Kamis, 07 Oktober 2010

Dua SMA Kelas Jauh Ditingkatkan Statusnya Jadi Negeri

MUSI RAWAS-Sedikitnya dua SMA kelas jauh dan satu SMK swasta di Kabupaten Musi Rawas (Mura) di tingkatkan statusnya menjadi negeri. Peningkatan status tersebut secara resmi sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Bupati Mura, tertanggal 4 Oktober 2010.

Peningkatan status dua SMA kelas jauh menjadi negeri ini, merupakan salah satu upaya meningkatkan mutu sumber daya manusia(SDM), mengejar ketertinggalan di segala aspek kehidupan dan menyesuaikan dengan perubahan global, serta perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Mura Edi Iswanto, melalui Kabid Dikmenti Totok Sunarto mengatakan, peningkatan status dari kelas jauh menjadi negeri berdasarkan Undang-Undang (UU) Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) Nomor 20 Tahun 2003 tentang kesempatan kepada sekolah untuk meningkatkan statusnya atau penjenjangan. Salah satunya adalah dari jenjang kelas jauh ke SMA Negeri.

“Ke dua SMA kelas jauh yang telah ditingkatkan statusnya, yakni SMA Sumberharta kelas jauh SMA Negeri Tugumulyo, SMA Muara Kulam, sebelumnya kelas jauh SMA Negeri Surulangun Rawas Ulu,” kata Totok Sunarto, kepada wartawan koran ini, Kamis (7/10).

Dikatakannya, kedua kelas jauh yang ditinggkatkan tersebut saat ini telah mandiri dan masih dikelola oleh pengelola kelas jauh. Untuk SMA Negeri Sumberharta dikelolah oleh Suheria sebagai pengelola kelas jauh, kemudian untuk SMA Negeri Muara Kulam dikelola oleh Darwayus selaku pengelola. Sedangkan untuk SMK Negeri Muara Kelingi saat ini dijabat oleh Burlian Ali, dengan status Pejabat Lepas Harian (PLH). “Dengan ditingkatkan status sekolah tersebut, diharapkan segera mengurus Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) melalui program seksi data Disdik Kabupaten Mura. Dengan adanya peningkatan status kedua sekolah itu, Maka jumlah SMA Negeri di Kabupaten Mura sudah ada 25 SMAN dan 4 SMK Negeri,” jelasnya.

Dikatakan Totok, SMK Negeri 2 Tugumulyo semula merupakan Sekolah Pembangunan Pertanian (SPP) yang dikelola oleh Departemen Pertanian. Sesuai dengan Sisdiknas, maka sekolah tersebut berada dibawah naungan Disdik Mura. Oleh karena itu, Disdik Mura mengupayakan untuk dapat memindahkan lokasi SMK Negeri 2 ke wilayah Kabupaten Mura yang dianggap sesuai dan tetap. Sebab untuk menempatkan SMK Negeri 2 tersebut mebutuhkan lokasi yang luas. “Kendati demikian kita mencari lokasi yang memang layak dan tepat untuk penempatan SMK Negeri 2 Tugumulyo, dan penempatan tersebut kemungkinan besar di kawasan Kecamatan Tugumulyo,” ucapnya.(10)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar