Kamis, 05 Maret 2009

PENILAIAN PORTOFOLIO

Oleh : Susento dan M. Andy Rudhito
Pendidikan Matematika
FKIP Universitas Sanata Dharma Yogyakarta

Apa yang dimaksud portofolio?
Portofolio adalah kumpulan hasil karya 2-dimensi siswa dalam satu periode, atau catatan mengenai siswa yang didokumentasikan secara baik dan teratur. Portofolio dapat berbentuk tugas-tugas yang dikerjakan siswa, jawaban siswa atas pertanyaan guru, catatan hasil observasi guru, catatan hasil wawancara guru dengan siswa, laporan kegiatan siswa dan karangan atau jurnal yang dibuat siswa. Kumpulan karya menggambarkan taraf kompetensi yang telah dicapai siswa. Hal penting yang menjadi ciri portofolio adalah karya siswa dapat diperbaiki jika siswa yang bersangkutan menghendakinya; jadi portofolio memperlihatkan perkembangan kemajuan belajar siswa.

Bagaimana cara melaksanakan penilaian portofolio?
Penilaian portofolio dilaksanakan dengan langkah-langkah sbb.:
1. Pastikan bahwa tiap siswa merasa memiliki portofolio. Siswa diberi penjelasan tentang maksud dan penggunaan portofolio, yaitu berupa kumpulan hasil karya sementara siswa yang bukan hanya digunakan oleh guru untuk penilaian tetapi juga oleh siswa sendiri. Dengan melihat portofolionya siswa dapat mengetahui kemampuan, ketrampilan, dan minatnya.
2. Tentukan bersama siswa sampel-sampel karya apa saja yang akan dikumpulkan.
3. Kumpulkan dan simpanlah karya-karya tiap siswa dalam satu map atau folder.
4. Tentukan kriteria penilaian dan pembobotannya. Rundingkan dengan siswa agar dicapai kesepakatan. Sebaiknya dirundingkan sebelum siswa membuat karya, agar siswa mengetahui harapan atau standar guru dan berusaha mencapainya.
5. Bahaslah dengan siswa portofolionya. Mintalah siswa menilai karyanya sendiri. Guru perlu membimbing siswa tentang bagaimana cara menilai, yaitu dengan memberi keterangan tentang kelebihan atau kekurangan karya itu dan bagaimana memperbaikinya.
6. Setelah suatu karya dinilai dan ternyata belum memuaskan, siswa diberi kesempatan untuk memperbaiki dengan perjanjian berapa lama akan diperbaiki.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar