Title of the Article: Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Inggris This material is suitable for: Senior Secondary Schools bagian PENDIDIKAN / EDUCATION Nama & E-mail (Author): Suhanto Kastaredja I'm a Teacher at SMA Negeri 14 Surabaya Topic: Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Inggris untuk SMA Date: December 20, 2008 ABSTRAK Kastaredja, Suhanto. 2008. Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Inggris Dengan Genre Approach untuk Semester Gasal Kelas XII di SMA Negeri 14 dan SMA Negeri 17 Surabaya. Tesis. Program Teknologi Pembelajaran. Program Pasca Sarjana Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing (I) Dr. M. Subandowo dan (II) Drs. Ibut Priono L., M.Pd.
Kata kunci: Pengembangan, Bahasa Inggris, Bahan Ajar. Genre Approach
Penguasaan Bahasa Inggris merupakan kunci keberhasilan bagi individu, masyarakat dan bangsa Indonesia dalam berbagai bidang di era globalisasi ini. Aktivitas untuk mengembangkan dan meningkatkan kompetensi berbahasa Inggris dapat dilakukan dengan berbagai cara dan di berbagai tempat. Namun anak-anak Indonesia sebagian besar menggunakan atau memanfaatkan kegiatan pembe- lajaran berbahasa Inggris di sekolah-sekolah formal. Maka sekolah formal menjadi tumpuan utama pembelajaran bahasa Inggris yang akan menjadi bekal anak-anak Indonesia dalam menapaki kehidupan masa depan mereka.
Dari tahun ke tahun keberhasilan pembelajaran bahasa Inggris di SMA masih belum memuaskan para orang tua, professional dan dosen dengan melihat kenyataan bahwa kompetensi berbahasa para lulusan SMA yang masih belum sesuai dengan harapan kita. Kurikulum bahasa Inggris hampir setiap sepuluh tahun sekali diperbaharui sebagai upaya meningkatkan tingkat keberkeberhasilan siswa menguasai bahasa Inggris. Upaya melalui kurikulum ternyata tidak cukup tanpa disertai upaya peningkatan mutu para guru bahasa Inggris dan juga pembaharuan akan bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan serta karakteristik siswa. Bahan ajar, oleh sebab itu, juga menjadi faktor penentu keberhasilan para siswa SMA dalam belajar bahasa Inggris.
Tujuan penelitian pengembangan bahan ajar pada tesis ini adalah untuk menyediakan bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan serta karakteristik siswa SMA Negeri 14 dab 17 Surabaya. Data awal dari kebutuhan serta karakteristik siswa diperoleh melaui tes tulis meliputi penguasaan grammar points serta penerapannya dalam berkomunikasi dalam bentuk teks (Genre). Dari hasil analisis kebutuhan serta analisis karakteristik siswa SMA Negeri 14 dan 17 Surabaya, diperoleh kesimpulan bahwa pendekatan pembelajaran yang dapat meningkatan hasil belajar bahasa Inggris mereka adalah pendekatan yang di dalamnya terdapat keseimbangan antara teori dan praktek. Ini tidak laian adalah pendekatan yang memiliki bentuk, langkah-langkah dan kegiatan-kegiatan pembelajaran yang menyeimbangkan antara latihan-latihan untuk menanamkan pengetahuan dan penguasaan pada komponen kebahasaan, grammar, vocabulary ,spelling pronunciation, intonasi dengan latihan-latihan penggunannya dalam praktek berkmonikasi secara lisan dan tulis. Pendekatan pembelajaran ini disebut Genre Approach (Berpendekatan Teks) Pengembangan bahan ajar bahasa Inggris SMA untuk semester gasal kelas XII ini menggunakan Genre Approach yang mencakup jenis-jenis teks transactional text dan major texts (narrative, explanation, discussion) sesuai Standar Isi mata pelajaran bahasa Inggris.
Pengembangan bahan ajar buku SMA ini dirancang dengan menggunakan model rancangan Dick and Carey yang kemudian menghasilkan draf bahan ajar buku. Draf tersebut selanjutnya diuji-cobakan sebanyak empat tahap. Pada masing-masing tahap ada dua kegiatan yaitu evaluasi dan revisi terhadap draft bahan ajar. Adapaun empat tahapan uji coba draf bahan ajar bahasa Inggris, yaitu:
(1) review draft oleh ahli mata pelajaran bahasa Inggris dan
(2) review draft oleh ahli perancangan pembelajaran bahan ajar buku bahasa Inggris
(3) diuji-cobakan pada teman sejawat guru bahasa Inggris di SMA Negeri 14 dan 17 Surabaya dan juga
(4) diuji cobakan pada 20 siswa dari dua sekolah tersebut.
Teknik pengumpulam data dilakukan melalui angket. Hasil review awal, tahap 1 dan tahap 2, pengembangan menunjukkan bahwa bahan ajar itu masih memiliki kekurangan. Atas saran-saran kedua ahli, bahan ajar bahasa Inggris dan ahli desain buku bahan ajar bahasa Inggris, beberapa kekurangan dapat direvisi menjadi lebih baik. Kemudian setelah direvisi uji coba dilanjutkan untuk memperoleh tanggapan pada teman sejawat. Berbagai kekurangan seperti latihan grammar yang dianggap kurang memadai, rangkuman-rangkuman perlu disediakan, tingkat kesulitan teks yang masih terlalu tinggi dan vocabulary yang latihannya kurang variatif dapat ditampung. Kemudian revisi juga dilakukan untuk kemudian tahap terakhir diuji-cobakan untuk memperoleh tanggapan pada 20 siswa, sebanyak 10 siswa pada tiap sekolah.
Akhirnya, penelitian pengembangan bahan ajar buku bahasa Inggris ini memperoleh data prosentase penerimaan siswa terhadap bahan ajar buku bahasa Inggris semester gasal kelas XII di SMA Negeri 14 dan 17, yaitu sebesar 76,1 % dari siwa SMA Negeri 17 dan 78, 4 % dari siswa SMAN 14. Besarnya prosentase ini juga sama dengan nilai kualitas bahan ajar buku bahasa Inggris yang dikembangkan. Untuk prosentase tersebut, bahan ajar masuk kategori layak dipakai dan tidak diperlukan direvisi.
TRANSLATION of the ABSTRACT
Kastaredja, Suhanto,.2008. Developing the English Instructional Materials through the Genre Approach for the First Semester of Year Twelve at the State Senior High School 14 and 17 of Surabaya .The Thesis of the Instruction Technology Program. The Graduate Program. The University of PGRI Adi Buana of Surabaya. Counselor (I) Dr. M. Subandowo and (II) Drs. Ibut Priono L., M.Pd.
Key words: Developing, English, Instructional Materials, Genre Approach
The mastery of English language has become the key to the success for the individuals, society and Indonesian nation in various fields in the global era nowadays. The activities for improving and enhancing their English competence could be conducted in various places. Most Indonesian children, however, get their opportunity to learn English at the formal schools which will be beneficial for their future life.
For years, the results of English teaching and learning at senior high school has not been considered satisfying by parents, professionals as well as the university lectures by seeing the fact that most senior high school graduates neither could use their English for reading the scientific books nor communicate orally. English school curriculum has been changed four times in the last forty years as the efforts for improving the students' English mastery. This approves that the school curriculum revision and improvement are not sufficient without being accompanied with improvement of teachers' teaching skills and without having instructional materials that are compatible with the needs and the characteristics of the students. Appropriate instructional materials, therefore, play an important role for the students' leaning achievement
The purpose of the development of the English textbook is to provide the instructional materials that are well-suited with the needs as well as the characteristics of the students of the State Senior High School 14 and 17 of Surabaya. The initial data about them were gained from the grammar and writing test as well as the field observation. From the results of the initial field study, it could be found out that the approach applied for developing the instructional materials is needed. It is the one that provides the instructional activities in which the students could improve their linguistics, strategic, social cultural and discourse competences and also could apply these competences for communication. In this approach, theory and practices are equally treated. In this approach, the students, therefore, are organized in such a way that they are expected to be able to communicate in English fluently, grammatically and in appropriate manners in various texts. This is called Genre Approach
The development of these English instructional materials is designed by using the Dick and Carey then result in the draft of the English textbook. This draft, then, tried out through four stages. In each stage, there are two activities, namely evaluation or review and revision towards the draft. The four reviews are (1) the review by the expert of the content of English instructional materials (b) by the expert of the English textbook design, (3) by two English teachers (4) by twenty senior high school students. The technique of data collection is conducted through questionnaires.
The results of the review of the English textbook from stage one and two indicate that some weaknesses were found out in it. Based on the suggestions from the expert of content of instructional materials as well as the expert of the English textbook design was revised and added to be the better ones. After being revised, the textbook was reviewed by the two English teachers to have their suggestions and comments. One of them found some weaknesses in the English textbook while the other one considered it excellent.
Some comments from one of the English teachers to the textbook were on the inadequacy of the grammar point exercises, the lack of the summary of the materials. It was also shown that the level of difficulty of the reading texts in the text book was too high therefore they needed revising. While the vocabulary exercises were recommended to be revised since the textbook also lacks the variety of grammar exercises. Based on the comments and suggestions, the textbook was revised. In the last stage of the English instruction material development, 20 students from both senior high schools were given opportunity to examine the textbook and give their comments on it through questionnaires. .
Finally, the data of this development research of English instructional materials for the first semester of Year Twelve of Senior High school showed that the percentage of the students' acceptance was 76,1% from the students of the State Senior High School 17 and 78.4% from the students of the State Senior High School 14. This percentage is equal to rate of the book quality. For such percentage, the book of English instructional materials belongs the category 'good' and it could be used and does not need revising.
INTO ENGLISH |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar