Kamis, 17 April 2008

ENSIKLOPEDI TOKOH SAINS (ARYABHATA)

ARYABHATA
Aryabhata atau Aryabhatta (sekitar 476-550), adalah ahli astronom dan ahli matematika India.
Dia lahir di Pataliputra (kini Patna, India). Di kalangan ilmuwan Arab dia dikenal dengan sebutan Arjehir, dan tulisan-tulisannya diakui telah banyak mempengaruhi ilmu sains yang berkembang di Arab.
Naskah tulisan Aryabhata yang masih dikenal sampai sekarang adalah Aryabhatiya, serangkaian aturan matematika dan astronomi yang ditulis dalam bentuk puisi 121 bait dalam bahasa Sansekerta. Puisi ini menjelaskan bagaimana menyelesaikan berbagai soal matematika, misalnya bagaimana mengetahui luas segitiga dan lingkaran, serta volume sebuah bola atau piramida. Walaupun sebagian besar rumus geometri Aryabhata itu tidak tepat benar.
Dalam Aryabhatiya dijelaskan pula mengenai posisi Matahari dan Bulan, bagaimana gerhana terjadi. Aryabhata mampu menghitung waktu satu tahun kalender dengan akurat. Sesuatu yang luar biasa untuk ilmuwan pada masa itu. Dia juga mengatakan bahwa Bumi berbentuk bola berputar pada porosnya sekaligus berputar mengelilingi Matahari. Kita tahu bahwa para ilmuwan di Eropa baru beberapa abad kemudian menemukan teori bahwa Bumi berputar mengelilingi Matahari.Di India, karya-karya Aryabhata masih dibaca oleh para pelajar seribu tahun setelah kematiannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar