Jumat, 09 September 2011

Virus Komputer Pertama Di Dunia Diciptakan Olehnya

Siapa pencipta virus komputer pertama kali? namun sebelum kita bahas siapa dia mari kita bahas dulu tentang virus tersebut, dari informasi yang apasih.com dapat ternyata virus pertama itu disebut dengan elk cloner yang dinyatakan sebagai virus mikro komputer. awalanya virus tersebut menyebar hanya di ruang lingkup sekolah tempat seseorang yang menciptakannya di tahun 1982. siapa dia? dialah Rich Skrenta, ia anak berumur 15 di sekolah SMA Mt. Lebanon High School,Pennsylvania,Amerika dan menyerang komputer apple II.

Rich Skrenta sendiri bisa dibilang adalah anak yang bandel karena secara ilegal membegi2kan game dan software yang saat itu harganya sangat mahal, karena alasan itu ia dikucilkan oleh teman2nya di sekolah, terkadang juga ia iseng mematikan komputer milik temannya dengan menggunakan floppy disk atau menampilkan kalimat yang mengejek di monitor temen2nya.

Sampai akhirnya ia menemukan metode untuk melakukannya tindakan isengnya tanpa floppy disk agar ia tidak dicurigai. tak disangka ia menemukannya yang akhirnya virus tersebut dipanggil Elk Cloner, pada dasarnya virus tersebut akan menyebar dari komputer satu ke komputer lainya melalui floppy disk orang2 dan akan menampikan sebuah puisi yang dibuat sendiri oleh Skrenta.

Dalam beberapa bulan virus tersebut sukses membuat pusing satu sekolahan, bisa dibayangkan saat itu repotnya mengatasi virus tersebut, mereka harus melakukannya secara manual dengan menghaus satu persatu file yang sudah terinfeksi apalagi saat itu belum ditemukan anti virus.

Elk Cloner menyebar dan menginfeksi Sistem Operasi Apple II dengan teknik boot sector virus dan akan otomatis akan mengcopy dirinya sendiri jika secara tak sengaja ikut terbawa ke komputer orang lain. memang tidak begitu fatal tapi tetap sangat mengganggu.

Komputer yang telah terinfeksi akan menampilkan puisi sbegai berikut:

Elk Cloner: The program with a personality
It will get on all your disks
It will infiltrate your chips
Yes it’s Cloner!
It will stick to you like glue
It will modify RAM too
Send in the Cloner!

Saat ini Rich Skrenta si pembuat virus menjabat sebagai CEO Blekko Inc, yaitu sebuah search engine internet.Dan ini tampangnya sekarang.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar