Minggu, 30 Januari 2011

UAS METODE PENELITIAN

UJIAN AKHIR SEMESTER

PROGRAM MEGISTER TEKNOLOGI PENDIDIKAN

FKIP UNIVERSITAS BENGKULU

TAHUN AKADEMIK 2010



MATA KULIAH : METODOLOGI PENELITIAN PENDIDIKAN

PROGRAM STUDI : TEKNOLOGI PENDIDIKAN

SEMESTER : 2 (DUA)

DOSEN PENGAMPU : PROF.DR. PUDJI HARTUTI, Psi

:

Perhatikan rumusan masalah penelitian berikut

1. Apakah ada hubungan minat dan motivasi dengan hasil belajar siswa SMP pada mata pelajaran matemetika di Kabupaten Bengkulu Utara

2. Apakah ada pengeruh yang signifikan antara metode dan media pembelajaran terhadap hasil belajar biologi pada siswa SMU di Kota Bengkulu

3. Buatlah satu rumusan masalah lagi sesuai dengan masalah yang anda temukan dilapangan

(Apakah ada pengaruh pembelajaran multimedia terhadap prestasi belajar siswa dalam penggunaan alat ukur jangka geser pada mata pelajaran dasar kompetensi kejuruan di SMK Negeri 4 Kota Bengkulu)

SOAL :

1. Sebutkan jenis metode/rancangan penelitian yang akan anda gunakan (pada soal pertama, kedua dan ketiga)

2. Sebutkan variabel-veriabel penelitian pada rumusan masalah pada nomor 1,2, dan 3 di atas

3. Rumuskan hipotesis penelitian sesuai dengan rumusan masalahnya

4. Apa jenis instrumen penelitian yang akan anda kembangkan untuk menjawab rumusan masalah pada nomor 1 tersebut

5. Jelaskan populasi dan sampel penelitiannya, Teknik pengambilan sampel bagaimana yang akan anda gunakan

6. Analisis data apa yang anda gunakan untuk menjawab pertanyaan diatas, apa alasannya

File:UAS@D:magester 2 Page 1



JAWABAN :

1. Metode penelitian

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Eksprimen semu (quasi eksperimen). Menurut Luhut P .P (2000) “ciri-ciri penelitian quasi eksperimen secara khas mengenai keadaan praktis yang tidak mungkin mengontrol semua variabel yang relevan kecuali beberapa dari variabel-variabel tersebut”. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel, yaitu variabel bebas adalah pembelajaran berbasis multimedia dalam proses belajar-mengajar sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar Dasar Kopetensi Kejuruan yang meliputi aspek pengetahuan dan pemahaman.

Tabel 1. Noneequivalent Control Group Design

Kelompok

Tes Awal (Pretest)

Perlakuan (Variabel Terikat)

Tes Akhir (Posttest)

Eksprimen

T1

XM

T2

Kontrol

T1

Xm

T2

T1 = Tes prestasi yang diberikan sebelum proses belajar mengajar dimulai diberikan

kepada kedua kelompok (Eksprimen dan kontrol)

TM = Memberikan proses belajar mengajar untuk kelompok eksprimen yang

menggunakan multimedia

Tm = Memberikan proses belajar mengajar untuk kelompok kontrol yang menggunakan

konvensional

T2 = Tes prestasi yang diberikan setelah proses belajar mengajar berlangsung dan

diberikan kepada kedua kelompok (eksprimen dan kontrol)

File:UAS@D:magester 2 Page 2

Tes prestasi yang diberikan sebelum proses belajar mengajar dimulai, diberikan kepada kedua kelompok (eksperimen dan kontrol) Pemberian proses belajar mengajar untuk kelompok eksperimen yang menggunakan multimedia komputer.

Tes prestasi yang diberikan setelah proses belajar mengajar berlangsung dan diberikan kepada kedua kelompok (eksperimen dan kontrol). Kelompok kontrol diberikan pembelajaran dengan Multimedia (Power Point)

2. Variabel penelitian, yaitu karakteristik dari subyek penelitian yang relevan dengan permasalahan, dimana data akan diukur padanya. Untuk topik tersebut, variabel penelitian antara lain: pendidikan, pekerjaan, kebiasaan, etika, dll.

a. Menentukan variabel dari Apakah ada hubungan minat dan motivasi dengan hasil belajar siswa SMP pada mata pelajaran matemetika di Kabupaten Bengkulu Utara

Variabel bebas : minat

Variabel terikat : Hasil belajar siswa

b. Menentukan variabel dari Apakah ada pengeruh yang signifikan antara metode dan media pembelajaran terhadap hasil belajar biologi pada siswa SMU di Kota Bengkulu

Variabel bebas : Metode

Variabel terikat : Hasil belajar biologi pada siswa

c. Menentukan variabel dari Apakah ada pengaruh pembelajaran multimedia terhadap prestasi belajar siswa dalam penggunaan alat ukur jangka geser pada mata pelajaran dasar kompetensi kejuruan di SMK Negeri 4 Kota Bengkulu

Variabel bebas : Pembelajaran multimedia

Variabel terikat : Prestasi belajar siswa

File:UAS@D:magester 2 Page 3



3. Hipotesis Penelitian

1. Kemungkinan adanya hubungan minat dan motivasi dengan hasil belajar siswa SMP pada mata pelajaran matemetika di Kabupaten Bengkulu Utara

2. Kemungkinan adanya pengaruh yang signifikan antara metode dan media pembelajaran terhadap hasil belajar biologi pada siswa SMU di Kota Bengkulu

3. Kemungkinan besar ada pengaruh pembelajaran multimedia terhadap prestasi belajar siswa dalam penggunaan alat ukur jangka geser pada mata pelajaran dasar kompetensi kejuruan di SMK Negeri 4 Kota Bengkulu

4. Instrumen yang digunakan untuk mengambil data penelitian adalah dokumentasi dan angket. Dokumentasi berasal dari nilai ulangan harian siswa. Pernyataan yang dijabarkan dalam angket terdiri dari 10 pernyataan pada setiap variabel, yang kemudian disebarkan pada siswa. Analisishasil penelitian yang digunakan antara lain teknik analisis deskriptif, uji validitas dan reliabilitas instrumen, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda dan uji hipotesis.

Jumlah instrumen penelitian tergantung pada jumlah variabel penelitian yang telah ditetapkan untuk diteliti seperti hubungan minat dan motivasi dengan hasil belajar siswa SMP pada mata pelajaran matemetika di Kabupaten Bengkulu Utara. Dalam hal ada 3 instrumen yang perlu dibuat yaitu:

1. Instrumen untuk mengukur minat belajar

2. Instrumen untuk mengukur motivasi belajar

3. Intrumen untuk mengukur hasil belajar

Adapun jenis instrumen yang digunakan adalah test sebagai instrumen pengumpul data adalah serangkaian pertanyaan pertanyaan atau latihan yang digunakan untuk mengukur ketrampilan, dan intelegensi kemampuan atau bakat yang dimiliki oleh individu atau kelompok.

Adapun beberapa macam tes instrumen pengumpil data antara lain:

1. Tes kepribadian (personal test)

2. Tes bakat (talent test)

3.

File:UAS@D:magester 2 Page 4

Tes prestasi (pencapaian sesuatu/achievement test)

4. Test intelegensi (tingkat intlektual)

5. Test Sikap (attitude test)

5. Populasi dan Sampel

Populasi target dalam penelitian ini adalah siswa SMK Negeri 4 Kota Bengkulu kelas X TKR 1 yang berjumlah 32 siswa (sebagi kelompok Eksprimen dan X TKR 2 berjumlah 30 Siswa sebagai kelompok kontrol. Jumlah siswa dalam penelitian ini 62 siswa

a. Teknik Pengumpulan Data

Pengumpulan data hasil penelitian dilakukan dengan menggunakan alat pengumpul data berupa tes objektif pilihan ganda. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonequivalent control group design, dan data yang disajikan untuk kedua kelompok tersebut adalah data hasil tes awal dan tes akhir.

b. Teknik Analisis Data

1. Uji Normalitas Tes Hasil Belajar

Uji normalitas digunakan untuk mengetahui apakah data berdistribusi normal atau tidak dengan ketentuan bahwa data berdistribusi normal bila probabilitas atau p > 0,05 pada uji normalitas menggunakan uji Liliefors significance correction dari Kolmogrov-Smirnov. Pengujian dilakukan pada taraf kepercayaan 95% ( = 0.05).

2. Uji Homogenitas

File:UAS@D:magester 2 Page 5

Setelah kedua sampel penelitian tersebut dinyatakan berdistribusi normal, selanjutnya dicari nilai homogenitasnya dengan menggunakan Independent Sample T-Test. Kriteria pengujian yang digunakan pada tingkat kepercayaan tertentu. Sampel dinyatakan homogen apabila Fhitung< style=""> p (sig.) > 0,05. Pengujian dilakukan pada taraf kepercayaan 95% ( = 0.05).

3. Uji Kesamaan Dua Rata-rata Hasil Tes Awal

Pengujian dilakukan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara skor tes awal kelompok eksperimen dengan skor tes awal kelompok kontrol. Hipotesis yang diajukan adalah :

Ho = Tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata skor tes awal kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol.

H1 = Terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata skor tes awal

kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol.

Pengujian hipotesis tersebut, akan diuji dengan menggunakan rumus uji-t, dengan kriteria pengujian pada tingkat kepercayaan 95 % sebagai berikut:

Jika ± thitung <± ttabel , maka H0 diterima dan Hl ditolak, Jika ± thitung >± ttabel maka H0 ditolak dan Hl diterima.

1. Uji Kesamaan Rata-rata Hasil Tes Akhir

Pengujian dilakukan untuk mengetahui apakah skor tes akhir kelompok eksperimen yang diberikan pembelajaran dengan menggunakan multimedia Power Point lebih besar secara signifikan dibandingkan dengan skor tes akhir kelompok kontrol yang diberikan pembelajaran dengan Konvensional. Untuk pengujian tersebut diajukan hipotesis berikut:

Ho = Tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata skor tes akhir kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol.

H1 = Terdapat perbedaan yang signifikan antana rata-rata skor tes akhir

File:UAS@D:magester 2 Page 6

kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol.

Pengujian hipotesis tersebut, akan diuji dengan menggunakan rumusuji-t, dengan kriteria pengujian pada tingkat kepercayaan 95 % sebagai berikut:

Jika ± thitung <± ttabel , maka H0 diterima dan Hl ditolak, Jika ± thitung >± ttabel maka H0 ditolak dan Hl diterima.

6. Teknik Analisis Data

Sedangkan untuk membuktikan perbedaan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen digunakan perhitungan statistik yaitu uji-t dengan taraf kepercayaan 95%. Untuk mengetahui, apakah hipotesis ditolak atau diterima, maka dilakukan uji hipotesis. Uji hipotesis menggunakan uji t-tes. Sebelum dilakukan uji t, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Uji normalitas untuk mengetahui apakah data terdistribusi normal dan uji homogenitas dilakukan untuk mengetahui homogen atau tidaknya kecenderungan sebaran data untuk kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Uji normalitas, uji homogenitas, dan Uji t dilakukan menggunakan SPSS 17.

alasannya (Tujuan Penelitian)

1. Secara umum tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah membelajaran multimedia (Power Point) memberikan pengaruh terhadap motivasi belajar siswa sehingga prestasi hasil belajar siswa lebih baik dari pada pembelajaran secara konvensional.

2. Secara praktis penelitian ini diharapkan dapat memberikan solusi nyata berupa langah-langkah untuk memberikan motivasi belajar siswa terutama pada mata pelajaran Dasar Kopetensi Kejuruan. Penelitian ini diharapkan mampu memberikan manfaat bagi siswa, guru,dan sekolah.

File:UAS@D:magester 2 Page 7



UJIAN AKHIR SEMESTER

MATA KULIAH METODOLOGI PENELITIAN PENDIDIKAN

OLEH : MAHURI

NPM : A2M009125

DOSEN PENGAMPU: PROF.DR. PUDJI HARTUTI, Psi

DR. I. WAYAN DHARMAYANA, M.Si

Diajukan Sebagai Tugas Text Home UAS MataKuliah Metodologi Penelitian Pendidikan

Semester 2 (dua)

Program Pascasarjana (S2)

Teknologi Pendidikan FKIP Universitas Bengkulu

PROGRAM PASCASARJANA (S2)

TEKNOLOGI PENDIDIKAN

FKIP UNIVERSITAS BENGKULU

TAHUN AKADEMIK 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar