Kamis, 11 Maret 2010

75 Pelajar Lulus Seleksi Anggota Paskibraka

LUBUKLINGGAU-Setelah menunggu waktu yang cukup lama, akhirnya panitia seleksi anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat Kota Lubuklinggau mengumumkan pelajar yang masuk menjadi anggota Paskibraka. Sedikitnya 75 nama masuk menjadi anggota Paskibraka yang dipersiapkan untuk bertugas menjadi petugas pengibar bendera, pada upacara bendera peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-65, 17 Agustus mendatang.
“Seyogyanya, pengumuman kelulusan dilakukan Senin (8/3) lalu, tetapi karena sesuatu dan lain hal terpaksa kami undur. Kemudian, kami juga melakukan konsultasi dengan pihak provinsi untuk menentukan pelajar mana saja yang berhak masuk kedalam anggota inti. Tujuannya supaya tidak ada manipulasi dalam penentuannya, sebab mereka juga dipersiapkan untuk anggota Paskibraka tingkat Provinsi Sumatera Selatan,” ungkap Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dispora Kota Lubuklinggau, Haeruddin, melalui Kepala Bidang (Kabid) Kepemudaan, Burlian Husin, kepada wartawan koran ini, Kamis (11/3).
Burlian memastikan, dalam penentuan anggota inti Paskibraka ini telah sesuai dengan persyaratan yang ada. Antara lain, tinggi badan untuk putra 170 cm dan putri 160 cm. Kemudian sehat jasmani dan rohani, jenis kaki normal tidak berbentuk X atau O, memiliki wawasan yang luas serta berbagai kriteria lainnya.
“Mengingat 17 Agustus nanti berbarengan dengan umat muslim melaksanakan puasa Ramadhan, maka kami berinisiatif melaksanakan seleksi lebih awal dari jadwal biasanya. Dengan begitu proses latihan pun dapat dilaksanakan dengan sungguh-sungguh dalam jangka waktu yang cukup lama. Dan menurut rencana, pelaksanaan karantina akan berlangsung April mendatang berpusat di Gedung Badan Pendidikan dan Pelatihan (Bandiklat) Kota Lubuklinggau,” tambahnya.
Selain 75 pelajar bakal menjadi anggota Paskibraka tingkat Kota Lubuklinggau, pihak panitia juga akan mempersiapkan enam pelajar untuk menjadi anggota Paskibraka tingkat Provinsi Sumatera Selatan. Bahkan, Kota Lubuklinggau memasang target bisa meluluskan wakilnya ke tingkat nasional.
“Untuk itulah kami benar-benar selektif dalam memilih anggota Paskibraka, sebab mereka akan dipersiapkan ke tingkat nasional. Apalagi Kota Lubuklinggau sudah lama tidak menempatkan wakilnya di tingkat nasional,” pungkasnya.(05)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar