Senin, 31 Januari 2011

ANALISIS KEBUTUHAN MENGGUNAKAN JANGKA GESER (VERNIER CALIVER)

oLEH : MAHURI NPM A2M009125
Mahasiswa Pascasarjana Teknologi Pendidikan
Universitas Bengkulu

A. LATAR BELAKANG

Kualitas produk merupakan masalah yang tidak bisa diabaikan, oleh karenanya pengetahuan tentang pengukuran yang dilakukan terhadap benda kerja merupakan produk yang sangat vital dalam menjamin kualitas dari produk yang dihasilkan. Pengetahuan tentang pengukuran yang dimaksud adalah pengetahuan teknik untuk melakukan pengukuran atas bagian-bagian dari suatu benda hasil produksi, baik mengukur dimensi ataupun sifat geometris, berat, temperatur, kekerasan dari suatu produk atau part mesin dengan alat dengan cara yang tepat, sehingga hasil pengukurannya dianggap sebagai hasil yang paling dekat dengan ukuran sesungguhnya.

Untuk mendapatkan pengukuran dengan tepat dituntut adanya pengetahuan dan kemampuan mengoperasikannya yang memadai dan kemampuan untuk membedakan berbagai sistem pengukuran sesuai dengan spesifikasi geometris benda yang akan diukur. Dengan kata lain setiap orang yang bekerja dalam bidang teknik harus mengetahui teknik pengukuran yang mempunyai ruang lingkup tentang bagaimana cara menggunakan alat ukur dengan benar dan pengetahuan lain yang berkaitan erat dengan masalah pengukuran. Hanya saja penggunaan alat ukur tersebut juga akan dipengaruhi oleh berbagai hal diantaranya; besar benda yang diukur, kondisi fisik benda yang diukur, posisi benda yang diukur, tingkat ketelitian yang direncanakan,efesien,dsb. Dalam praktiknya pengukuran dapat diklasifikasikan antara lain; panjang, berat, temperatur, sudut dan kerataan.

Banyak cara yang dilakukan oleh juru teknik dalam melakukan proses pengukuran semuanya itu bertujuan untuk mendapatkan hasil pengukuran seakurat mungkin. Hal tersebut sangat tergantung pada jenis, bentuk, posisi bahkan temperatur dari benda ukur ataupun alat yang digunakan.

Jangka Geser adalah suatu alat ukur yang digunakan untuk mengukur diameter luar, diameter dalam, kedalaman lubang dan jarak antara dua buah titik, yang membutuhkan ketelitian hingga 0,02 mm untu satuan metrik, dan 0.001 inchi untuk satuan inchi.
Cara menggunakan jangka geser adalah
1. Bersihkan benda kerja yang akan diukur dan alat ukur yang digunakan
2. Priksa bahwa skala pernier bergerak dengan bebas dan angka nol pada skala bertemu dengan tepat
3. Pada waktu melakukan pengukuran usahakan benda yang diukur sedekat mungkin dengan skala utama, pengukuran diujung rahang mistar geser menghasilkan hasil pembacaan yang akurat
4. Tempatkan mistar geser tegak lurus dengan benda yang diukur

Hasil Pengukuran benda ukur dengan menggunakan jangka geser sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain:
a. Faktor sipengukur
b. Benda yang diukur
c. Pengaruh lingkungan
d. Cara menggunakan alat ukur
Adapun cara pemeliharaan alat ukur antara lain:
1. Lap peralatan dari debu, minyak atau gemuk yang menempel
2. Lumasi bagian-bagian yang memerlukan
3. Simpanlah peralatan pada kotak atau tempat yang disediakan dengan rapi
4. Gantilah alat ukur jika terjadi keausan, perubahan bentuk ukuran atau rusak

B. IDENTIFIKASI MASALAH
Berdasarkan latar belakang masalah yang telah diuraikan di atas,maka permasalahan dapat diidentifikasikan sebagai berikut
1. Bagaimana cara menghasilkan pengukuran yang standar dalam hasil sebuah produk
2. Mengapa kwalitas produk sangat dipengaruhi dari hasil pengukuran
3. Faktor apasaja yang pempengaruhi hasil pengukuran
4. Bagai mana cara menggunakan alat ukur jangka geser sehingga hasil pengukuran mendekati akurat

C. PERMASALAHAN

1. Bagaimana cara menggunakan Jangka Geser dan bagian-bagiannya
2. Bagaimana Cara Mengukur Benda kerja yang standart
4. Bagaimana cara Merawat Jangka Geser

D. PENANGANAN MASALAH

Dengan mempersiapkan alat dan sarana pembelajaran seperti jangka geser (benda asli) dan benda-benda yang akan diukur, serta menggunakan metode pembelajaran praktik siswa dapat mempraktikkan langsung mengukur benda kerja yang sudah disiapkan, serta dapat menggunakan jangka geser dan fungsi dari bagian-bagiannya sesuai dengan materi yang diajarkan. Untuk bagaimana cara merawat jangka geser sesuai dengan materi yang ditampilkan melalui power poin, guru dapat memberikan contoh terlebih dahulu baru kemudian dilakukan oleh siswa.

Dengan menerapkan multimedia dalam pembelajaran diharapkan siswa dapat mengenal dan beriterkasi langsung dengan alat yang digunakan. Dalam proses belajar mengajar siswa tidak hanya mendengarkan ceramah tetapi juga aktif secara langsung dalam proses pembelajaran dan memberikan motivasi serta minat belajar dalam mata pelajaran Dasar Kompetensi Kejuruan sehingga diharapkan dapat mengatasi kesulitan belajar terutama dalam menggunakan alat ukur jangka geser.
PROSEDUR PRODUKSI PROGRAM MAKROMEDIA

A. PRA PRODUKSI
1. Identifikasi Program
Mata Pelajaran : Dasar Kompetensi Kejuruan
Standar Kompetensi : Menggunakan Alat Ukur (Measuring Tool)
Kompetensi Dasar : Menggunakan Jangka Geser (Vernier Caliper)
Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat:
1. Menjelaskan kegunaan jangka geser
2. Menjelaskan bagian-bagian dari jangka geser dan kegunaannya
3. Mendemontrasikan cara mengukur benda kerja menggunakan jangka geser
4. Menjelaskan cara merawat jangka geser yang benar
Sumber : Bahan Ajar “Teknik Mesin Industri Jilid 1”
Media/Alat/Bahan : Komputer/Leptop, proyektor, benda asli jangka geser
Durasi : 25 Menit

2. Sinopsis
Visualisasi video ini memperlihatkan keadaan faktor-faktor yang mendukung proses pembuatan video program makromedia. Dimulai dengan memperlihatkan gambar gerbang pintu masuk Universitas Bengkulu menuju ruang gedung FKIP Universitas bengkulu dan ruang belajar mahasiswa Pascasarjana (S2) Teknologi Pendidikan. Kemudian memperlihatkan situasi SMK Negeri 4 Kota bengkulu dimana penulis bertugas dimulai dari situasi gedung, siswa belajar,praktek sampai ketempat penyimpanan alat ukur jangka geser sebagai objek dari materi pelajaran yang akan disampaikan.
Bahasan pertama dimulai dengan menayangkan jangka geser dan menjelaskan kegunaannya, dan menjelaskan bagian-bagian dari jangka geser serta kegunaannya, dilanjutkan dengan cara menggunakan/mengukur benda kerja dengan menggunakan jangka geser, serta bagaimana cara merawat alat ukur jangka geser yang benar. (Film Pembelajaran berjudul “Menggunakan Jangka Geser”)
3. Treatment
Cerita diawali dengan memperlihatkan pristiwa yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari terutama di bengkel-bengkel yang tentu saja memerlukan berbagai alat ukur misalnya jangka geser. Benda-benda ataupun bagian-bagian dari kenderaan yang memerlukan ketelitian dalam pengukuran yang dapat diukur menggunakan jangka geser seperti mengukur ketebalan, mengukur diameter lubang bagian dalam, dan mengukur kedalaman lubang dari sebuah benda.
Dan terakhir faktor perawatan alat ukur dimulai dari bagaimana cara membersihkan setelah dipakai, kebersihan lingkungan tempat kerja, penyimpanan alat ukur dan suhu yang standar dalam ruangan penyimpanan alat ukur.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar