Minggu, 20 Juni 2010

Siswa SMKN Tugumulyo Diterima di-UNY

 MUSI RAWAS-Keluarga besar SMK Negeri Tugumulyo patut bersyukur dan berbangga hati atas prestasi peserta didiknya. Pasalnya, Tahun akademik 2009/2010, sedikitnya empat siswa sekolah itu diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN), Politeknik Sriwijaya Palembang (Polsri) dan Universitas Negeri Yogyakarta(UNY).
“Dari keempat siswa tersebut dua orang diterima di Polsri Sriwijaya dan dua orang diterima di UNY,” kata Robiyanto, Kepala SMK Negeri Tugumulyo, kepada wartawan koran ini, Sabtu (19/6).
Robiyanto menambahkan, penelusuran prestasi akademik yang diikuti tersebut, meliputi jalur tes daerah dan jalur bidik misi oleh Polsri Palembang serta jalur beasiswa calon guru mata pelajaran kejuruan SMK oleh UNY. Adapun siswa yang diterima melalui jalur Tes Daerah Ellya Kurniati Jurusan Teknik Mesin (Polsri), Joko Setio Purnomo jurusan Teknik Mesin pada Jalur Bidik Misi Polsri. Sedangkan Riyan Rohutama, diterima di Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif UNY, sementara Yoses Dicko Pratama, diterima di Jurusan Pendidikan Teknik Informasi dan Komputer UNY, melalui jalur Beasiswa Calon Guru Mata Pelajaran Kejuruan SMK.
“Untuk jalur bidik misi dan beasiswa calon guru SMK biaya kuliah dan biaya hidup selama kuliah ditanggung oleh pemerintah,” jelasnya.
Untuk itu, tahun akademik 2008/2009 siswa diterima di PTN, yakni Asep Nurwahid diterima di jurusan Teknik Mesin Unsri, Andika Saputra jurusan Pendidikan Ekonomi UNY, Mario Akbar Teknik Tambang UNSRI. Disamping itu ada beberapa siswa melanjutkan PT Swasta yang ada di berbagai daerah, yang terdiri dari Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Bengkulu, Yogyakarta dan Surabaya.
SMKN Tugumulyo di samping menyiapkan prestasi akademik, juga membekali peserta didik dengan keterampilan yang siap untuk terjun di dunia usaha. Alumninya telah terserap di beberapa DU/DI yang ada di Kabupaten Musi Rawas (Mura) dan sekitarnya. Untuk Kegiatan ekstra kulikuler yang ada adalah Pramuka, Pencinta Alam, Rohis dan Paskibraka. “Untuk Pencinta Alam, sedikitnya 6 siswa mewakil Mura dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) IX 2010 pada cabang lomba panjat tebing atas nama, Candra Riyanto, Agfa, Andi Murdiono, Merliadona dan Yistini. Kemudian Paskibra, ada dua siswa yang akan menjadi pengibar bendera di Kabupaten Mura, yaitu Sam Sugiarto dan Siti Romalinda,” ungkapnya.
Sementara itu, untuk prestasi di bidang keterampilan SMK Negeri Tugumulyo mampu meraih juara II tingkat provinsi di lomba Web Design, dan masuk sepuluh besar pada lomba bidang Teknik Mesin.
Robiyanto mengaku termotivasi untuk lebih mengupaya peningkatan prestasi sekolah dengan pengembangan sekolah menuju Sekolah Standar Nasional (SSN), akan tetapi jika memungkinkan target ke depannya SMK Negeri Tugumulyo dapat dijadikan Sekolah Berstandar Internasional (SBI). “Untuk lebih optimis lagi kami berupaya untuk dapat mewujudkan slogan SMK bisa. Yakni, Bisa bekerja dan bisa melanjutkan Keperguruan Tinggi,” papar Robiyanto.
Perlu diketahui, dalam rangka menunjang program Mura Darussalam Robiyanto berharap peserta didik mampu baca tulis Al Quran, dengan mengikuti kegiatan rohis dan pembelajaran di kelas. “Dalam penerimaan siswa baru periode 2010/2011 yang akan dilaksanakan Senin (21/6) hingga Jumat (25/6), dilakukan seleksi tertulis dan wawancara. Untuk persyaratan pendaftaran dapat ditanyakan langsung ke SMK Negeri Tugumulyo. Dalam proses pendaftaran siswa diharuskan membawa raport asli SMP, dengan kriteria penilaian yang disesuaikan dengan Standar Nasional,” tegasnya.(10)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar