Senin, 10 Desember 2012

Slowspeed Atau Long Exposure Frontal Dengan Matahari

Istilah SS atau Slowspeed bagi penggemar fotografi dengan kamera DSLR memang bukan hal baru lagi. Tehnik bukaan lama ini digunakan untuk mendapatkan efek motion dari obyek foto atau tampilan air yang lembut dalam foto landscape.
Namun untuk para entry level, tehnik ini sering gagal terutama pada foto landscape sunset. over exposure atau foto menjadi putih selalu menjadi kendala. Filter yang mampu menurunkan intensitas cahaya dengan kualitas bagus juga bukan barang murah.
Filter memang tetap menjadi barang wajib jika kita ingin membuat foto dengan bukaan lama untuk landscape yang bersifat frontal dengan matahari, tapi tidak harus mahal yang penting berkualitas bagus. Seperti contoh foto di bawah, saya hanya menggunakan filter ND 8 glass yang dipasang pada ujung lensa Nikon 18-200 yang terpasang pada Nikon D300 saya.


Foto pertama posisi matahari dengan sunset penuh dengan cahaya yang agak kuat. Data exif ; Focal length 40mm, f/14, 1/8 sec, ISO auto, Exposure compentation -4 step.


Foto kedua seluruh setingan masih sama kecuali Focal Length yang berubah menjadi 32mm.


Foto ketiga sama dengan setingan foto kedua, hanya bukaan menjadi 1/6 sec agar mendapatkan efek air sedikit lebih lembut.

Settingan di atas dapat dirobah sesuai keinginan, hanya saja untuk bukaan yang sedikit lebih lama memerlukan filter yang lebih tinggi atau  atau f kecil dengan catatan focal lengthnya menyesuaikan agar ketajaman tidak direduksi dengan ekstrim.
Selamat mencoba, selamat bereksperimen..keep jepret. Semoga bermanfaat..salam.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar