Kamis, 03 April 2008

Ayo Belajar dan Tumbuhlah!

Beberapa fakta negatif di dunia pendidikan memang bisa membuat kerut kita berkening atau membuat nafas kita tiba-tiba menjadi terasa berat. Beginikah seharusnya pendidikan diperlakukan? Namun sadarilah bahwa kita tak akan mampu mengubah apapun hanya dengan keluh kesah. Sebuah ungkapan dari seorang Sastrawan Rusia Leo Tolstoy membuat saya tersenyum, "Semua ingin mengubah dunia, tetapi tak ada yang ingin mengubah diri sendiri".

Mari mulai dari keluarga. Mulailah dari diri kita dan kemudian anak-anak kita. Bisa jadi kita merasa tidak berperan dalam mengubah masyarakat menjadi lebih baik, tapi bayangkan jika setiap keluarga berkomitmen untuk menjadi yang terbaik, tanpa harus bilang-bilang, tanpa harus berorasi, tanpa harus bersilat kata dengan pihak-pihak yang bertentangan, kumpulan keluarga-keluarga itu adalah gelombang yang secara alami akan mengikis keburukan.

Hanya belajar yang akan membuat kita tumbuh menjadi makin berkualitas. Maka belajarlah di manapun, dari keadaan apapun, dari siapapun. Mari belajar terus setiap hari dari apapun yang kita jalani, dari momentum yang direncanakan ataupun momentum yang singgah tak sengaja.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar