Jumat, 18 April 2008

Cerpen

Bismillahirrohmanirohim
Allahumma Sholli ala Muhammad wa Ai Muhammad
Salam Ade……….
Bagaimana kabarnya, sudah lama ya, mas tidak pulang? beberapa bulan ini mas sibuk dengan tanggung jawab mas, jadi mas baru sempat membalas surat ade, maafkan mas ya...? loh ko ade cemberut g-i-t-u ayo senyum donk..? Nah gitu kan keliatan manis, walaupun terlambat tapikan mas tetep bales surat ade, kan ade tahu tempat mas yang sekarang agak jauh dari akses informasi, ini saja juga kebetulan mas sedang ada liburan jadi bisa mampir kewarnet. Oia sudah lama mas nyelsaikan pesanan ade, beberapa hari setelah mas dapat surat ade mas mulai menulis ringkasan yang ade pesankan sebab mas takut lupa dengan pintaan ade.
Mas sangat bangga dengan ade, semangat ade untuk mengkaji ilmu membuaat mas sangat salut, mas selalu mendapat angin segar disaat membabaca surat-surat yang ade kirimkan, mas ucap trimakasih atas bingkisan ulang tahun dari ade. Dalam tulisan ade itu mas mendapati sebuah wacana yang ade tawarkan dan itu membuat mas berdecak kagum, demi Allah mas sangat bangga dengan ade. Karena itu jangan pernah merasa jemu untuk terus menggali ilmu. Cukup mas saja yang mengalami ketidakmaksimalan dalam penggalian keilmuan, dampak terbesar dari kesalahan mas untuk mengabaikan keilmuan sangat mas rasakan sekarang, terlebih media untuk menggali sangat sulit mas dapatkan. Mas hanya bisa berdo’a mudah-mudahan Allah senantiasa memberikan tambahan kekuatan untuk kita dalam menjaga dan menghiaskan kebenaran yang sudah kita temukan. Semoga kita mampu menjadi hiasan bagi ahlul Bait atau minimal tidak menjadi pemberi citra buruk atas mereka Amin Allahumma Amin………

Sebelumnya mas minta tolong sampaikan salam mas buat bapak ibu juga kakak. Mas kangen pada kalian semua. Buat ibu jangan lupa diingatkan ya dik, jangan sampai lupa menjaga kesehatan. Kita semua berhutang budi pada beliau dan selamanya tidak mungkin kita bisa membalas budi baik yang telah beliau berikan dan juga rangkai perjuangan yang telah beliau suguhkan hingga kita semua terdidik sebagai para pecinta kebenaran serta berkesempatan mengenalnya lebih dalam insyaallah.

Semakin dalam mas mengkaji keilmuan yang ada, mas semakin bertambah yakin. Demi Dia yang senantiasa kita berada dalam genggaman pandangan-Nya. Semakin dalam hanya tumpuk simpul rasa syukur yang dapat mas tumpukan. Beberapa kesempatan mas mencoba membuka modul-modul dengan tema ilmu alam. Ilmu yang mas remehkan pada saat mas masih seusia ade. Mas ingin cerita semoga dengan cerita ini dapat mengisi rasa sesal yang mas rasakan, jangan sampai ade mengulangi kesalahan yang mas lakukan.

Ade yang mas sayangi, masalah yang ada disekitar kita adalah khasanah luas tempat menggali ilmu, alam semesta adalah perpustakaan yang tak akan pernah kering dari nilai-nilai keilmuan. Ada salah satu bagian dari penyusun tubuh kita yang jarang dipedulikan oleh kebanyakan orang. Sel, yah salah satu materi kuliah biologi yang mas abaikan pada waktu itu. Dik, sel adalah salah satu ciptaan yang sangat menakjubkan. Pada awalnya kebanyakan orang menilai bahwa sel itu sesuatu yang sederhana. Pemikiran semacam ini berkembang pada abad 19 setelah seorang ilmuan mengemukakan sebuah teori tetang kejadian alam semesta yang dinilai hanya merupakan sesuatu yang tiba-tiba ada. Dik, kita semua dituntut untuk senantiasa kritis dengan segala hal. Jangan mudah menerima informasi yang sampai pada kita dan juga jangan langsung menolaknya. Untuk informasi ini ade juga perlu mempertimbangkan apakah semua yang mas utarakan itu berdasarkan hal yang dapat diterima dengan akal ataukah tidak. Mas berusaha memakai prinsip itu namun siapa tahu ada kesilapan hingga mas kurang teliti. Mudah-mudahan mas diberi petunjuk hingga terjaga dari ketergelinciran, ade doakan mas juga ya?

Mas menemukan sebuah teori yang dikemukakan Maycle Denton dia seorang imuwan kenamaan. Teori yang dia kemukakan sekaligus mengcounter pendapat yang dikemukakan Charles Darwin yang menilai bahwa semua ini ada hanya dengan konsep kebetulan. Rahasia besar tentang sel memukul dengan telak pendapat konsep kebetulan dalam kejadian alam semesta ini. Rahasia dari keunikan, ragam, jenis serta kerumitan yang dalam dari semua ciptaan yang ada. Semua akan sampai pada kesimpulan yang sama yaitu pada suatu sebab tunggal yang tidak disebabkan oleh sebab lain. Sel adalah titik kecil yang menyusun makhluk hidup, jadi coba kita membahas hal itu lebih dalam. Ade juga mendapat materi ini kan? Semoga apa yang mas paparkan ini bisa jadi tambahan refrensi untuk ade.

Di dalam teorinya, Delton menjelasakan bahwa agar kita bisa memahami realitas kehidupan. Kita perlu melakukan perbesaran bentuk sel yang merupakan unsur terkecil penyusun mahkluk hidup hingga ukurannya jutaan kali lebih besar, sehingga bentuk sel tampak memiliki panjang 20 kilo meter. Disitu sel akan tampak sebagai sebuah rangkaian kompleks layaknya kapal pesawat besar yang dikelilingi lubang-lubang yang senantiasa aktif dan terlihat dalam tiap detiknya ada sesuatu yang keluar masuk dari lobang tersebut. Biar ade ada gambaran kita mulai ceritannya ya! Sholawat dulu yuuk….!

Shola ala Muhammad wa Ali Muhammad

Gini dik, mas mau cerita tentang kerajaan sel. kerajaan sel punya tamu yang sering datang kekerajaannya namanya hormon. Pada awalnya hormon mencari kerajaan sel yang sesuai dengannya. Seperti juga ade. Ade pada teman pasti pilih yang sesuai kan? Sebaiknya memang seperti itu, kita memang disuruh pandai-pandai dalam mencari teman.

Deeek. Pada saat hormon mendekati sel, sel juga tidak kalah, Dia juga menyeleksi apakah hormon itu baik untuk dia atau tidak. Untuk keperluan ini Dipermukaan kerajaan sel terdapat gerbang-gerbang khusus dimana pada setiap gerbang tersebut terdapat tempat untuk mendeteksi apakah yang datang itu berbahaya atau tidak bagi kerajaan sel. Hormon sangat bermanfaat bagi kerajaan sel namun ketika akan masuk dia juga diteliti sedemikian rupa hingga diketahui mengandung virus perusak atau tidak. Ketika mengandungi virus perusak maka secara sistematis bagian pintu sel akan menolak hormon atau apapun yang datang pada gerbang sel. Jadi hanya hormon yang baik yang diperbolehkan masuk dalam kerajaan raksasa sel.

Ketika ada Hormon yang masuk karena mampu melewati klasifikasi yang ketat dia langsung diterima oleh protein khusus yang disebut dengan enzim. Hormon akan segera diaktifkan sesuai perintah otak dari semua sistem kerajaan sel yang disebut dengan inti sel ketika memang diperlukan. Ketika tidak maka hormon akan dikawal enzim hingga pintu gudang penyimpanan. Gudang tersebut dikenal dengan Aparatus Golgi.

Tamu kerajaan sel yang lain adalah Molekul Insulin. Berbeda dengan hormon walau sama-sama dibutuhkan kerajaan sel namun ukuran molekul insulin teramat besar sehingga tidak dapat melewati pintu gerbang yang digunakan oleh hormon tadi. Sistem kerajaan memiliki cara lain untuk menyambut tamu yang satu ini. Sampai disini gimana dik, apakah ada gambaran betapa besar kerumitan dan terstrukturnya kerajaan sel? Mudah-mudahan ade mendapat kejelasan dan tidak jemu meneruskan alur cerita yang mas buat.

Dalam menyambut tamu yang dibutuhkan oleh kerajaan sel ini, Kerajaan sel menyiapkan alat khusus yang berbentuk seperti belalai dan dijulurkan untuk memasukkan sekaligus menyeleksi ada tidaknya kandungan yang berbahaya yang bisa merugikan kerajaan sel. Ketika Insulin sudah masuk, molekul gula didalamnya diambil dan diangkut oleh zat pengangkut yang dinamakan dengan enzim ke Mitokondria. Suatu tempat dari kerajaan sel yang merupakan pusat pembangkit energi dari sistem kerajaan sel. Jadi semua energi yang diperlukan oleh kerajaan sel diproduksi pada bagian ini.

Pada pembangkit Yang disebut mitokondria itu semua molekul yang mengandungi energi dipecah dan diolah sehingga bisa menjadi energi yang bisa dimanfaatkan oleh kerajaan sel. Salah satu produk dari Mitokondria adalah molekul ATP. Molekul ATP terbentuk setelah melalui proses yang rumit. Molekul ini disalurkan kedalam jaringan–jaringan yang ada dalam kerajaan sel secara sempurna sesuai proporsi yang diperlukan.

Untuk mempercepat proses transportasi dalam kerajaan sel juga terdapat saluran khusus yang disebut Retikulum Endoplasma. Retikulum Endoplasma tidak hanya berfungsi sebagai tempat untuk dilewati, lebih dari itu sistem pengangkutan yang ada dalam kerajaan juga menjadi kewenangan divisi kerajaan sel ini.

Semua sistem yang ada hanya bisa berjalan pada saat otak pengatur dari kerajaan tetap eksis (tetap ada) menjalankan tugasnya. Otak pengatur kerajaan sel disebut dengan Inti sel. Inti sel adalah pusat informasi dari kerajaan sel. Sebagai otak didalam sistem kerajaan sel, Intisel memiliki sistem yang jauh lebh rumit dibandingkan bagian sel yang lain. Semua file-file (data-data) penting tersimpan rapi didalam gudang-gudang penyimpanan dibawah pusat pengendali sistem kerajaaan ini. Sistem penyimpanan dalam inti sel tersusun begitu sempurna sehinga tidak pernah terjadi suatu kesalahan pengeluaran data yang dibutuhkan oleh kerajaan ketika sewaktu-waktu diperlukan. Pengaturan didalamnya tertata rapi dan terjaga dari segala jenis kerusakan kecuali terjadi kerusakan secara keseluruhan dari kerajaan sel. Misalnya ketika kerajaan sel terbakar atau terjadi pembusukan dikarenakan ada kerusakan fatal pada divisi pembangkit energi kerajaan yaitu mitokondria

Didalam inti sel terdapat bagian yang disebut dengan kromosom. Oia Dik, sekarang sudah jam 01.36 dini hari tadi mas kerja seharian jadi mas butuh istrirahat, untuk cerita kerajaan sel mas teruskan besok tidak apa-apa ya?

Sekarang tentang masalah ade dengan kakak kelas ade. Wah ade sekarang sudah gede rupanya sampai dikejar-kejar kayak gitu. Mas harus bangga dunk punya ade berakhlak mulia udah gitu manis, pinter, cerdas, dan cantik pantes banyak yang naksir. Dedek yang mas sayang, keinginan kaum pria untuk mendapat pasangan pada jenjang usia seumuran ade itu adalah hal yang normal, hal itu sangatlah manusiawi. Namun disisi lain hal yang manusiawi itu ketika tidak diperhatikan dan disikapi dengan bijak juga akan sangat buruk dampaknya. Sifat manusiawi yang sarat dengan kemuliaan itu akan berubah menjadi hewani atau kalau sudah parah akan berada setingkat dengan iblis.

Ade, seperti yang sudah sering mas singgung bahwa sebagai calon ibu ade harus menjadi wanita yang cerdas, seperti apakah wanita yang cerdas itu? Mengapa seorang ibu perlu menjadi sosok-sosok cerdas? Salah satu tantangan dari para calon ibu setelah mereka memasuki jenjang pernikahan adalah adanya suatu permasalahan. Ibu yang cerdas tidak akan pernah bergantung pada siapapun dalam menghadapi segala permasalahan, keculai hanya pada Allah Dzat tempat bergantung. Dalam realitasnya dia akan berusaha memecahkan segala permasalahan yang dihadapi dalam kehidupan rumah tangga yang ia bina dengan suami tercinta, dengan suami ade nantinya. Suami ade pasti akan sibuk dengan kewajiban yang ia panggul sebagai seorang suami jadi ketika ade mampu mencari pemecahan secara mandiri hal itu akan sangat baik adanya.

Sebuah nilai lebih ketika ade mampu memecahkan permasalahan yang kini sedang ade hadapi. Disisi lain mas juga sadar bahwa untuk menjadi seorang ibu cerdas semua itu perlu adanya latihan-latihan, jauh-jauh hari sebelum memasuki jenjang pernikahan, para pemuda dan pemudi adalah para calon orang tua. Mas harap ade sudah memulai mensiapkan diri untuk hal itu mulai saat ini, dari jauh mas tidak akan pernah berhenti mengiring do’a demi keberhasilan cita-cita mulia ade. Mas akan membantu sebisa yang mas mampu. Seperti yang ade tahu dulu mas tidak purna dalam menyelsaikan study mas. Dulu mas setengah hati dalam menggali potensi keilmuan yang ada. Karena itulah mas sering mengingatkan ade agar tidak terjerembab pada lobang yang pernah mengungkung perkembangan mas.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar