Senin, 17 Oktober 2011

Kenapa Mesti Sekolah?



Tidak perlu sekolah untuk menjadi pengusaha sukses yang menciptakan sesuatu?

Benarkah?


".....Sometimes life hits you in the head with a brick. Don't lose faith. I'm convinced that the only thing that kept me going was that I loved what I did. You've got to find what you love. And that is as true for your work as it is for your lovers. "
~Alm. Steve Jobs~

Cerita : Bill Gates dan Steve Jobs putus sekolah (Enggak Kuliah)?

Aahhh, cerita favorit Motivator-motivator bisnis dan pemberontak-pemberontak yang bilang sekolah ga penting ^_^ Tidak perlu kita ceritakan di sini.

Semua orang di abad 21 yang dapat membaca pasti sudah pernah mendengar cerita panjang bagaimana Bill Gates dan rivalnya Steve Jobs putus sekolah dan membuat 2 perusahaan paling berpengaruh di awal abad 21.

Yupss: Apple & Microsoft


This story is true, but usually greatly oversimplified.


Mereka melupakan beberapa detail penting di cerita-cerita tersebut dan hanya menggambarkan,:


"Tuh, orang ga kuliah juga bisa sukses dan jadi salah 1 yang terkaya di dunia."


Ya. You can.

But read this first.

Bill Gates adalah seorang jenius sekaligus pekerja yang ulet dan tekun. Di kelas 8 (sekitar umur 13-14, kalau di Indonesia mungkin baru SMP), Gates mulai memprogram komputer di sekolahnya menggunakan bahasa BASIC.

Dia bersama 3 temannya dipekerjakan oleh Computer Center Corporation (CCC) untuk menemukan bug dalam software mereka. Dia menggunakan waktu ini untuk mempelajari bahasa2 FORTRAN, LISP, dan machine language.


Di umur 17-an (Sekitar Masa SMA), Gates membuat traffic counter menggunakan prosesor Intel 8008. Tahun 1973 dia mengikuti SAT (UAN di amerika) dan mendapat nilai 1590 dari 1600

(lihat betapa jeniusnya dia, kalau dikonversi ke NEM berapa tuh nilainya hahaha).


Dia mendaftar ke Harvard University dengan mudah (Universitas Terbaik Dunia) dan di tahun pertama dia sudah dapat membuat algoritma baru yang sangat cepat dan menjadi versi tercepat dari algoritma itu selama 30 tahun.

Berbekal semua pengetahuan ini dia membuat perusahaan bernama MicroSoft. Mungkin satu-satunya yang masa kecilnya lebih jenius dari Kang Bill Gates itu hanya orang ini ????

(Pembaca menunjuk dirinya sendiri he..,.he.,.) amin:

Well, bagi yang mengerti komputer, kemampuan dia (Kang Bill Gates) di tahun 1973 di usia 18 tahun mungkin sudah melebihi engineer-engineer komputer lulusan S1 jaman sekarang.

Dan itu 1973.

Ingat. 1973.



Rivalnya sekaligus sahabat karibnya, Om Steve Jobs, hampir sama.

(Publik lebih sering memandang kedua orang ini saling bersaing, padahal sebenarnya mereka itu bersahabat dengan kental sekali, sampai-sampai Gates punya saham di Apple dan sebaliknya Jobs juga punya saham di Microsoft)

"Satu-satunya yang tidak diketahui publik mengenai kami berdua adalah kami telah "MENIKAH" sejak lama." Kata Alm. Steve Jobs.

(Maksudnya MENIKAH di sini adalah sejak lama Apple & Microsoft sudah bekerjasama)

Waktu SMP dan SMA, dia sudah dipekerjakan oleh Hewlett-Packard sebagai pegawai musim panas. Dan walaupun dia berhenti kuliah, dia tetap mendatangi kelas-kelas kuliahnya dan mempelajari berbagai macam hal.

2 tahun setelah itu, dia sudah dapat diterima sebagai teknisi di Atari. Dengan pengetahuan jauh melebihi sarjana S1 seperti itu, tentu saja mereka dapat membuat sesuatu tanpa mengikuti kuliah.

Mereka putus kuliah karena mereka sudah bisa membuat sesuatu yang besar dan mengubah dunia.

(dan Tahukan kita, bahwa Bill Gates sekarang telah mendapatkan Gelar Doktor dari Universitas Harvard, setelah mengundurkan diri, dari CEO Microsoft, beliau sekolah lagi)

(Begitu juga dengan Om Steve Jobs, beliau adalah salah satu Penyumbang terbesar Universitas Stanford, Pendiri Universitas iTunes, anak paling besarnya sekarang sedang bersekolah di Universitas Harvard)


They are geniuses with dedication and work-hardness.

Yup, memang benar tidak perlu sekolah tinggi-tinggi, tetapi dengan catatan, Anda harus mempunyai suatu keahlian yang jauh lebih tinggi dibanding lulusan sekolah tinggi yang harus dipupuk dari kecil.

Mereka menghabiskan liburan musim panas dengan mengutak-atik komputer.

Apa yang kita lakukan diliburan panjang akhir tahun SMP/SMA? Selain pergi bermain bersama teman-teman, baca komik, main PES atau Winning Eleven, pa***an, ngeband, pelesiran yang gak jelas.

(which is pretty new and interesting at those age)


Bisakah Kita menggabungkan Ke-Geniusan mereka berdua?

(Bill Jobs & Steve Gates)


“Selesaikan kuliah Anda dan raihlah gelar akademis”
~Dr. Bill Gates~



Ucapan Terima Kasih Kepada:

1. Kak Fajar Sastrowijoyo, M.Eng. atas tulisannya

Studied Electrical engineering at Chungbuk National University, Cheongju, Korea.

2. Kak Arvino Mudjiarto, S. Si.
Founder and CEO at Worxcode

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar