Senin, 15 Februari 2010

KKN Sebuah Pengabdian Kepada Masyarakat

LUBUKLINGGAU-Terhitung Senin (15/2) hingga Senin (15/3) mendatang, seluruh mahasiswa semester VIII STKIP-PGRI Lubuklinggau akan melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Dan sebagian besar mahasiswa beranggapan bahwa pelaksanaan KKN merupakan sebuah pengabdian kepada masyarakat.

Demikian diungkapkan salah seorang anggota biasa Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Lubuklinggau yang juga mahasiswa peserta KKN STKIP-PGRI Lubuklinggau, Fa’uzobihi kepada wartawan koran ini, Minggu (14/2).

Menurut rencana, para peserta KKN akan mengabdikan diri di berbagai daerah yang ada di Kota Lubuklinggau serta Kabupaten Musi Rawas (Mura). Pria yang akrab disapa Ahong berharap, melalui kegiatan ini mahasiswa bisa mengubah pola kehidupan masyarakat yang lebih baik lagi.

“Kita tidak dapat menerima pendapat bahwa ilmu pengetahuan itu tidak bermanfaat, maka dari itu sebagai mahasiswa harus membuktikannya dalam mengejar pembangunan. Tidak ada artinya bagi perjuangan manusia akademis, walaupun bagaimana kuat nafasnya jika ia hanya berdiri diluar barisan tidak menyalurkan pengetahuan dan keyakinan yang ada padanya kearah kemajuan yang diharapkan oleh banyak orang,” katanya.

Ditambahkannya, bagi mahasiswa tidak puas dengan panutan unsur rohaniah dan akal, serta unsur moral dan science maka harus dibarengi oleh unsur abdi dan bakti dalam mengejar cita-cita pembangunan. Kata-kata pengabdi, mahasiswa itu hendaknya seorang pengabdi masyarakat.

“Hendaknya apa yang terkandung dalam hati nurani yang ada di sekeliling kita dapat dipecahkan. Tujuannya untuk pengantar kearah “effectief leader” yang berdiri pribadi. Mereka yang didorong oleh kejujuran dan perasaan tanggung jawab mempunyai pemikiran dan daya kritis, yang semestinya ada pada tiap-tiap mahasiswa sebagai pengejar dan pendamba ilmu pengetahuan,” lanjut Ahong.

Seperti disinggung sebelumnya, KKN adalah suatu bentuk pengabdian terhadap masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa. Sebagaimana diketahui permasalahan pembangunan yang sangat kompleks, maka pelaksanaannya perlu ditangani secara serius. Ada tiga kegiatan yang dilakukan mahasiswa yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian.

“Oleh karena itu kepada seluruh peserta KKN nantinya, agar bisa mencapai tujuan yang diharapkan. Seperti memperdalam pengertian terhadap cara berfikir dan bekerja, memperdalam pengertian dan penghayatan terhadap pemanfaatan IPTEK. Kemudian memperdalam terhadap seluk beluk pembangunan dan perkembangan masyarakat serta mendewasakan cara berfikir, dan tumbuhnya profesionalisme pada diri mahasiswa,” pungkasnya.(05)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar