Rabu, 13 Oktober 2010

20 Kiat Menjaga Otak Tetap Fresh

Otak layaknya memori komputer harus senantiasa kita refresh untuk menjaga kinerjanya tetap maksimal.
Berikut ini ada 20 cara yang bisa merefresh otak kita agar tetap sehat dan mempunyai daya ingat yang mumpuni.
1. Otak Anda mencintai warna. Gunakan pensil warna - berkualitas baik, tidak pena gel - atau menggunakan kertas berwarna. Warna membantu memori.
2. Otak Anda secara efektif dapat fokus dan berkonsentrasi hingga 25 menit (dewasa). Istirahat 10 menit setelah setiap 20-30 menit belajar. Pergi lakukan beberapa pekerjaan rumah: menyapu halaman, menyetrika, dll. Datang kembali setelah 10 menit dan melakukan sesi lain, maka fokus akan intens.
3. Otak Anda perlu beristirahat untuk belajar dengan cepat dan mengingat terbaik. Jika Anda lelah tidur siang 20 menit pertama jika Anda membuang-buang waktu belajar Anda.
4. Otak Anda seperti motor: perlu bahan bakar. Anda tidak akan menempatkan bahan bakar kotor di Lamborghini Anda (jika Anda punya satu) atau Anda tidak akan menempatkan bahan bakar kualitas rendah dalam roket, otak anda adalah mesin, jauh lebih berharga dan rumit daripada salah satu dari mereka sehingga beri asupan dengan baik. Junk food dan makanan imitasi dan semua bahan kimia dan pengawet melemahkan tubuh dan pikiran Anda. Bahkan, sebuah penelitian terbaru di Inggris menunjukkan bahwa IQ dipengaruhi oleh apa yang anda makan.
5. Otak Anda adalah lautan aktivitas elektro-kimia. Baik listrik dan bahan kimia tersalur lebih baik dalam air. Jika Anda mengalami dehidrasi, Anda tidak akan fokus juga. Minum cukup air (cairan berwarna - pop, jus, kopi, dll - tidak sama). Sering kali sakit kepala berhubungan dengan dehidrasi juga.


6. Otak Anda mencintai pertanyaan. Ketika Anda datang dengan pertanyaan di kelas atau ketika membaca buku, otak Anda secara otomatis mencari jawaban, membuat belajar lebih cepat. Pertanyaan yang bagus memiliki lebih dari satu jawaban.
7. Otak Anda dan tubuh memiliki siklus irama mereka sendiri: Anda akan menghemat waktu belajar anda jika belajar tidak dipacu nanti saat periode puncak yang mengharuskan Anda belajar. Pertimbangkan dengan bijak sehingga Anda memberikan waktu terbaik buat Anda belajar.
8. Otak dan tubuh Anda berkomunikasi terus-menerus. Jika tubuh Anda membungkuk ke bawah, otak mendapat pesan bahwa "ini tidak penting" dan tidak butuh perhatian. Dalam setiap situasi belajar, duduk dan bersandar untuk membantu menjaga pikiran Anda tetap waspada. Belilah, kursi kantor kualitas yang baik.
9. Otak Anda dipengaruhi oleh bau. Gunakan aromaterapi untuk tetap menjaga otak Anda waspada. Aroma mint, lemon dan kayu manis baik untuk itu.
10. Otak Anda memerlukan oksigen. Dapatkan di luar sana oksigen yang segar dengan berolahraga.
11. Otak Anda membutuhkan ruang. Pastikan bahwa Anda tidak mencoba untuk belajar di ruang sempit dan kecil.
12. Otak Anda membutuhkan ruang yang tertata baik. Satu penelitian baru menunjukkan bahwa anak-anak yang tumbuh di rumah yang tertata rapi lebih baik kualitas akademisnya. Mengapa demikian? Sebab mereka terlatih untuk mengatur lingkungan luar, otak belajar untuk mengorganisir pengetahuan internal yang membuat daya ingat lebih cepat. Belikan anak lemari arsip 4-laci ukuran folio untuk melatih penataan terorganisirnya.
13. Sel-sel otak di hippocampus, adalah bagian otak yang berurusan dengan penempatan informasi dari jangka pendek ke memori jangka panjang, bisa hancur oleh kortisol, yang diproduksi ketika Anda sedang stres. Singkirkan kortisol dengan menjauhi stres.
14. Otak Anda tidak tahu apa yang tidak dapat Anda lakukan sampai Anda menceritakannya.Dorng dan rangsanglah otak untuk berpikir menanggapi hal-hal yang positif saja.
15. Otak Anda adalah seperti otot: hal itu dapat dilatih dan diperkuat, pada usia berapa pun. Tidak ada alasan untuk berhenti. Anda dapat berlatih pekerjaan rumah sehari-hari. Jika "Anda tidak memiliki apapun", buatlah akun pertemanan sebagai sarana bertukar wawasan. Baca, review dan lakukan sesuatu.
16. Otak Anda membutuhkan pengulangan. Hal ini lebih baik untuk melakukan review pendek yang sering daripada satu review lama, karena yang penting adalah berapa kali otak Anda melihat sesuatu, bukan berapa lama melihatnya disaat duduk.
17. Otak Anda bisa mengerti lebih cepat dari yang Anda dapat baca. Gunakan pensil atau jari untuk "memimpin" mata Anda. Dengan demikian Anda membantu mata Anda bergerak lebih cepat.
18. Otak Anda perlu gerakan, terutama jika Anda sebagian besar merupakan (gerakan tubuh) belajar kinestetik dan bukan belajar visual atau auditif. Hal ini memungkinkan Anda untuk bergerak lebih mudah dan tetap lebih waspada.
19. Otak Anda mencari pola dan koneksi. Ketika Anda sedang belajar sesuatu, tanyakan pada diri sendiri, "Apa artinya ini mengingatkan saya?" Ini juga akan membantu memori Anda karena menghubungkan pengetahuan baru untuk sesuatu yang Anda sudah tahu.
20. Otak Anda mencintai hal yang menyenangkan. Kita belajar dalam proporsi langsung dengan berapa banyak hal menyenangkan yang kita alami.
Belajar adalah hidup. Live it up!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar