Rabu, 12 Januari 2011

Sekolah Belum Mendapat Sosialisasi Mekanisme UN

LUBUKLINGGAU-Meski pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tahun pelajaran 2010/2011 sudah dekat, namun sekolah-sekolah di Kota Lubuklinggau, belum mendapatkan sosialisasi secara resmi dari Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Lubuklinggau. Meski demikian sejumlah sekolah sudah melakukan persiapan menghadapi UN.
Sementara itu berdasarkan informasi yang mengacu pada jadwal UN yang tercantum dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) No. 45 Tahun 2010 tentang Kriteria Kelulusan. Dan Permendiknas No. 46 tentang Pelaksanaan UN SMP dan SMA Tahun Pelajaran 2010/2011 yang ditandatangani Menteri Pendidikan Nasional Mohammad Nuh, Senin (4/1) di Jakarta.
Penyelenggaraan UN tahun pelajaran 2010/2011 jenjang SMA/SMK/MA, akan dilaksanakan 18 hingga 21 April 2011. Sementara jenjang SMP/MTs, akan dilaksanakan 25 hingga 28 April 2011. UN Susulan SMA/MA/SMK akan dilaksanakan 25 hingga 28 April 2011, dan pengumuman kelulusan oleh satuan pendidikan paling lambat 16 Mei 2011. Salah satu strategi yang masih digunakan sekolah dalam mempersiapkan UN dengan mengadakan les bagi anak didik. 
Belum adanya sosialisasi UN juga dibenarkan oleh Kepala Sekolah SMA Negeri 2 Lubuklinggau, Suradi. “Kami belum mendapat sosialisasi resmi. Namun persiapan sudah akan dilakukan, Insya Allah, Kamis (13/1), siswa kelas III sudah akan mengikuti les tambahan. Intinya akan ada pendalaman materi tambahan untuk mengefektifkan persiapan UN,” jelas Suradi ketika dihubungi, Selasa (11/1).
Hal sama juga dilakukan oleh Yayasan Budi Utomo Lubuklinggau. Meskipun kejelasan mekanisme UN belum ada, namun yayasan yang berdiri sejak tahun 1988 ini, sudah memberikan pendalaman materi kepada pelajar kelas III baik SMP, SMA, maupun SMK Budi Utomo.
“Pemberian materi ini justru sudah dilakukan sejak semester ganjil. Masalah mekanisme itu kan pelaksanaan, yang terpenting kesiapan siswa menghadapi ujian ini. Semakin baik bersiapan yang kita lakukan, semakin matang dan semakin yakin kita untuk menghadapi ujian yang akan dilakukan,” jelas Elven Asmar, Ketua Yayasan Budi Utomo.
Memberikan pendalaman materi, dan memberikan les tambahan kepada calon peserta UN juga akan dilakukan SMK N 3 Lubuklinggau. Meski mekanisme sementara mereka peroleh dari internet, namun sudah direncanakan dalam waktu dekat sekolah ini akan memberikan les tambahan untuk siswa-siswi yang akan menempuh UN tahun ajaran 2010/2011.
Mekanisme pendalaman materi yang rencananya akan dilaksanakan, yaitu dengan dengan menambah jam pelajaran yang akan di UN kan. Seperti mata pelajaran Bahasa Indonesia, yang sebelumnya diberikan 4 jam per minggu, guna mempersiapkan UN akan menjadi 5 jam per minggu. Demikian halnya dengan mata pelajaran lain, seperti Matematika dan Bahasa Inggris. (03)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar