Sutama
Buku Acuan
McMillan, J.H. & Schumacher, Sally. 2001.
Research in Education.New York: Logman.
Creswell, John W. 1994. Research Design,
Qualitative & Quantitative Approarches.
Thousand Oaks : Sage Publication.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2005. Metode
Penelitian Pendidikan. Bandung : Remaja
Rosdakarya.
Mulyana, Deddy. 2004. Metodologi Penelitian
Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2002. Metode Penelitian
Administrasi. Bandung: Alfabeta.
Umar, Husein. 2002. Metode Riset Komunikasi
Organisasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Umar, Husein. 2003. Metode Riset Perilaku
Organisasi. Jakarta :Gramedia Pustaka Utama.
Umar, Husein. 2004. Metode Riset Ilmu
Administrasi. Jakarta: Gramedia Pustaka
Utama.
Wiriaatmadja, Rochiati. 2005. Metode
Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : Remaja
Rosdakarya
Tugas
Mata Kuliah Penelitian
Sutama
1. Proposal Penelitian
(Tugas Individu)
Sistematika disesuaikan dengan petunjuk yang ada
Substansi memuat BAB I sampai BAB III
Buat Daftar Isi secara keseluruhan sampai Daftar
Pustaka dan Lampiran
Dikumpulkan pada waktu Ujian Akhir Semester
Mata Kuliah Bersangkutan
2. Review Buku
(Tugas Kelompok)
a. Buku ditentukan oleh Dosen
b. Sistematika :
BAB I PENDAHULUAN
BAB II RINGKASAN ISI BUKU
BAB III PEMBAHASAN
BAB IV PENUTUP
DAFTAR PUSTAKA
c. Dikumpulkan Tengah Semester
3. Review Artikel Penelitian
Bhs Asing
a. Artikel penelitian pendidikan
b. Sistematika :
BAB I PENDAHULUAN
BAB II RINGKASAN ISI ARTIKEL
BAB III PEMBAHASAN
BAB IV PENUTUP
DAFTAR PUSTAKA & LAMP.COPY ARTIKEL ASLI
c. Dikumpulkan Tengah Semester
Sistematika Laporan Penelitian
Kuantitatif
BAB I : PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Permasalahan
B. Identifikasi Masalah
C. Pembatasan Masalah
D. Perumusan Masalah
E. Tujuan Penelitian
F. Manfaat Penelitian
BAB II : STUDI KEPUSTAKAAN
A. Pembahasan Teori
B. Hasil Penelitian yang Relevan
C. Kerangka Berpikir
D. Hipotesis Penelitian
BAB III : METODE PENELITIAN
A. Jenis Penelitian
B. Tempat dan Waktu Penelitian
C. Populasi,Sampel dan Sampling
D. Metode Pengumpulan Data.
E. Definisi Operasional Variabel
F. Instrumen Penelitian
G. Teknik Analisis data
H. Prosedur Penelitian
BAB IV : HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A. Gambaran Umum Obyek Penelitian
B. Deskripsi Hasil Penelitian
C. Pengujian Hipotesis
D. Pembahasan Hasil Penelitian
BAB V :KESIMPULAN, IMPLIKASI DAN SARAN
A. Kesimpulan
B. Implikasi
C. Saran
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN
Sistematika Laporan Penelitian
Kualitatif
BAB I : PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Permasalahan
B. Fokus Permasalahan dan Pertanyaan Penelitian
C. Tujuan Penelitian
D. Manfaat Penelitian
E. Definisi Operasional Istilah
BAB II : STUDI KEPUSTAKAAN
A. Pembahasan Teori
B. Hasil Penelitian yang Relevan
C. Rangkuman Kajian Pustaka
BAB III : METODE PENELITIAN
A. Jenis Penelitian
B. Tempat dan Waktu Penelitian
C. Data dan Sumber Data
D. Metode Pengumpulan Data
E. Instrumen Penelitian
F. Teknik Analisis data
G. Keabsahan Data
H. Prosedur Penelitian
BAB IV : HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A. Profil Tempat Penelitian
B. Deskripsi Hasil Penelitian
C. Pembahasan Hasil Penelitian
BAB V :KESIMPULAN IMPLIKASI DAN SARAN
A. Kesimpulan
B. Implikasi
C. Saran
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN
Sistematika Laporan
Penelitian Tindakan Kelas
BAB I : PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Permasalahan
B. Rumusan Masalah
C. Tujuan Penelitian
D. Manfaat Penelitian
E. Definisi Operasional Istilah
BAB II : STUDI KEPUSTAKAAN
A. Pembahasan Teori
B. Hasil Penelitian yang Relevan
C. Kerangka Berpikir
D. Hipotesis Tindakan
BAB III : METODE PENELITIAN
A. Jenis Penelitian
B. Tempat dan Waktu Penelitian
C. Subjek Penelitian
D. Rancangan Penelitian
E. Metode Pengumpulan Data
F. Instrumen Penelitian
G. Teknik Analisis data
BAB IV : HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A. Profil Tempat Penelitian
B. Deskripsi Hasil Penelitian
C. Pembahasan Hasil Penelitian
BAB V :KESIMPULAN IMPLIKASI DAN SARAN
A. Kesimpulan
B. Implikasi
C. Saran
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN
Sistematika Laporan
Penelitian Eksperimen
BAB I : PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Permasalahan
B. Identifikasi Masalah
C. Pembatasan Masalah
D. Perumusan Masalah
E. Tujuan Penelitian
F. Manfaat Penelitian
BAB II : STUDI KEPUSTAKAAN
A. Pembahasan Teori
B. Hasil Penelitian yang Relevan
C. Kerangka Berpikir
D. Hipotesis Penelitian
BAB III : METODE PENELITIAN
A. Jenis dan Desain Eksperimen
B. Tempat dan Waktu Penelitian
C. Populasi,Sampel,dan Sampling
D. Metode Pengumpulan Data
E. Definisi Operasional Variabel
F. Instrumen Penelitian
G. Teknik Analisis data
H. Prosedur Eksperimen
BAB IV : HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A. Gambaran Umum Obyek Penelitian
B. Deskripsi Hasil Penelitian
C. Pengujian Hipotesis
D. Pembahasan Hasil Penelitian
BAB V :KESIMPULAN IMPLIKASI DAN SARAN
A. Kesimpulan
B. Implikasi
C. Saran
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN
Konsep Dasar Penelitian
1.Manusia memiliki rasa ingin tahu
a. Bertanya kepada orang lain.
b. Membaca buku.
c. Mengadakan pengamatan
d. Melakukan penelitian
A.Mengapa Diperlukan Penelitian?
2. Manusia ingin memecahkan masalah
a. Dogmatis : menerapkan ajaran secara mutlak
b. Tradisional : pemecahan melalui kebiasaan
c. Intuitif : pemecahan berdasarkan bisikan hati
d. Emosional : pemecahan berdasarkan gejolak perasaan
e. Spekulatif : pemecahan dgn mencoba-coba (trial and error)
f. Penelitian : pemecahan dengan mengadakan kajian berencana,
sistematis, teliti, kritis menggunakan metode ilmiah
3. Dari penelitian ditemukan
a. Fakta data informasi
b. Generalisasi
c. Prinsip-prisip
d. Dalil / kaidah-kaidah
e. Teori-teori
4. Fungsi penelitian
a. Menemukan kejelasan hubungan fakta data
informasi Þ Pemecahan masalah
b. Menemukan keteraturan / order berupa
(prinsip,dalil,teori) Þ Pengembangan ilmu
A. Mengapa Diperlukan Penelitian? -cont’d
Penelitian :
Kajian dgn menggunakan metode illmiah (berencana,
simtematis,teliti,kritis) dlm mengumpulkan dan
menganalisis data,serta menarik kesimpulan,guna
menemukan kejelasan atau keteraturan tentang suatu
keadaan yg bersifat teka-teki (masalah).
B. Apakah Penelitian itu?
C. Berpikir Ilmiah (Berpikir Reflektif)
Mengidentifikasi masalah.
Merumuskan dan membatasi masalah.
Merumuskan hipotesis / pertanyaan penelitian
Mengumpulkan dan mengolah data.
Menguji hipotesis dan menarik kesimpulan.
F Menurut fungsi
a. Penelitian terapan
Penelitian untuk memperoleh kejelasan
hubungan antar fakta data informasi,guna
pemecahan masalah.
b. Penelitian dasar
Penelitian untuk menemukan keteraturan/
order berbentuk prinsip, dalil/kaidah, hukum
atau teori guna pengembangan ilmu.
D. Macam-macam Penelitian
2. Menurut Pendekatan
a.Penelitian kuantitatif/positifistik
Penelitian bersifat obyektif, kuantitatif, fixed,
menggunakan instrumen standar, guna
menghasilkan inferensi, generalisasi prediksi.
b.Penelitian kualitatif / naturalistik
Penelitian bersifat holistik, kualitatif,
subyektif, terbuka, integral, konteksual,
rasional, menggunakan penelitian sebagai
instrumen, guna menghasilkan deskripsi yang
utuh dari suatu keadaan.
D. Macam-macam Penelitian --cont’d
3. Menurut Sifat
a.Penelitian deskriptif
Meneliti kondisi dan situasi yg ada sekarang, berupa gambaran /
keterkaitan antar hal tanpa pengontrolan terhadap hal-hal
lainnya.
b.Penelitian eksperimental
Mengadakan pengujian hubungan sebab akibat antar variabel
dengan pengontrolan terhadap variabel-variabel lainnya.
c.Penelitian histori
Meneliti peristiwa-peristiwa yg telah terjadi di masa yg lampau.
d. Penelitian Pengembangan
Meneliti laju perkembangan sesuatu (individu, organisasi,
lembaga, dsb) / mengenbangkan hal baru
(model,paradigma,sistem software, dll)
D. Macam-macam Penelitian --cont’d
E. Perbedaan Penelitian Kuantitatif
dengan Kualitatif
1.Berpijak pd konsep naturalistik.
2.Kenyataan berdimensi jamak,
kesatuan utuh, terbuka berubah
3.Peneliti obyek berinteraksi,
penelit dari luar dan dlm peneliti
sebagai instrumen, subyektif,
judgment.
4.Seting penelitian alamiah,terkait
tempat dan waktu.
5.Analisis subyektif,intuitif-rasional.
6.Hasil penelitian berupa deskripsi,
interprestasi,tentatif-situasional.
1.Berpijak pd konsep positivistik.
2.Kenyataan berdimensi tunggal,
fragmental terbatas,fixed
3.Peneliti obyek lepas,penelit dari
luar dgn instrumen standar yg
obyektif
4.Seting peneliti buatan lepas
tempat dan waktu.
5.Analisis kuantitatif, statistik,
obyektif.
6.Hasil penelitian berupa inferensi,
generalisasi,prediksi
Penelitian kuantitatif Penelitian kualitatif
Penelitian kuantitatif (Positivistik)
KESIMPUL
-AN DAN
REKOMEN
-DASI
ANALISIS
DAN
INTERPR
ETASI
DESAIN
DAN
PENGUMP
ULAN
DATA
SAMPEL DAN
PENYUSUNAN
INSTRUMEN
DEFINISI
OPERASIONAL
DAN STUDY
LITERATUR
PERUMUSAN
MASALAH
DAN
HIPOTESIS/
PERTANYAAN
KESIMPUL
AN DAN
REKOMEN
DASI
ANALISIS DAN
INTERPRETASI
DESAIN DAN
PENGUMPULAN
DATA
SAMPEL
DAN
PENYUSU
NAN
INSTRUM
EN
DEFINISI
OPERASIONAL
DAN STUDY
LITERATUR
PERUMUSAN
MASALAH DAN
PERTANYAAN
Penelitian kualitatif (Naturalistik)
I. Langkah persiapan
1. Mengidentifikasi masalah.
2. Merumuskan dan membatasi masalah.
3. Mengadakan study kepustakaan.
4. Merumuskan tujuan dan manfaat penelitian.
5. Merumuskan asumsi dan hipotesis
/ pertanyaan penelitian.
6. Merumuskan metode penelitian.
7. Merumuskan populasi dan sampel
8. Menyusun lay out (kisi-kisi) instrumen.
9. Merumuskan butir-butir pertanyaan.
10. Menyusun persiapan teknis.
F. Langkah-langkah Penelitian
II. Langkah Pelaksanaan
1. Mengumpulkan data.
2. Mengolah dan menafsirkan data.
3. Menyusun draf laporan
III.Langkah pelaporan
1. Seminar hasil penelitian
2. Menyempurnakan laporan
3. Mendistribusikan dan menggunakan hasil penelitian
F. Langkah-langkah Penelitian --cont’d
1. Mengidentifikasi masalah
a. Masalah
Suatu situasi yg berisi kesenjangan dan bersifat
teka-teki, yang dpt menimbulkan kerawanan,
hambatan, ancaman ataupun gangguan
b.Tujuan indetifikasi
Mencari,memilih,menentukan masalah yg paling
urgen dan bermanfaat untuk diteliti.
c. Sumber
Hasil-hasil : penelitian, evaluasi, seminar, rapat
kerja, lokakarnya
Kebijakan pemerintah
Isu-isu santer dalam masyarakat
2.Merumuskan dan membatasi masalah
a. Merumuskan masalah
Memetakan variabel /komponen /aspek yg terlibat dlm
suatu tema masalah dgn menggunakan pola pikir atau
dasar teori tertentu
b .Membatasi masalah
Memisahkan variabel /komponen /aspek yg diteliti dari
yg tdk diteliti.
c. Merumuskan fokus penelitiann
Merumuskan keterkaitan variabel /komponen penelitian
dlm suatu judul (apabila ada beberapa fokus bisa dibuat
judul yg lbh luas).
d. Merumuskan definisi operasional
Rumusan definisi yg menggambarkan keadaan /perilaku
shg dpt diamati /diukur.
3. Asumsi dan hipotesis /pertanyaan penelitian
a.Asumsi
- Teori /hukum /dalil /kaidah /prinsip sebagai landasan dlm
mengkaji permasalahan.
- Merupakan kebenaran yg tdk perlu dibuktikan lagi.
- Hendaknya jelas mendasari persoalan-persoalan yg inti.
b.Hipotesis
- Jawaban sementara terhadap suatu persoalan
- Perlu dibuktikan secara statistik apakah diterima /ditolak.
- Dalam penelitian yg tak menggunakan pengolahan
statistik lanjut (seperti survai dan riset kualitatif) cukup
pertanyaan penelitian.
- Isi hipotesis /pertanyaan harus sejalan dgn tujuan penelitian
- Selain pertanyaan pokok dibuat rincian pertanyaan.
4. Metode penelitian
a.Pendekatan penelitian yg digunakan :
- Deskriptif - Pengembangan
- Eksperimen - Tindakan
- Historis - kualitatif
b.Model desain dan pendakatan :
- Eksperimen : murni,kuasi,lemah
- Deskriptif : Survai,korelatif,komparatif
c.Metode pengumpulan data :
- Wawancara - Observasi
- Angket/kuensioner - Tes
- Study dokumenter - Skala
d. Teknik analisis/pengolahan data :
- analisis statistik : # Deskriptif
# Inferensial (parametrik / non parametrik)
- analisis rasional-kualitatif
e. Alasan/argumentasi : mengapa digunakan metode, desain, teknik,
dsb.
f. Prosedur pelaksanaan : metode, desain, teknik
5. Populasi sampel dan sampling
a. Populasi
Keseluruhan unit (orang,kelompok,lembaga,organisasi,dll) yg
menjadi subjek penelitian
b.Sampel
- Bagian /cuplikan dr populasi yg secara nyata diteliti.
- Sampel mewakili populasi baik dlm karakteristik maupun
jumlah.Ukuran Sampel dg rumus Slovin: n = N / (1+ N.e^2)
- Bila sampelnya manusia dan diminta memberikan jawaban
disebut responden.
c. Penentuan sampel
- Acak (random) :bila karakteristik populasi sama (homogen)
- Strata (stratified) : bila populasi berjenjang
- Kluster (cluster) : bila populasi merupakan satuan/kluster
- Purposif : bila ada tujuan - tujuan khusus.
6. Penyusunan lay out dan butir pertanyaan
a.Penyusunan lay out /kisi-kisi instrumen
- Komponen lay out :
* Bidang masalah,variabel /komponen
- Sub variabel /komponen.
* Teknik pengumpulan data.
* sampel /responden.
- Penyusunan format lay out.
- Penentuan jumlah dan jenis instrumen
b. Penyusunan butir Pertanyaan /pernyataan
Umpamanya :
- Pedoman wawancara untuk Pimpinan Daerah.
- Angket staf dan warga masyarakat
- Study dokumentar pimpinan unit
c. Pengembangan Instrumen
- Seleksi dan pengelompokan butir soal.
- Perbanyakan terbatas.
- Uji coba instrumen.
- Pengolahan hasil uji coba.
- Penyempurnaan instrumen.
- Perbanyakan instrumen.
FORMAT KISI-KISI INSTRUMEN
2. X s.d.a s.d.a s.d.a s.d.a s.d.a
Dst
Desler
(2004)
dst
3
dst
1, 3, 6
dst
1)
2)
dst.
1)
2)
dst.
a._____
b._____
dst.
1. Y
Jumlah Teori
butir
Nomor
Item
Variabel Aspek Indikator
Penelitian
NO
Tidak ada komentar:
Posting Komentar