Sabtu, 11 Juni 2011

Banjar Cyber Creative Center

Banjar Cyber Creative Center

(Gedung Banjar Cyber Creative Center Masa Depan)

Langkah Taktis Sederhana Kota Banjar dalam Mengimplementasikan E-Government

1. Setiap Instansi dan Departemen Pemerintahan di Kota Banjar haruslah mempunyai Web yang dapat di Akses oleh Masyarakat, meskipun itu sangat sederhana.

2. Manfaatkan Web Sederhana tersebut untuk proses Edukasi (Pendidikan Terhadap Masyarakat) untuk membangun "Pengetahuan Berbasis Masyarakat" (Knowledge Based Society) dan Pencitraan Baik terhadap tiap DINAS di lingkungan PEMKOT Banjar

3. Segera bergabung dengan Situs-situs jejaring sosial dalam dunia maya seperti: Friendster, Facebook, Twitter, Blog, You Tube dan lain Sebagainya. Untuk mensosialisasikan Program-program Pemerintah

4. Adakan ivent-ivent yang menyentuh kehidupan nyata dalam masyarakat kita

5. Istiqomah dalam Azzam Baik itulah yang utama.
BCS

Gedung ini antara lain akan difasilitasi ruang pelayanan publik atau ruang display informasi layanan umum dan tempat untuk mengenalkan dunia Informasi Teknologi (IT) kepada masyarakat, perdagangan, serta ruang penelitian dan pengembangan bidang industri telematika.

Gedung Banjar C3 Jadi Ikon BITC(Banjar Information and Technology Center). Selain itu, akan disediakan pula ruang untuk Studio Research and Development bidang informatika dan telekomunikasi, fasilitas untuk tenaga ahli IT dalam melakukan penelitian, ruang komputer untuk mengakses perkembangan teknologi, ruang tempat pelatihan IT, ada juga untuk ruangan display dan simulasi multimedia (auditorium), tempat seminar, diskusi dan rapat serta ruang sarana prasarana film dan animasi.

Di Gedung Banjar C3 ini pula nantinya akan dikembangkan menjadi Internet Data Centre (IDC), fasilitas penyimpanan data bagi para Internet Sevices Provider (ISP), tempat pengembangan investasi infrastruktur untuk sentral TV Kabel, fasilitas pengembangan dan produksi software untuk film dan animasi.


Demikian pula tempat untuk meningkatkan akses ICT seluas-luasnya kelokasi pemukiman, fasilitas sosial dan umum, tempat pengembangan Rumah Desain dan Packaging House untuk memberikan pelayanan jasa dibidang desain kemasan dan produk kemasan yang ramah lingkungan, serta menghasilkan inovasi teknologi pengolahan dan produksi untuk usaha kecil menengah (UKM) di Kota Banjar.

Yang tak kalah pentingnya di gedung ini adalah adanya fasilitas sosial dan umum berupa cyber cafe, fasilitas IDC dan ruang data hasil penelitian serta server utama dengan jaringan yang lengkap dapat diakses oleh masyarakat umum


Bidang Utama yang akan dikembangan oleh Pemerintah Kota Banjar nantinya adalah

1. Teknologi Informasi dan Komunikasi


2. Animasi


3. Film


4. Multimedia Pendidikan


5. Desain Komunikasi Visual


6. Creative Business


Bagi yang tertarik dengan 6 bidang tersebut juga bidang industri kreatif lainnya silahkan gabung saja di Banjar Cyber Creative Association (BCCA), Asosiasi Pelaku Industri Kreatif Kota Banjar. yang akan menampung dan mengembangkan potensi-potensi kita.










Sumber:

1. Wikipedia

2. Baros Information Technology Center, Cimahi

3. Banjar Cyber School

Para Inspirator dan Pembimbing Penulisan:

Bpk. Onno W. Purbo, M.Sc., Ph.D.

1. Dadi Darmadi, Ph.D. (Harvard University)
2. Madyani Y. Atmaja, Ph.D. (MIT)
3. Insan Arif H., S.Pd., M.Si. (UPI Bandung)
4. Drs. Ahmad Sobana, M.Pd. (SMAN 1 Banjar)
5. Agus Haeruman, S.T. (ELINS UGM)
6. Febrima Fajriana Chairin, S.Km., M.T. (FKM UI & FTSL ITB)
7. Redy S.Kom. (SMAN 1 Banjar)

Ucapan Terima Kasih Kepada Para Sahabat-sahabat
1. Nararya R. B. (UNJ)
2. Ginanjar F. M. (ITB)
3. Luqman H. (UNSOED)
4. Dian H. (IT TELKOM)
5. Sandi S. (ITB)
6. Riki (UI)
Semoga Bermanfaat dan Terima Kasih.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar