Kamis, 21 Oktober 2010

Rolling Guru Direspon Positif Guru Honor

LUBUKLINGGAU-Pemerhati pendidikan dan guru honor SDN 53 Lubuklinggau Lendri Alpikar, merespon positif kebijakan Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Lubuklinggau Septiana Zuraida mengenai penyeleksian Kepala Sekolah (Kasek) serta rolling guru. Sebab, tahapan ini dinilai akan menjawab tantangan berat dunia pendidikan di daerah ini.

Langkah ini menurut Lendri, sangat positif, karena pengisian jabatan Kasek SD hingga SMA/SMK Negeri se-Kota Lubuklinggau, melalui hasil seleksi yang sangat selektif dengan berbagai uji kepatutan dan kelayakan serta kompetisi Kasek antara lain, seperti melalui tes tertulis serta pemaparan program, visi dan misi calon Kasek. “Langkah ini akan menjawab tantangan berat dunia pendidikan di Kota Lubuklinggau dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Sebab pengisian suatu jabatan tidak berdasarkan suka atau tidak suka terhadap seseorang, melainkan berdasarkan kemampuan uji kepatutan. Tentunya akan berimbas kepada peningkatan kinerja Kasek yang nantinya dapat merangsang para guru dalam meningkatkan kinerja dan prestasi kerja,” kata Alpikar kepada wartawan koran ini, Kamis (21/10).

Dengan diberlakukannya pengangkatan Kasek melalui sistem ini, tentunya Kasek akan memiliki kemampuan leadership dan punya visi dan misi yang jelas dalam menjalankan program kerja, serta memiliki kredibilitas dan akuntabilitas yang tinggi dalam mencapai hasil pendidikan yang berkualitas.

“Dengan adanya pemilihan Kasek memiliki kredibilitas yang tinggi diharapkan dapat meningkatkan indek prestasi Sumber Daya Manusia (SDM) yang dihasilkan oleh dunia pendidikan di Kota Lubuklinggau. sehingga mampu mengharumkan dan mewujudkan Kota Lubuklinggau ketingkat nasional. Tentunya akan sangat membanggakan jika Kasek mampu menciptakan guru dan siswa yang berprestasi hingga ketingkat nasional,” harapnya.

Disamping itu, dengan dilakukannya penyeleksian terhadap Kasek, nantinya akan mempermudah Pemkot Lubuklinggau dalam hal ini Disdik dalam mengevaluasi kinerja Kasek dalam menjalankan visi dan misinya. “Ini merupakan jaminan bagi kita semua bahwasanya Kasek akan mengerjakan tugasnya sebaik-baiknya,” tandasnya.

Ia menambahkan, rolling guru yang akan dilakukan tak lama lagi merupakan penyegaran bagi guru dalam menjalankan tugasnya, serta mencegah penumpukan guru pada satu sekolah. Selain dari pada itu, kita berharap penempatan guru nantinya ditempatkan untuk mempertimbangkan jarak dan tempat guru itu bermukim. Sebab ini nantinya akan menjawab dari permasalahan kedisiplinan guru yang sering datang terlambat, dengan alasan jarak tempat tinggal mereka yang jauh dari tempat ia tugas.

“Penempatan berdasarkan jarak tempat tinggal dengan sekolah juga akan menjadi bentuk tanggung jawab sosial bagi guru tersebut terhadap masyarakat sekitar sekolah. Disamping itu dapat mempermudah bagi guru dalam memantau dan bimbingan terhadap siswanya. Dengan harapan dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas pelajar di Kota Lubuklinggau,” harap Lendri .(10)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar