Minggu, 05 Oktober 2008

Bank Soal



Download Soal Ujian Nasional (gratis )



di edit dan di tambah oleh: Arip Nurahman

Ujian Nasional (UN) merupakan istilah bagi penilaian kompetensi peserta didik secara nasional pada jenjang pendidikan dasar dan menengah.

Pengertian Standard Setting Ujian Akhir

Pada era global saat ini, semua Negara berkompetisi untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Tingkat pendidikan penduduk sering dijadikan indicator kemajuan suatu bangsa. Oleh karena itu peningkatan kualitas pendidikan harus dilakukan secara terus menerus dan berkelanjutan.

Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003, pada bab XVI pasal 57 sampai dengan 59 tentang Evaluasi menyatakan bahwa dalam rangka pengendalian mutu pendidikan secara nasional dilakukan evaluasi sebagai bentuk akuntabilitas penyelenggara pendidikan kepada piha-pihak yang berkepentingan. Lebih lanjut dinyataka bahwa evaluasi dilakukan oleh lembaga yang mandiri secara berkala, menyeluruh, transparan, dan sistematik untuk menilai pencapaian standar nasional pendidikan dan proses pemantauan evaluasi tersebut harus dilakukan secara berkesinambungan.

Proses pemantauan evaluasi tersebut dilakukan secara terus menerus dan berkesinambungan pada akhirnya akan dapat membenahi mutu pendidikan. Pembenahan mutu pendidikan dimulai dengan penentuan standar.

Penentuan standar yang terus meningkat akan mendorong peninhkatan mutu pendidikan. Yang di maksud dengan penentuan standar pendidikan adalah penentuan nilai batas (cut off score). Seseorang dikatakan sudah lulus/kompeten bila telah melewati nilai batas tersebut berupa nilai batas antara peserta didik yang sudah menguasai kompetensi tertentu dengan peserta didik yang belum menguasai kompetensi tertentu. Bila itu terjadi pada ujian nasional atau sekolah maka nilai batas berfungsi untuk memisahkan antara peserta didik yang lulus dan tidak lulus disebut batas kelulusan. Kegiatan penentuan batas kelulusan disebut standard setting.


Manfaat Standard Setting Ujian Akhir

  1. Adanya batas kelulusan setiap mata pelajaran sesuai dengan tuntutan kompetensi minimum.
  2. Adanya standard yang sama untuk setiap mata pelajaran sebagai standard minimum pencapaian kompetensi.

Perlunya Standard Setting Ujian Akhir

Selama ini penentuan batas kelulusan ujian nasional ditentukan berdasarkan kesepakatan antar pengambil keputusan (stakeholder) saja. Batas kelulusan itu ditentukan sama untuk setiap mata pelajaran. Padahal karakteristik mata pelajaran dan kemampuan peserta didik tidaklah sama. Hal itu tidak menjadi pertimbangan para pengambil keputusan pendidikan. Belum tentu dalam satu jenjang pendidikan tertentu, tiap mata pelajaran memiliki standar yang sama sebagai standar minimum pencapaian kompetensi. Ada mata pelajaran yang menuntut pencapaian kompetensi minimum yang tinggi, sementara mata pelajaran lain menentukan tidak setinggi itu. Keadaan ini menjadi tidak adil bagi peserta didik, karena dituntut melebihi kapasitas kemampuan maksimalnya.

Strategi Perancangan

Penyusunan standard setting dimulai dengan penentuan pendekatan yang digunakan dalam penentuan standar. Ada tiga macam pendekatan yang dapat dipakai sebagai acuan yaitu:

  1. Penentuan standar berdasarkan kesan umum terhadap tes
  2. Penentuan standar tes berdasarkan isi setiap soal tes
  3. Penentuan standar berdasarkan skor tes

Pada akhir kegiatan diambil kesimpulan dan pembukuan standar setting berdasarkan tiga pendekatan tersebut untuk menentukan batas kelulusan.

Kepada pengunjung yang budiman anda dapat mendownload soal-soal di bawah ini.

http://www.smktjp.net/download/smkmatekind1.pdf

http://www.smktjp.net/download/smkmatekind2.pdf

Semoga bermanfaat

Ditulis dalam UAN/UNASTEST, kUMPULAN SOAL UAN

Free Download (Materi Soal UAN SMP, SMA & SMK 2007)


SMP
Bahasa Indonesia.pdf
Bahasa Inggris.pdf
Matematika.pdf

SMA
Bahasa Indonesia IPA-IPS.pdf
Bhs Ind-BHs.pdf
Bahasa Inggris.pdf
Matematika.pdf
Ekonomi.pdf
Bhs Arab.pdf
Bhs Jepang.pdf
Bhs Jerman.pdf
Bhs Mandarin.pdf
Bhs Perancis.pdf

SMK
Bahasa Indonesia.pdf
Bahasa Inggris.pdf
Matematika Sosial, Administrasi Perkantoran & Bisnis Manajemen.pdf
Matematika Seni, par & Tek.Kerumahtanggan.pdf
Matematika Teknologi, Kesehatan & Pertanian.pdf

Era of globalization demands that make the information as a resource acceleration of economic behavior, political, social, and cultural, causing the flow and absorption of information through electronic media is fast-paced too.

Konteks globalisasi ini juga tidak terhindarkan dalam kebijakan yang terkait dengan tata kelola (governance) kelembagaan. Informasi-informasi yang terkait dengan kebijakan-kebijakan pembangunan pendidikan harus secara serta merta menyesuaikan diri dengan tuntutan-tuntutan perubahan masyarakat lokal dalam prospektif global yang serba cepat pula. Kaidah think globally, act locally adalah salah satu cerminan tentang bagaimana informasi di kawasan dunia dan antar negara memiliki peluang yang sangat cepat untuk merubah perilaku budaya lokal setempat melalui penetrasi informasi.

Karena obyek pembangunan pendidikan adalah masyarakat sebagai entitas suatu bangsa, maka informasi yang disampaikan juga harus merupakan media komunikasi yang mengandung makna pendidikan dan pembelajaran, sehingga perubahan perilaku yang diakibatkannya merupakan perubahan perilaku kolektif dari suatu bangsa dalam proses membangun.

Untuk menjawab tantangan inilah laman www.depdiknas.go.id dijadikan salah satu sumber informasi pendidikan dan pembelajaran yang mampu memberikan kontribusi positif dalam merubah perilaku membangun bangsa agar memiliki perilaku membangun yang sarat dengan pengetahuan (knowledge based society).

Salah satu kontribusi positip dari Depdiknas sehubungan dengan kaum terpelajar atau siswa adalah diterbitkannya secara resmi Kisi-kisi Ujian Nasional Tahun Ajaran 2009 / 2010 Untuk Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah termasuk Paket A, B, C, dan Paket C Kejuruan.


Download Kisi – kisi Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2009/2010

Download Kisi-kisi Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN) Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah/Sekolah Dasar Luar Biasa (SD/MI/SDLB) Tahun Pelajaran 2009/2010 (Peraturan Mendiknas Nomor 74 Tahun 2009)

Download Kisi-kisi Ujian Nasional Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs), Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa (SMPLB), Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA), Sekolah Menengah Atas Luar Biasa (SMALB), dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Tahun Pelajaran 2009/2010(Peraturan Mendiknas Nomor 75 Tahun 2009)

Download Perubahan Kisi-kisi UN (Perubahan PP 75)

Download Penjelasan Lengkap Kisi-kisi UN 2010 setebal 53 halaman ( Tidak / belum dipublish oleh situs Depdiknas).

Download Kisi-kisi Ujian Nasional Program Paket C Kejuruan Tahun 2009 (Peraturan Mendiknas Nomor 76 Tahun 2009)

Download Kisi-kisi Ujian Nasional Program Paket A, Program Paket B, Program Paket C, dan Program Paket C Kejuruan Tahun 2010 (Peraturan Mendiknas Nomor 77 Tahun 2009)

Download POS Ujian Nasional

Download POS UASBN SD / MI 2010

Download POS UN SMP / MTS 2010

Download POS UN SMA / MA / SMK dan sederajat 2010

Artikel Terkait


Semoga kita semua banyak berlatih dan selamat berjuang menuju masa depan yang lebih baik dengan penuh harapan bagi bangsa dan negara Tercinta.

-"Keep Fighting, Spirits and Do the Best"-


Sumber:
1. Puspendik
2. Ujian Nasional Org.
3. Mr Frans pada Januari 8, 2008


Arip Nurahman

Pendidikan Fisika, FPMIPA Universitas Pendidikan Indonesia

dan

Follower Open Course Ware at MIT-Harvard University, Cambridge. U.S.A.

Terima Kasih, Semoga Bermanfaat

Perbaikan Ke:

1. 21-01-2010

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar