Minggu, 20 Desember 2009

SMP Negeri 11 Peringati Tahun Baru Islam


LUBUKLINGGAU-Keluarga besar SMP Negeri 11 Lubuklinggau melakukan perayaan tahun baru Islam 1431 Hijriyah. Kegiatan seperti ini baru pertama kali dilaksanakan, karena saat pergantian tahun baru Islam sebelumnya tidak pernah diadakan acara seperti ini. Acara itu dilaksanakan di Masjid Karang Ketuan, Sabtu (19/12).

“Dikalangan anak didik zaman modern, kebanyakan mereka hanya mengenal tahun baru Masehi saja. Bahkan kedatangan pergantian tahun tersebut sangat dinanti-nanti dan diidolakan sampai terbawa mimpi. Namun, ketika tahun baru Hijriyah muncul tidak ada reaksi bahkan ada yang tidak tahu sama sekali, bahwa tahun baru Islam sudah tiba. Bahkan untuk SMPN 11 sendiri, baru tahun ini mengadakan kegiatan perayaan tahun baru Islam. Dan kegiatan tersebut bertujuan untuk menumbuhkan kecintaan anak didik terhadap ajaran Islam,” kata Kepala SMPN 11 Lubuklinggau, Sunardi.

Di tahun baru Islam 1431 H, kata dia, keluarga besar SMPN 11 Lubuklinggau mengajak anak didik untuk membudayakan dan menyambut kedatangan tahun baru dengan acara yang meriah walaupun kelihatan sederhana. Dalam kesempatan tersebut, dia mengajak kepada seluruh keluarga besar SMPN 11, supaya di tahun baru ini dapat dihiasi dengan amal kebaikan, peningkatan iman dan kemantapan Islam.

“Karena Muharram merupakan bulan yang penuh keistimewaan, dimana Allah SWT menunjukkan Qudrah-Nya dengan memberi keistimewaan pada manusia pilihan-Nya yaitu para nabi. Nah, berkaca dari keistimewaan inilah mudah-mudahan kita semua mendapat hidayah dari-Nya,” lanjut Sunardi.

Melalui peringatan tahun baru Islam, dia berharap, anak didik dapat memiliki jiwa sosial yang tinggi, peka terhadap kondisi lingkungan sekolah teman sejawat dan guru. Dengan cara menyantuni anak yatim piatu yang memang benar-benar membutuhkan, yakni melalui infaq, shodaqoh yang dilakukan oleh anak didik, dewan guru beserta staf TU.

“Dengan tujuan supaya peka terhadap nasib orang yang mengalami kesusahan. Rasa syukur kepada Allah SWT karena masih diberi kesempatan hidup sampai pada tahun baru lagi. Kemudian selau instrospeksi diri untuk berusaha menjadi manusia yang sejati dan semangat untuk selalu bermunajah kepada Allah SWT,” pungkasnya.(05)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar