Minggu, 17 Mei 2009

Wapres: Anggaran Pendidikan 2009 Rp100 Triliun


By admin
Wednesday, July 02, 2008 13:44:00



Rabu, 02 Juli 2008 13:44 WIB

Wapres: Anggaran Pendidikan 2009 Rp100 Triliun
Penulis : Mahfud

JAKARTA--MI: Wakil Presiden Jusuf Kalla menyatakan anggaran pendidikan tahun 2009 akan mencapai Rp100 triliun atau naik lebih dari dua kalilipat anggaran pendidikan tahun ini yang totalnya mencapai Rp48 triliun.

Kalau 2004 anggarannya Rp20 triliun, empat tahun berikutnya sudah Rp48 triliun. Kalau anggaran APBN Rp1.000 triliun maka anggaran pendidikan Rp70 triliun, bahkan bisa mencapai Rp100 triliun tahun depan, kata Wapres saat memberikan arahan di depan alumni peserta pelatihan guru di kantor Wapres, Rabu (2/7).

Wapres menekankan mutu pendidikan berkaitan erat dengan pertumbuhan ekonomi. Anggaran pendidikan yang baik hanya bisa dengan ekonomi yang kuat, cetusnya.

Meski begitu, Wapres menegaskan tanggung jawab guru untuk meningkatkan mutu pendidikan juga tidak kalah penting dibandingkan besarnya anggaran. Anggaran pendidikan yang tinggi tidak ada artinya tanpa diiringi tanggung jawab guru, tegasnya.

Wapres menyatakan pendidikan yang baik pada gilirannya nanti juga akan memacu lebih cepat pertumbuhan ekonomi. Pasalnya hanya dengan pendidikan ekonomi satu bangsa bisa tumbuh dengan nilai tambah yang baik. Untuk itu Wapres meminta para guru lebih dinamis mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan sehingga mutu pendidikan Indonesia menjadi lebih kompetitif.

Wapres menyatakan ilmu pengetahuan tumbuh dengan cepat seperti ilmu teknologi informasi akan tumbuh dua kali lipat setiap 18 bulan dan ilmu kedokteran tumbuh dua kali lipat setiap tiga tahun. Wapres juga menyoroti masih rendahnya standar mutu kelulusan nasional yang saat ini baru mencapai angka 5,5 yang masih tertinggal dibanding negara-negara tetangga. Malaysia misalnya menetapkan standar kelulusan pada angka 6 dan Singapura 7. Kenapa kita kalah dengan Singapura dalam banyak hal? Karena mereka kuat belajar, katanya. (Fud/OL-06)

Sumber: Media Indonesia Online
http://www.mediaindonesia.com/index.php?ar_id=MTMzNjI=

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar