Minggu, 21 September 2008

Agen mossad Memimpin Israel

Timteng Makin Membara! Israel Dipimpin Cewek Agen Mossad
Menlu Israel Tzipi Livni terpilih menggantikan Perdana Menteri (PM) Ehud Olmert sebagai ketua partai berkuasa, Kadima. Livni, seorang mantan agen Mossad tapi beraliran moderat, unggul tipis 1,1 persen dari pesaing utamanya, mantan Menteri Pertahanan Shaul Mofaz.


“Tanggung jawab nasional kepada publik membawa saya mendapatkan tugas ini dengan rasa hormat luar biasa,” kata Livni, beberapa saat setelah hasil pemilihan diumumkan, Kamis (18/9). Livni mempunyai waktu 42 hari ini membentuk pemerintahan koalisi baru. Jika berhasil, dia akan menjadi wanita Israel pertama sebagai perdana menteri sejak Golda Meir yang turun pada 1974. Jika Livni gagal, pemerintah akan melaksanakan pemilu awal 2009.


Olmert yang mundur sebagai ketua partai karena terkait kasus dugaan korupsi tetap menjadi pemimpin sementara sampai parlemen menyetujui kabinet baru. Juru bicara Olmert, Mark Regev, mengatakan, bosnya menelepon Livni dan mengucapkan selamat atas kemenangannya. Menurut Regev, Olmert akan memberitahu kabinet, Minggu (21/9), bahwa dia mundur. “Setelah itu dia akan mundur,” kata Regev.


Livni pernah menjadi pengacara top. Ia berpangkat letnan di militer Israel saat menjadi agen Mossad dan bertugas di Paris pada usia 20-an tahun. Sejumlah laporan menyebutkan, dia aktif terlibat perburuan teroris di Eropa.


Kedua orangtuanya adalah anggota kelompok Irgun, yakni organisasi Yahudi garis keras yang meledakkan markas Mandat Inggris di King David Hotel pada 1946. Livni kini menjadi ketua tim negosiasi untuk pembentukan dua negara merdeka dengan para pemimpin Palestina di Ramallah. Ny Livni menikahi seorang eksekutif perusahaan iklan dan dikarunia dua anak. (okezone)
sumber: muhsin labib

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar