Rabu, 09 Februari 2011

Ada 3.429 Siswa SMA/SMK/MA Siap Ikuti UN

MUARA BELITI-Ujian Nasional (UN) tahun pelajaran 2010/2011 bagi peserta didik SMA sederajat akan dilaksanakan Senin (18/4) hingga Kamis (21/4) mendatang. Sementara kelulusan peserta didik SMA/MA, SMA LB dan SMK diumumkan oleh satuan pendidikan paling lambat 16 Mei 2011. Ada 3.429, peserta UN di Kabupaten Musi Rawas (Mura) telah siap untuk mengikuti US dan UN.
Demikian dikemukakan Kepala Bidang Pendidikan Menengah dan Tinggi (Kabid Dikmenti) Dinas Pendidikan Kabupaten Mura (Disdik Mura), Totok Sunarto kepada koran ini, Selasa (8/2).
Totok Sunarto belum bisa memastikan berapa jumlah pengawas yang akan diturunkan untuk mengawasi proses pelaksanaan UN. Namun, ia menjelaskan proses pelaksanaan UN tingkat SMA sederajat 2011 ini dibagi dalam lima sub rayon. Yang terdiri dari tiga sub rayon SMA, satu sub rayon MA, dan 1 sub rayon SMK.
Berdasarkan pantauan koran ini di lapangan, seperti SMA Negeri Muara Kelingi sudah menyatakan kesiapannya untuk mengikuti UN. Beberapa kegiatan yang dilakukan untuk mendukung kesiapan ini adalah dengan melaksanakan pelatihan soal-soal, berdasarkan indikator pada lampiran Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) Nomor 45 tahun 2010. Selain itu, guru bidang studi yang akan diujikan saat ini dituntut untuk lebih banyak memberikan motivasi dan masukan agar calon peserta ujian tidak gugup sebelum mengikuti ujian.
Hal serupa dilakukan SMA Negeri Simpang Semambang. Sekolah yang baru berdiri 2007 lalu itu, sudah mengupayakan kesiapan maksimal. Salah satunya dengan memberikan tambahan jam belajar bagi calon peserta UN. Sekolah mengupayakan agar siswa optimis dan tidak berfikir negatif menghadapi UN.
Tenaga pengajar di SMA Negeri Simpang Semambang juga meminta kepada siswa untuk memanfaatkan waktu sebaik mungkin untuk belajar. (03)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar