Selasa, 09 Desember 2008

Penelitian Kualitatif

OBSERVASI NATURALISTIK
ü Aktivitas siswa pada even olahraga, interaksi antara siswa dan guru di lapangan bermain, atau aktivitas anak-anak di dalam kamar, sebagai contoh yang mungkin dimengerti dengan baik melalui observasi naturalistik.

ü Banyak hasil kerja psikolog anak yang terkenal Jean Piaget melibatkan observasi naturalistik. Banyak kesimpulannya mengenai perkembangan kognitif pertumbuhan anak dengan menyaksikan pertumbuhan anak mereka sendiri

ü Pengetahuan yang mendalam diperoleh sebagai hasil pengamatan yang naturalistik, sering sebagai dasar untuk eksperimen yang lebih formal.

SIMULASI
ü Sebagai contoh, individu diminta untuk melukiskan interaksi guru BP dengan orang tua yang sedang putus asa, guru mendisiplinkan seorang siswa, atau dua pegawai administrasi mendiskusikan pandangan mereka mengenai peningkatan moril guru.

ü Terdapat dua tipe utama dari simulasi bermain peran di bidang pendidikan, bermain peran secara individual dan bermain peran secara tim.

ü Bermain peran individu, seseorang diminta untuk bermain peran bagaimana dia berpikir tindakan yang mungkin dilakukan individu tertentu dalam situasi yang diberikan. Peneliti kemudian mengamati dan merekam apa yang terjadi. Seperti sebuah contoh berikut:
Anda adalah guru BP sebuah sekolah dasar. Anda mempunyai janji dengan siswa yang sering menghina guru. Siswa baru saja tiba jam 9.00 untuk janjinya dengan Anda dan sedang duduk sebelum Anda di kantor Anda. Apa yang Anda katakan pada siswa ini?
ü Dalam bermain peran tim, sekelompok individu diminta untuk berperan pada situasi tertentu, dengan peneliti mengamati dan merekam apa yang sedang terjadi. Perhatian khusus pada bagaimana anggota kelompok berinteraksi. Dibawah ini adalah sebuah contoh:
Anda dan 5 rekan sefakultas Anda telah bersepakat sebagai kelompok khusus untuk mendiskusikan dan mencari solusi dari masalah menyangkut siswa di kelas, yang tengah ditingkatkan semester ini. Banyak masyarakat sekolah mendukung kebijakan dan telah secara terbuka mendukung siswa yang sering dibagi dalam kelompok. Tugas Anda adalah mengajukan alternatif lain yang akan diterima masyarakat sekolah. Apa yang Anda usulkan?

ü Kerugian utama simulasi adalah kepalsuan subyek. Situasi diperankan, dan tidak ada jaminan bahwa apa yang peneliti saksikan adalah apa yang terjadi secara normal dalam situasi kehidupan nyata. Hasil dari suatu simulasi yang sering disajikan sebagai hipotesis dalam jenis investigasi penelitian lainnya.

Studi kasus
ü Kasus sama sekali tidak mewakili populasi dan tidak dimaksudkan untuk memperoleh kesimpulan dari populasi.

ü Kesimpulan studi kasus hanya berlaku untuk kasus tersebut

ü Digunakan beberapa teknik pengumpulan data seperti wawancara, observasi, dan studi dokumenter yang diarahkan mendapatkan data dan kesimpulan.




PENELITIAN ETNOGRAFI












CIRI-CIRI :
· Penelitian etnografi menggabungkan observasi partisipatif dan beberapa karakteristik dari penelitian observasi non partisipatif untuk memperoleh gambaran yang mungkin secara menyeluruh dari masyarakat tertentu, kelompok, institusi, rancangan (seting), atau situasi

· Penekanan dalam penelitian etnografi adalah mendokumentasi atau menggambarkan pengalaman sehari-hari dari individu dengan mengobservasi dan mewawancarai mereka secara alamiah

· Kata kunci, dalam semua penelitian etnografi adalah wawancara yang mendalam (indepth) dan berkelanjutan, observasi partisipatif yang terus menerus dari suatu situasi.

· Peneliti etnografi jarang memulai penelitian mereka dengan hipotesis tepat yang dirumuskan diawal. Peneliti berusaha untuk mengerti situasi yang terus menerus atau sejumlah aktivitas yang tidak dapat diprediksi kemajuannya

· H.R. Bernard menjelaskan prosesnya secara singkat
Melibatkan hubungan dengan masyarakat baru dan mengubah diri anda tiap hari dengan pencampuran budaya sehingga Anda dapat mengintelektualisasi apa yang Anda telah pelajari, mengubahnyanya ke dalam pandangan Anda, dan menulis tentangnya dengan meyakinkan. Jika Anda adalah pengamat partisipatif yang sukses Anda akan mengetahui kapan untuk menertawakan tentang apa yang informan Anda pikir adalah lucu; dan ketika informan tertawa tentang apa yang Anda katakan, itu disebabkan Anda mengerti hal tersebut bisa jadi suatu lelucon

· Tujuan peneliti yang menarik dalam penelitian etnografi adalah untuk melukiskan gambaran sebuah sekolah atau sebuah kelas (atau semua rancangan pendidikan lainnya) dengan cara yang teliti, cermat dan segamblang mungkin sehingga orang lain juga dapat sungguh-sungguh menyaksikan bahwa sekolah atau kelas dan partisipannya dan apa yang mereka lakukan.

CONTOH
Satu contoh pertanyaan yang mungkin dapat diselidiki melalui penelitian etnografi sebagai berikut : ”Bagaimanakah kehidupan dalam sekolah menengah di pusat kota?
Tujuan peneliti akan mendokumentasikan atau menggambarkan kesehariannya, pengalaman yang terus menerus dari guru, siswa, pegawai administrasi dan staf di sebuah sekolah.



KEUNTUNGAN DAN KERUGIAN DARI PENELITIAN ETNOGRAFI
KEUNTUNGAN
· Memberikan peneliti pandangan komprehensif daripada bentuk penelitian pendidikan lain
· Dengan mengamati tingkah laku individu dalam rancangan natural mereka, dapat diperoleh pemahaman yang mendalam dan kaya dari tingkah laku tersebut
· Gagasan dari guru dan siswa, ide-ide, dan nuansa lain dari tingkah laku yang mungkin luput oleh penelitii yang menggunakan metode lain sering dapat dideteksi oleh peneliti etnografi
· Penelitian etnografi secara khusus cocok untuk meneliti kelompok perilaku dari waktu ke waktu

KERUGIAN
· Ketika data secara angka jarang diberikan, biasanya tidak ada cara untuk mengecek validitas dari kesimpulan peneliti. Sebagi hasilnya, penyimpangan pengamat hampir mustahil untuk dihilangkan
· Ketika hanya situasi tunggal (seperti satu kelas atau satu sekolah) diobservasi, kemampuan generalisasi hampir tidak ada
· Saat peneliti memulai pengamatannya tanpa hipotesis yang spesifik untuk menegaskan atau menyangkal, tujuan akhir tidak dapat didefinisikan, dan karena itu variabel spesifik atau hubungan yang sedang diselidiki (bila ada) tetap belum jelas

NILAI KEUNIKAN DARI PENELITIN ETNOGRAFI

Penelitian etnografi mempunyai kekuatan istimewa yang membuatnya secara khusus menarik banyak peneliti. Yaitu dapat mengungkapkan nuansa dan seluk beluk yang luput dari metodologi lain

Dengan masuk kedalam dunia subyek dan mengamati sesuatu yang terjadi pada mereka, biasanya dapat diperoleh gambaran yang lebih akurat. Peneliti etnografi mencoba meneliti orang-orang dalam habitat alami mereka atau dengan kata lain untuk ”melihat” sesuatu yang mungkin sebaliknya tidak diharapkan. Ini adalah keuntungan utama dari penelitian etnografi.

Beberapa contoh jenis penelitian ahli etnografi yang telah dilaksanakan, sebagai berikut
· Guru kota kecil
· Tanya jawab di rumah dan di sekolah: suatu studi komparatif
· Organisasi budaya tentang struktur keikutsertaan di dua kelas siswa Indian
· Etnografi mengenai permainan spontanitas anak
· Hempies dan Squeaks, Truckers dan cruisers: pengamat partisipan meneliti di sekolah menengah kota
· Perencanaan guru sekolah dasar untuk ilmu sosial dan mata pelajaran yang lain.

SAMPLING DALAM PENELITIAN ETNOGRAFI

· Tidak semuanya menggunakan sampel

· Tidak ada peneliti yang dapat mengamati segalanya. Keluasan apa yang bisa diamati adalah hanya sebagian dari apa yang bisa diamati peneliti, apa yang peneliti amati, oleh karena itu, sampel de facto dari semua pengamatan yang mungkin dapat dibuat.

· Sampel penelitian tentang seseorang oleh ahli etnografi secara khas (seringkali hanya dengan sedikit individu, atau kelas tunggal) dan tidak dibolehkan digeneralisasikan pada populasi yang lebih besar.


















Dibawah ini sebuah contoh beberapa halaman dari diari seorang penulis yang ditulis selama pengamatan satu semester mengenai kelas ilmu sosial di sekolah menengah pinggir kota.

Senin, 11/5. Hari yang dingin, hujan yang sangat lebat. Membuat aku merasa tertekan. Phil, Felix, Alicia, Robert, dan Susan datang ke kelas lebih awal hari ini untuk mendiskusikan tugas kemarin. Susan terlihat lebih kusut dibanding hari biasa, terlihat asyik ketika yang lain mendiskusikan cara untuk menyiapkan laporan kelompok. Dia tidak berbicara padaku, walaupun yang lain mengatakan salam. Saya menyesali kegagalanku mendukung idenya selama diskusi kemarin ketika dia meminta pendapatku. Berharap bahwa hal itu tidak akan mengakibatkannya menolak untuk diwawancarai.
Selasa, 11/13. Susan dan anggota kelompok lain berharap bertemu aku di perpustakaan sebelum sekolah hari ini untuk membantu laporan mereka. Tidak ada seorangpun yang datang. Perasaanku mengatakan bahwa aku telah melakukan sesuatu yang membuat berubah anak-anak ini, terutama Susan. Membuat aku marah padanya, sampai dengan sekarang kali ketiga dia mengabaikan janji denganku. Hanya pertama kali untuk yang lain. Mungkin dia lebih berpengaruh pada mereka dibanding yang aku pikir? Aku tidak merasa aku sedang mencoba segala cara untuk memahaminya, atau mengapa dia mempunyai pengaruh seperti itu pada anak yang lain.

Kamis, 11/29. Suatu yang hebat sekali! Ibu R (guru) melakukan diskusi dengan sangat baik hari ini. Nampak seisi kelas ikut berpartisipasi (catatan: periksa jumlah lembar diskusi untuk membenarkan). Saya pikir rahasia untuk memulai sesuatu yaitu mereka merasa tertarik. Apa sebabnya kadang-kadang mereka merasa biasa saja! Jadi mempunyai gagasan dan pemikiran dan lain waktu bersikap sangat masa bodoh? Saya tidak bisa menggambarkannya....

Bernard memberi suatu contoh bagaimana buku lapangan seperti itu digunakan.

Anda sedang meneliti sistem pendidikan lokal. Hari ini adalah 5 April dan Anda sedang berbicara dengan informan yang disebut MJR. Dia mengatakan pada Anda bahwa sejak pemerintah militer mengambil alih, anak-anak harus belajar politik selama dua jam tiap hari, dan dia tidak suka itu. Menulis catatan Anda dalam buku lapangan untuk menanyakan para ibu lain tentang isu ini, dan untuk mewawancarai pemimpin sekolah itu.
Kemudian, ketika Anda sedang melengkapi catatan, Anda dapat memutuskan untuk tidak mewawancarai pemimpin sekolah sampai Anda sudah mengumpulkan data lebih tentang bagaimana para ibu di masyarakat merasakan kurikulum baru itu. Pada halaman 23 April Anda mencatat: " Tanggal target untuk wawancara dengan pemimpin sekolah." Pada halaman 10 April Anda mencatat "membuat janji untuk wawancara pada 23 April dengan pemimpin sekolah." Untuk 6 April Anda mencatat "Membutuhkan wawancara yang lebih dengan para ibu tentang kurikulum yang baru.”

Nilai kegunaan dari buku lapangan adalah mempercepat peneliti untuk berpikir tentang pertanyaan yang ingin dijawab, prosedur-prosedur yang akan diikuti, dan data yang benar-benar diperlukan.

Bogdan dan Biklen menyatakan bahwa catatan lapangan terdiri dari dua macam materi; deskriptif dan reflektif. Bidang deskriptif mencatat usaha untuk menjelaskan rancangan, orang dan apa yang mereka lakukan menurut apa yang peneliti amati. Termasuk
§ Gambaran dari subyek, penampilannya secara fisik, perangai, sikap, bagaimana mereka bertindak, berbicara, dan seterusnya
§ Rekonstruksi dari dialog, percakapan antar subyek, seperti halnya apa yang mereka katakan pada peneliti. Keunikan atau pernyataan tertentu harus dikutip
§ Deskripsi mengenai rancangan secara fisik, sketsa cepat dari pengaturan ruang, penempatan dari materi, dan seterusnya
§ Melaporkan even-even tertentu yang meliputi, kapan, di mana, dan bagaimana
§ Deskripsi aktivitas, deskripsi terperinci apa yang terjadi, dengan urutan di mana itu terjadi
§ Tingkah laku peneliti, tindakan peneliti, pakaian, percakapan dengan peserta, reaksi, dan seterusnya

Catatan lapangan reflektif menyajikan lebih banyak apa yang peneliti atau dirinya sedang pikir tentang yang dia amati. Sebagai berikut :
§ Refleksi atas analisis spekulasi peneliti tentang apa yang ia sedang pelajari, gagasan yang dikembangkan, pola atau hubungan yang dilihat, dan seterusnya
§ Refleksi atas prosedur metode dan bahan yang peneliti gunakan di penelitian, komentar tentang desain penelitian, permasalahan yang sedang timbul, dan seterusnya
§ Refleksi atas dilema secara etis dan konflik seperti semua hubungan yang timbul atas tanggung-jawab pada subyek atau konflik nilai
§ Refleksi pada kerangka pikiran pengamat, seperti pada apa yang peneliti pikir sebagai kemajuan penelitian, sikapnya, pendapat, dan kepercayaan, dan bagaimana ini dapat mempengaruhi penelitian tersebut
§ Poin-Poin klarifikasi, catatan peneliti tentang berbagai hal yang perlu untuk diperjelas, dicek kemudian, dan lain lain.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar