Minggu, 20 Februari 2011

BAZ Siapkan Rp 7,5 Juta Untuk Lubuklinggau Cerdas

LUBUKLINGGAU-Periode ke-XII 2011 Badan Amil Zakat (BAZ) Kota Lubuklinggau menyediakan Rp 7,5 juta, untuk dana beasiswa bagi pelajar dan mahasiswa di Kota Lubuklinggau. Rencana pengucuran dana ini sebagai wujud dukungan BAZ terhadap program Kota Lubuklinggau Cerdas, yang dicanangkan Pemkot Lubuklinggau.
Demikian dikatakan Ketua BAZ Kota Lubuklinggau, A Rahman Naning, didampingi Bendahara BAZ, Soepardi, kepada koran ini, Minggu (20/2).
Dari dana yang disiapkan, akan diberikan kepada dua orang mahasiswa Perguruan Tinggi (PT) di Kota Lubuklinggau, dan  masing-masing mahasiswa akan menerima Rp 700 ribu. Selanjutnya akan diserahkan kepada lima  siswa SMA/MAN, yakni Rp 450 ribu/orang. Lalu lima siswa-siswi SMP/MTs, akan menerima Rp 350 ribu/orang.
Selain itu, beasiswa ini juga akan diberikan untuk enam  siswa-siswi SD/MIN, Rp 250 ribu/orang. Dan yang terakhir diserahkan kepada empat anak TK, yakni Rp 100 ribu/orang.
A Rahman Naning berharap, dengan adanya pemberian beasiswa ini, akan memotivasi para pelajar dan mahasiswa di daerah, khususnya bagi 21 peserta didik yang terpilih. Sebelumnya, penerima beasiswa merupakan peserta didik yang diajukan pihak sekolah.
Perlu diketahui, periode XII, BAZ akan menyalurkan dana yang terkumpul untuk dua kategori, yaitu konsumtif dan produktif. Khusus kategori konsumtif, dana yang dikumpulkan dari zakat, infaq, dan shadaqah yang diserahkan oleh masyarakat Kota Lubuklinggau akan diserahkan kepada 216 mustahiq fakir miskin, Rp 150 ribu/orang. Kemudian dana BAZ tadi akan diberikan  pula kepada 24 orang fisabilillah (mubaligh), Rp 300 ribu/orang. Hasil infaq dan shadaqah akan diserahkan pula kepada 16 orang fisabilillah, yakni marbot, dan guru ngaji Rp 200 ribu/orang.
Pada periode ini dana konsumtif juga akan digunakan untuk program Lubuklinggau Peduli. Salah satunya untuk bantuan pembangunan mushola SMP Negeri 2 Lubuklinggau dan SMP Negeri 9 Lubuklinggau. Dan pengurus BAZ juga akan menyerahkan bantuan dana sehat, atas nama Sri Rahayu, serta akan dimanfaatkan sembilan  orang mubaligh atau konsultan BAZ Kota Lubuklinggau, setiap mubaligh akan menerima Rp 300 ribu.
Dibidang sosial, BAZ akan menyerahkan dana untuk beberapa panti asuhan di Kota Lubuklinggau, seperti Panti Asuhan Masturoh, Masyitoh, Siti Khodijah, Al-Amin, Hubbul Aaitam, Al-Kautsar, dan Tresna Werdha Budi Luhur. Setiap panti asuhan akan menerima Rp 7 juta. Khusus bagi amil dan ibnu sabil akan mendapatkan Rp 49,5 juta. Selain itu bagi muallaf dan pembinaan telah disediakan Rp 3,3 juta. Ditambahkannya, rencana pengeluaran dana produktif akan diplotkan untuk 22 Usaha Kecil dan Menengah (UKM), dengan total dana yang disiapkan mencapai Rp 74 juta.
“Total dana yang akan disalurkan periode XII 2011 mencapai Rp 198.200.000. Sejak periode 1 Juli 2005, sampai periode XII Februari 2011, dana yang telah disalurkan BAZ Kota Lubuklinggau sudah mencapai Rp 1.142.477.508, dengan rincian dana konsumtif Rp 593.856.879 dan dana produktif Rp 548.620.629.(03)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar