Minggu, 24 Oktober 2010

Anggota SB dan PKS Dilantik

f-Istimewah

SEMATKAN : Kabag Sumda Kompol Khudri Muchtar menyematkan pita kepada siswa SMA sebagai anggota PKS di Lingkungan Polres Mura Kecamatan Muara Beliti.


MUSI RAWAS- Anggota Saka Bhayangkara (SB) Polres Musi Rawas (Mura), dan Patroli Keamanan Sekolah (PKS) dilantik. Upacara pelantikan berlangsung di Mapolres Mura, Sabtu (23/10) oleh Kabag Sumda Kompol Khudri Muchtar.

Pembentukan PKS ini merupakan salah satu upaya pendidikan berlalu lintas kepada pelajar selaras dengan program quickwins dan bertepatan pelaksanaan Ops Citra Polantas tahun 2010. Dari 72 anggota saka bayangkara tersebut terdiri dari 39 putra dan 33 anggota putri, dan 37 Putra dan 16 Putri anggota PKS. Demikian dikemukakan Kapolres Mura AKBP Imam Sachroni melalui Kasat Lantas Polres Mura AKP Syukur Kersana, didampingi Pembina Pamong Saka dan PKS Polres Mura Bripka Supardi SR.

“Anggota anggota Saka Bhayangkara dan PKS yang berasal dari perwakilan seluruh SMA di Kabupaten Mura. Setelah dilantik mereka akan mengikuti pendidikan dan latihan (Diklat) gabungan mengenai ke Pramukaan dan PKS di Mapolres Mura dan masing-masing sekolah,” kata Syukur Kersana, kepada wartawan koran ini, Sabtu (23/10).

Kegiatan saka Bhayangkara Krida Lalu lintas ini merupakan kegiatan yang terprogram dalam rencana kegiatan Quick wins Satlantas Polres Mura tahun 2010, dengan cara bertindak memberikan pendidikan kepada anggota sesuai tingkatan senioritas kepramukaan dan PKS tentang pendidikan lanjutan kepramukaan dan dasar-dasar pendidikan PKS, serta aturan lalu lintas sesuai UU Nomor 22 tahun 2009.

“Guna menumbuhkan kebersamaan dan jiwa karsa anggota Saka Bhayangkara dan PKS dalam melaksanakan kegiatan latihan gabungan yang kita pusatkan di Mapolres Mura, maupun di salah satu SMA yang ada di Kabupaten Mura. Kemudian secara priodik dilaksanakan kegiatan perkemahan pada setiap hari Sabtu dan Minggu(Persami), serta mengikuti berbagai perlombaan baik tingkat daerah, provinsi hingga nasional,” bebernya.

Ia menambahkan, anggota Saka Bhayangkara dan PKS binaan Polres Mura merupakan pioner Polisi Lalulintas (Polantas) dalam mensosialisasikan tentang tata tertib berlalu lintas di lingkungan sekolah masing-masing. Disamping itu, Saka Bhayangkara dan PKS Polres Mura dilibatkan dalam kegiatan-kegiatan kemanusian yang dilakukan Satlantas Polres Mura di lapangan, seperti pengaturan lalu lintas di masing-masing sekolah, kegiatan penyuluhan, anjangsana, dan bakti sosial.

Dihimbau kepada para pelajar, khususnya pelajar SMA Kabupaten Mura, yang berminat mengikuti kegiatan ektrakulikuler Pramuka dan PKS, dapat bergabung bersama Saka Bhayangkara Krida dan PKS Lalulintas Polres Mura, dengan menghubungi guru pembina di masing-masing sekolah.

Melalui Saka Bhayangkara dan PKS dapat melatih kedisiplinan dan dapat menambah ilmu pengetahuan para generasi muda tentang aturan berlalu lintas yang baik dan benar. Dengan harapan akan mendapatkan banyak pengalaman baru yang bersifat positif.

Satlantas Polres Mura membuka keanggotaan Pramuka dan PKS tidak terbatas. “Kita akan memberikan tenaga secara sukarela, guna memberikan pendidikan ke-Pramuka-an, dan PKS di masing-masing sekolah maupun yang dipusatkan di Mapolres Mura,” jelasnya. (10)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar