Kamis, 13 Januari 2011

2011, BLK Mura akan Segera Dibangun

MUARA BELITI-Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Musi Rawas (Mura) akan segera dibangun. Pembangunan BLK ini direncanakan akan dilakukan 2011 ini di komplek perkantoran Pemerintah Kabupaten Mura.
Kabar gembira tersebut disampaikan, Murtin Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Mura.
Diharapkan, dengan dibangunnya BLK di Kabupaten Mura dapat meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). “Selama ini, perusahaan-perusahaan di Kabupaten Mura masih banyak memanfaatkan SDM dari luar untuk mengelola perusahaan. Ini artinya, kepercayaan perusahaan belum optimal, kemungkinan besar disebabkan ketidakpercayaan perusahaan akan kualitas SDM dari Kabupaten Mura,” jelas Murtin.
Dalam pengoperasionalkan BLK tersebut Disnakertrans akan memfokuskan pelatihan ini untuk lulusan SMA/SMK. Dengan membuka 10 workshop, seperti bengkel, jahit, tukang, jasa boga, komputer dan lain-lain. Tujuan utamanya, yaitu untuk mengurangi  tingginya angka pengangguran yang seringkali didominasi alumni SMA/SMK.
10 workshop yang dipilih dinilai berpeluang besar dalam dunia bisnis hingga tahun-tahun yang akan datang. Balai latihan kerja yang direncanakan berstandar nasional tersebut, akan dilengkapi dengan fasilitas asrama. Yang nantinya akan dimanfaatkan bagi para peserta latihan, agar benar-benar fokus pada pelatihan.
Pelatihan kerja ini akan diselenggarakan sengan kelas intensif, dengan menghadirkan tenaga pengajar yang benar-benar profesional di bidangnya.
Selain itu, BLK juga akan dilengkapi dengan fasilitas laboratorium bahasa. Yang nantinya akan dimanfaatkan untuk mendidik calon Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Kabupaten Musi Rawas yang akan merantau bekerja ke luar negeri.
“Diharapkan dengan adanya BLK nantinya tenaga kerja yang berasal dari Kabupaten Mura ini benar-benar terampil, berkualitas, mandiri, serta profesional di bidangnya,” jelas Murtin.(03)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar