Kamis, 05 Maret 2009

PENILAIAN BERBASIS KELAS

Oleh : Susento dan M. Andy Rudhito
Pendidikan Matematika
FKIP Universitas Sanata Dharma Yogyakarta


Apa yang dimaksud penilaian berbasis kelas?
Penilaian berbasis kelas (PBK) merupakan salah satu komponen dalam kurikulum berbasis kompetensi. PBK adalah kegiatan penilaian yang dilaksanakan secara terpadu dalam kegiatan belajar mengajar yang dilakukan dengan mengumpulkan hasil karya 2-dimensi (portofolio), hasil karya 3-dimensi (produk), unjuk-kerja (performance), dan tes tertulis. Fokus penilaian diarahkan pada penguasaan kompetensi dan hasil belajar siswa sesuai dengan level pencapaian prestasi siswa.

Apa kegunaan penilaian berbasis kelas?
Hasil PBK dapat dimanfaatkan untuk:
1. Menjadi umpan-balik bagi siswa dalam mengetahui kemampuan dan kekurangannya sehingga menimbulkan motivasi untuk memberbaiki hasil belajarnya.
2. Memantau kemajuan dan mendiagnosis kemampuan belajar siswa untuk kepentingan program pengayaan dan remedial.
3. Bahan masukan bagi guru untuk memperbaiki program pembelajarannya di kelas.
4. Memungkinkan siswa mencapai kompetensi yang telah ditentukan walaupun dengan kecepatan belajar yang berbeda-beda.
5. Memberikan informasi yang lebih komunikatif kepada masyarakat berkenaan dengan efektivitas pendidikan sehingga meningkatkan partisipasinya.

Apa ciri-ciri penilaian berbasis kelas?
Sebagai penilaian kemajuan belajar siswa pada kurikulum berbasis kompetensi, penilaian berbasis kelas mempunyai ciri-ciri sbb.:
1. Penilaian bukan untuk mengklasifikasi siswa (diskriminasi), tetapi untuk melayani individu siswa dalam mengembangkan kemampuannya (diferensiasi).
2. Menggunakan penilaian acuan kriteria (criterion-referenced assessment), bukan penilaian acuan norma (norm-referenced assessment).
3. Acuan utama penilaian adalah kompetensi dasar yang dirumuskan dalam kurikulum.
4. Menerapkan berbagai cara penilaian, meliputi portofolio, produk, unjuk-kerja, dan tes tertulis. Hal ini untuk menjamin validitas penilaian, objektivitas penilaian, dan keberagaman kompetensi yang dinilai.
5. Hasil penilaian kemajuan belajar siswa disajikan dalam profil kompetensi siswa, berisi informasi yang lengkap dan mudah dipahami oleh siswa, orangtua, guru lain, maupun pengguna lulusan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar