Selasa, 19 Oktober 2010

SMA PGRI I Adakan LDKS

F-Leo/Linggau Pos
MENYANYIKAN : Ketua Yayasan PGRI Lubuklinggau, M Nasir beserta Kepala SMA PGRI I Lubuklinggau, Nur Elly, Kabid Dikmenti Rudi Erwandi Dan Waka Kurikulum Endrik Prasetyo saat menyanyikan lagu wajib pada pembukaan LDKS di Laboratorium IPA, Selasa (19/10).


LUBUKLINGGAU-Untuk membentuk keperibadian siswa, maka SMA PGRI I Lubuklinggau adakan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS). Kegiatan itu dilaksanakan di ruang laboratorium SMA PGRI I, Kelurahan Air Kuti, Kecamatan Lubuklinggau Timur I, Selasa(19/10). Tujuan diadakan latihan ini untuk meningkatkan pengetahuan pelajar dalam bidang kepemimpinan serta menanamkan rasa kebersamaan.

Kegiatan tersebut dibuka Kepala Bidang Pendidikan Menengah dan Perguruan Tinggi (Dikmenti) Dinas Pendidikan Kota Lubuklinggau Rudi Erwandi di ruang laboratorium IPA SMA PGRI 1 Lubuklinggau. Demikian dikatakan Kepala SMA 1 PGRI Lubuklinggau Nur Elly, kepada wartawan koran ini, Selasa (19/10).

Ia mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu tindak lanjut dari hasil rapat perangkat pengelola SMA PGRI I Lubuklinggau mengenai pembentukan LDKS 2010. Dengan pelatihan ini dapat membentuk dan menjaring pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) yang berlandaskan Pancasila dan UUD 1945 serta Keputusan Presiden (Kepres) No 5 tahun 1997 tentang badan pembinaan koordinasi generasi muda, serta kerangka dasar latihan kepemimpinan dan keterampilan. Kegiatan ini juga melatih siswa untuk hidup disiplin, berani, dan dapat diandalkan dan memberi pemahaman lebih luas mengenai ruang lingkup organisasi.

Dikatakannya, LDKS diikuti oleh 120 siswa yang terdiri dari siswa kelas X dan XI. Kemudian perserta diseleksi sehingga menjadi 60 orang dengan rincian 30 siswa kelas X dan 30 siswa kelas XI. “Pelatihan tersebut berlangsung tiga hari, Selasa (19/10) hingga Kamis (21/10). Dan dari 60 siswa yang mengikuti LDKS, nantinya akan diciutkan kembali menjadi 45 orang untuk dijadikan pengurus OSIS SMA PGRI I Lubuklinggau,” jelasnya.

Disamping itu latihan dasar ini merupakan salah satu upaya meningkatkan sumber daya manusia (SDM) yang handal dan berkualitas, pengembangan bakat, minat dan prestasi, baik dibidang akademik maupun non akademik. Sehingga pelajar di Kota Lubuklinggau, khususnya siswa SMA PGRI 1 Lubuklinggau mampu bersaing di era glonalisasi.

Kabid Dikmenti Rudi Erwandi, mengatakan seorang pemimpin tidak cukup dengan bakat alami yang ia miliki sejak lahir. Untuk itulah perlu adanya binaan dan pelatihan, mengenai kepemimpinan kepada pelajar guna membekali diri. Banyak kita temukan pemimpin yang hanya berpatokan pada bakat alaminya saja. Akan tetapi mereka banyak tidak mengetahui dalam penguasaan konsep.

Manfaatlah kesempatan ini untuk memahami dan menggali sosok pemimpin yang sebenarnya. Rudi juga mengingatkan peserta latihan untuk tidak menggunakan sepeda motor ke sekolah, dan putri untuk tidak mengenakan rok pendek ke sekolah. Dengan harapan dapat menghindar dari hal-hal tidak diinginkan bagi pelajar di Kota Lubuklinggau.

Ketua Yayasan PGRI Lubuklinggau M Nasir, mengatakan potensi untuk menjadi seorang pemimpin sebenarnya dapat dilihat sejak anak masih kecil. Latihan ini menghadirkan pemateri, Rudi Erwandi, perwakilan dari Disdik Kota Lubuklinggau, Ketua DPD KNPI Lubuklinggau Hasbi, KPAID Kota Lubuklinggau Sakban, Kapolres Lubuklinggau dan Pengurus Besar Ikatan Alumni Latihan Kepemimpinan (PB IKA LKS) Kota Lubuklinggau.(10)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar