Senin, 15 Februari 2010

Belasan Siswa SMK Muhammadiyah Ikuti Ujian Kompetensi

LUBUKLINGGAU-Sedikitnya 16 siswa jurusan akuntansi SMK Muhammadiyah Lubuklinggau mengikuti ujian kompetensi. Pelaksanaan ujian kompetensi ini dilakukan berdasarkan keputusan rapat koordinasi (Rakor) subrayon tingkat SMK bertempat di SMK Negeri 3 Lubuklinggau, beberapa waktu lalu.

Kepala SMK Muhammadiyah Lubuklinggau, Jumarno mengatakan, sebelum melaksanakan ujian kompetensi berbagai persiapan telah dilakukan, salah satunya dengan mengadakan belajar tambahan yang telah dilaksanakan selama satu bulan lebih.

“Kami telah menggelar belajar tambahan, tujuannya adalah untuk mencapai hasil yang memuaskan pada pelaksanaan ujian kompetensi kali ini. Demikian juga kami harapkan pada pelaksanaan Ujian Nasional (UN) nanti,” ungkap Jumarno, kepada wartawan koran ini di ruang kerjanya, Senin (15/2).

Ditambahkannya, pelaksanaan ujian kompetensi bagi siswa SMK Muhammadiyah berlangsung selama dua hari dimulai Senin (15/2) hingga Selasa (16/2).

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK, Effendi M Ali mengatakan, berdasarkan hasil pertemuan yang diikuti seluruh SMK negeri dan swasta yang ada di Kota Lubuklinggau tersebut, rentan waktu pelaksanaan ujian kompetensi masing-masing kelompok berbeda, mengingat mata pelajaran yang diujikan tidak sama.

“Untuk ujian kelompok otomotif 26 hari, Teknik Komputer Jaringan (TKJ) 16 hari, teknik elektro 14 hari dan teknik bangunan 12 hari. Kemudian untuk kelompok bisnis dan manajemen pelaksanaannya memakan waktu cuma dua hari. Sementara itu, untuk kelompok pariwisata seperti tata boga dan busana tiga hari. Sedangkan untuk akomodasi perhotelan dua hari,” jelas Effendi M Ali, beberapa waktu lalu.

Dikatakan Effendi, perbedaan rentan waktu yang digunakan dalam ujian kompetensi dikarenakan jumlah siswa yang berbeda, serta peralatan yang belum memadai sehingga menghambat pelaksanaan ujian kompetensi tersebut.

Berdasarkan surat Mendiknas No. 178/MPN/HK/2009 tertanggal 3 Desember 2009 perihal UN tahun pelajaran 2009/2010, Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) penyelenggaraan UN 2010 SMA/MA, SMALB dan SMK 2010, UN utama 22-26 Maret 2010, susulan 29 Maret-5 April 2010 dan UN ulang 10-14 Mei 2010.
Sementara itu, UN SMP/MTs dan SMPLB pelaksanaan UN utama 29 Maret-1 April, susulan 5-8 April dan UN ulangan 17-20 Mei. Sedangkan Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN) tingkat Sekolah Dasar (SD) sederajat, UN utama 4-6 Mei, susulan 10-12 Mei. (05)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar