Rabu, 07 Maret 2012

Visitasi BAN PT ke Kedokteran Gigi Unissula

Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Unissula akan divisitasi BAN PT pada Maret-April 2012. Berbagai persiapan awal dilakukan, seperti pengisian borang dan lain-lain.

Dekan FKG Unissula dokter gigi Hj Siti Chumaeroh MS mengatakan, segera divisitasinya FKG Unissula merupakan bukti konkret fakultas tersebut mengedepankan kualitas dalam proses pembelajaran.

Unissula yang telah mencanangkan diri sebagai World Class Islamic Cyber University dengan moto besarnya “bismillah membangun generasi khaira ummah” merupakan sebuah perguruan tinggi swasta tertua dan terbesar di Jawa Tengah, yang mampu memadukan antara kebutuhan dunia dan kebutuhan akhirat secara bersama-sama. Nilai-nilai keislaman inilah yang menjadi ruhnya universitas.

Unissula adalah kampus modern yang selalu membuka diri untuk setiap perkembangan zaman, dan terus membangun connectivitas dengan berbagai institusi baik di tingkat lokal, nasional maupun global. Unissula juga merupakan sebuah perguruan tinggi yang unik, dimana dalam setiap aktivitas akademisnya selalu menjunjung tinggi nilai-nilai Islam sebagaimana yang diajarkan oleh Qur’an dan hadits. Sebagai sebuah kampus yang berada di tengah menggeliatnya teknologi informasi komunikasi , maka Unissula juga telah mencanangkan diri untuk bermigrasi dari analog ke digital dengan mengusung teknologi Digital Multimedia Broadcasting (DMB) sebagai tools-nya. Teknologi ini akan menjadikan Unissula sebagai satu-satunya universitas yang melakukan convergence antara data, suara dan gambar didalam pelayanan akademis dan administrasinya.



Terlebih FKG merupakan pioner dan Fakultas Kedokteran Gigi pertama di Jawa Tengah, sehingga menjadi motivasi untuk menjadi Fakultas Kedokteran Gigi terbaik.

”Biasanya jika fakultas divisitasi BAN PT akan segera mendapatkan status terakreditasi dalam rentang bulan yang tidak lama,” kata Siti Chumaeroh, Senin (5/3).

Sejak didirikan tahun 2008, FKG Unissula mendapat sambutan sangat baik dari masyarakat. Hal ini terlihat dari animo masyarakat menempuh pendidikan di fakultas tersebut sangatlah tinggi. Perhatian masyarakat terhadap fakultas ini tak lepas dari beberapa keunggulan yang ditawarkan, baik dari sisi sarana dan infrastruktur, maupun sumber daya manusia.

Fasilitas dan laboratorium pendukung untuk mahasiswa Kedokteran Gigi sangatlah istimewa, di mana mereka melakukan riset dan praktikum di Rumah Sakit Gigi Mulut Sultan Agung.

”Hal ├îni merupakan keuntungan yang luar biasa, mengingat tidak semua Fakultas Kedokteran ditunjang fasilitas seistimewa ini. Bahkan, ke depan FKG Unissula akan memiliki dental hospital,” ungkapnya.

Pembelajaran Profesional

FKG Unissula memiliki kurikulum pembelajaran profesional yang didukung dosen pengajar yang kompeten dan berkualifikasi S-2 dan S-3 yang merupakan alumni UGM, Unair, UI, dan USU. Dukungan infrastruktur berupa laboratorium penelitian dan laboratorium komputer lengkap membantu pembelajaran mahasiswa, sehingga pembelajaran lebih efisisien. Apalagi ditunjang perpustakaan digital yang memudahkan mahasiswa mencari referensi dan literatur.

FKG Unissula saat ini telah menempati gedung kuliah dengan iklim yang kondusif dan menyenangkan serta dilengkapi wifi dengan bandwith yang bisa diandalkan.

Pembelajaran profesional di FKG antara lain kegiatan perkuliahan interaktif yang diikuti panel expert. FKG Unissula juga memakai model pembelajaran project based learning, patient based learning, CST (chair side teaching), case reflection, demonstrasi, serta observasi/survey, sehingga dapat dihasilkan dokter gigi yang dibekali soft skill, hard skill, emotional skill, dan memiliki Islamic guidance.

Untuk melahirkan dokter gigi yang ideal, dalam setiap kuliah materi pembelajaran selalu dikaitkan dengan nilai-nilai Islami, dari cara memperlakukan pasien dengan penuh sopan santun, humanis, serta tidak hanya berorientasi medical oriented.

Umur yang masih muda tidak berarti membuat FKG Unissula tidak dijadikan halangan untuk berprestasi. FKG telah mengadakan kerja sama dengan beberapa universitas, baik dalam maupun luar negeri.

Di dalam negeri, FKG Unissula menjalin kerja sama dengan UGM dan Universitas Trisakti berupa pendatangan dosen tamu dalam kuliah pakar, kerja sama dengan Universitas Indonesia (UI) berupa screening materi dan kurikulum FKG Unissula, mengingat FKG UI sudah terpercaya dan kredibilitasnya tidak diragukan lagi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar