Rabu, 29 April 2009

Tafsir Surah Yasin

Tafsir surah yasin
adik ini kakak bawa tafsir surah yasin dri kota Qom. Kakak bahas untuk adik ya.

Bismillahirrahmanirrahim
ayat 1-4
'yasin'adl sebutan nama Nabi Muhammad
'hakim' bisa bermakna 'yang memiliki hikmah' atau bermakna'kuat, teguh' seperti dlm surah Hud dikatakan 'Uhkimat ayaatuh' (ayat2Nya yang kuat)

Dihadapan tuduhan berupa ahli sihir, orang gila dan semacamnya Allah menekankan dan bersumpah untuk risalah rasulNya. Dengan menggunakan quran yg suci.
Disisi lain Allah tidak butuh pada sumpah jadi ketika muncul ungkapan sumpah hal itu bermakna penekanan pada pembahasan yang berkaitan atau menunjukkan nilai pentingnya dari yang lain.

Empat ayat diatas memberitahukan bahwa dalam alquran tidak sebesar jarum pun terdapat titik kebatilan semua adalah pembahasan yang kuat 'walquranil hakim'
Ucapan sumpah Allah menunjukkan pada keagungan dan Kesucian sesuatu yang digunakan untuk bersumpah. Disini yg digunakan adalah alquran jadi alquran memang agung dan mulia.

Dihadapan pencelaan dan pelecehan diperlukan suatu pembelaan. Dan Allah mengatakan 'innaka laminal mursalin' sesungguhnya engkau orang yang diutus dan Allah juga mengatakan 'innaka la'ala khuluqin adhim' dan sesungguhnya padamu terdapat akhlak yang agung.

Ada tambahan, adalah tidak bijak ketika tuan rumah mengundang seseorang tapi tidak menunjukkan rute ke rumahnya.Disini Allah mengundang manusia u ke rumah hidayah karenanya Allah mengirim Rasul dan memberi wasilah berupa AlQuran.
Adakah tuan rumah yang lebih baik dari Allah? Adakah jalan dan penunjuk lebih utama dari Quran dan Nabi? Adakah rumah yg lebih baik dari Rumah Hidayah dan kesempurnaan?
Dan Allah bersama orang yang senantiasa bersyukur.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar