Rabu, 09 Desember 2009

Sekolah Alam

Sekolah Alam Cikeas

Intro:


Sekolah alam adalah sebuah model pendidikan yang berusaha mengadaptasi apa yang telah dibuktikan oleh Rasulullah SAW pada masanya ke masa kini dan masa di mana generasi Rabbani kelak menjadi pemimpin di muka bumi. Sekolah Alam berusaha mengembangkan pendidikan bagi semua (seluruh ummat manusia) dan belajar dari semua (seluruh makhluk di alam semesta).


Sekilas Pandang


Kemerdekaan berarti kebebasan manusia untuk menentukan bagaimana mereka mengatur dirinya sendiri dan merencanakan masa depan generasi berikutnya. Namun saat sekelompok orang meraih kemerdekaan mereka harus menghadapi banyak rintangan dalam membangun sebuah bangsa. Hanya dengan pendidikan yang baik akan menjadikan bangsa itu besar dan bermartabat. Sekolah alam adalah salah satu cara yang tepat untuk mendidik anak bangsa menjadi pemimpin dunia, dimana alam mendekatkan mereka kepada penciptanya dan mengajarkan mereka untuk bersyukur atas nikmat yang diberikan. Dengan nikmat yang tuhan berikan berupa kekayaan alam kita harus mendidik rasa kemanusiaan yang adil dan beradab dalam pemanfaatan alam bagi keberlangsungan hidup kita serta terus membangkitkan rasa persatuan dari keberhasilan yang kaya di bumi Indonesia agar terus berjaya berikut kekayaan alamnya.


Sekolah alam sangat menitik beratkan pembelajaran ahlak agar melahirkan pemimpin yang mengacu pada fungsi penciptaan anak manusia sebagai khalifatullah fil Ardh yang mengharuskan wujudnya ahlakul kharimah. Untuk mencapai keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.


Profil


Sekolah Alam Cikeas diselenggarakan dibawah payung hukum Yayasan Kepedulian Puri Cikeas, sebuah lembaga nirlaba yang bergerak dalam bidang sosial, pendidikan dan kemanusiaan.

Yayasan Puri Cikeas dipimpin oleh :


Drs. Suratto Siswodihardjo (Ketua Umum)


Ir Eri Purnomohadi (Sekretaris Jendral)


Ir. Hendra Utama Tahir (Ketua Bidang Pendidikan).


Manajemen Sekolah Alam dibagi menjadi dua, yaitu :

Kegiatan Belajar Mengajar (KBM)


Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) yang terdiri dari Kepala Sekolah, fasilitator kelas, fasilitator IT, fasilitator Audio Visual, fasilitator Greenlab, fasilitator perpustakaan, dan fasilitator Agama.

Operasional


Tim operasional dibentuk sebagai penunjang KBM, dengan penekanan pada pengelolaan fasilitas yang terdapat di Sekolah Alam Cikeas agar berfungsi optimal.


Visi & Misi


Menjadi Sekolah Terdepan yang Mencetak Generasi Pemimpin Berkarakter. Membangun Sistem Pendidikan Berbasis Alam dengan Kualitas Pembelajaran Berstandar Internasional Sekaligus Melakukan Konservasi Alam di Lingkungan Sekitarnya.


Menyelenggarakan Pendidikan Yang Membangun Manusia yang Berpengetahuan, Berbadan Sehat, dan Berakhlak atau Berbudi Pekerti Luhur.


Mengembangkan Pendidikan Berkualitas yang Dapat Dinikmati oleh Masyarakat Umum di Berbagai Daerah.


Aktifitas


Kurikulum

Mengacu standar kompetensi yang ditetapkan Depdiknas dan menjadikan alam sebagai media belajar dalam rangka pembentukan karakter anak. Kurikulum ini diintregasikan dengan pengalaman yang distrukturkan yang didapat siswa di alam melalui metode Spider Web.


Kurikulum Sekolah Alam Cikeas terintregrasi dalam :

  1. Kurikulum akhlak, melalui konsep tauladan pengembangan EQ (Emotional Quotient) dan SQ (Spiritual Quotient) yang diimplementasikan secara praktis.

  2. Kurikulum Sains, disusun secara holistik menggunakan spider web agar logika ilmiah siswa berkembang secara integral. Sehingga mampu atau terbiasa mengamati fenomena alam, mencatat data, melakukan eksperimen, dan membentuk sebuah teori.

  3. Kurikulum Leadership, kegiatan utama berupa Outbond mental education untuk membentuk karakter anak yang memuncak pada kepemimpinan dengan mengembangkan nilai-nilai adil, amanah, musyawarah, kerjasama, melindungi, mengayomi, membela kaum tertindas dan menjaga keseimbangan alam semesta.gai penunjang KBM, dengan penekanan pada pengelolaan fasilitas yang terdapat di Sekolah Alam Cikeas agar berfungsi optimal.


Asyik metik



Direktur Sekolah Alam Cikeas,

Dra. Loula Maretta

Sekolah Alam Cikeas
Komplek Puri Cikeas Jl. Letda Natsir, Nagrak, Gunung Putri, Bogor 16967

Jawa Barat, Indonesia
Tlp: 021-8231985/021-68290012

Semoga Bermanfaat dan Terima Kasih:


Arip Nurahman


Kunjungi juga E-Learning Kota Banjar

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar