Rabu, 20 Oktober 2010

UT Gelar Pelatihan TTM Tahap III

MUSI RAWAS-Universitas Terbuka (UT) Palembang bekerja sama dengan Dinas Pendidikan (Disdik) Mura gelar pelatihan Tutor Tatap Muka (TTM) tahap III 2010. Kegiatan itu dilaksanakan di Ball Room Hotel Hakmaz Taba, Kelurahan Majapahit Kecamatan Lubuklinggau Timur I, Rabu (20/10).

Koordinator BBLBA Aria Chandra mengatakan pelatihan TTM yang diperuntukan bagi tutor UT bertujuan untuk dapat melakukan fasilitas pembelajaran secara efektif dan efisien dalam kegiatan tutorial. Dan melalui kegiatan ini juga dapat merancang tutorial untuk masa registrasi dan setiap pertemuan tatap muka. Sehingga tutor dapat dilaksanakan sesuai dengan model yang dirancang, sehingga dapat mengevaluasi hasil belajar mahasiswa dalam tutorial,” kata Aria Chandra kepada wartawan koran ini, Rabu (20/10).

Adapun materi yang akan disampaikan pada pelatihan TTM tahap III ini, yaitu sistem belajar jarak jauh (SBJJ), peta konsep, perencanaan tutorial Rancangan Aktivitas Tutor (RAT) dan SAT, pengembangan model tutorial, pelaksanaan tutor, praktik tutorial mini, pemberian dan penilaian tugas, serta pengembangan bahan presentasi.

Dikatakannya, dari delapan materi yang dilakukan, terdapat lima produk pengembangan tutor TTM pada Tahap III 2010 ini, pertama peta konsep mata kuliah, kedua dalam satu RAT ada satu mata kuliah. Ketiga delapan satuan acara tutor untuk delapan kali pertemuan, keempat tiga buah tugas tutorial, kelima yaitu rambu-rambu jawaban dan racangan bahan presentasi. “Harapan kedepanya setiap tutor mampu dan menguasai produk pengembangan tersebut,” jelasnya.(10)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar