkan segenggam garam di atas tumpahan. Panaskan lagi menjadi menjadi kerak bersihkan setelah itu didinginkan.

6. Bersihkan bintik-bintik coklat karat dari besi Anda
Cukup taburkan garam pada selembar kertas lilin, geser besi di atasnya dan gosok ringan dengan cat perak. Besi Anda akan terlihat seperti baru dalam waktu singkat.

7. Hapus noda dari teko dan cangkir kopi Anda
Isi dengan 1 / 4 cangkir garam bubuk dan selusin batu es. Aduk dan biarkan diam selama setengah jam, isi dengan air dingin dan bilas. Teko kopi Anda akan terlihat seperti baru.

8. Hindarkan kaca mobil dari embun.
Celupkan spons ke dalam air garam dan gosokkan pada kaca maka embun tidak akan menempel bahkan pada suhu dan kelembaban yang sangat dingin.

9. Lebih mudah untuk melepas kulit ari kacang.
Rendam kacang setelah anda rebus untuk digoreng. Cara ini akan memudahkan anda melelpaskan kulit arinya sebelum anda menggorengnya.

10. Mengawetkan lilin.
Jika Anda merendam lilin baru dalam larutan garam kuat untuk beberapa jam, kemudian mengeringkannya dengan baik, maka lilinnya akan awet dan tidak cepat meleleh disaat anda membakarnya. (terutama saat ini listrik sering dipadamkan)

11. Menjinakkan api pemanggang yang menyala liar.
Tabur sedikit garam pada api pemanggang yang menyala karena lemak yang menetes dari panggangan. Ini akan mengurangi api dan menenangkan asap tanpa mematikan bara api seperti air.

12. Mengobati sengatan lebah
Basahi bagian tubuh yang tersengat, kemudian tutupi dengan taburan garam.

13. Menghentikan kebakaran karena minyak.
Tuangkan garam di atas api minyak yang menyala dan lihat hasilnya.

14. Menetralisir masakan yang terlalu manis ataupun terlalu pedas.
Jika sup atau rebusan terlalu manis atau terlalu pedas, tambahkan saja sedikit garam.

Katanya 13 kok jadi 14 ? Tanya kenapa.....

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar