Minggu, 28 Maret 2010

Universitas Stanford


Dari kiri ke kanan
(Penulis, Bpk. Onny Jamhari Ph.D., alumni Universitas Stanford dan Rio)

Schools

Universitas Stanford

Leland Stanford Junior University

Lambang resmi Universitas Stanford

Motto Die Luft der Freiheit weht
(bahasa Jerman artinya "Angin kebebasan berhembus ")
Didirikan 1891[1]
Jenis Swasta
Dana abadi AS$15,2 milyar[2]
Presiden John L. Hennessy
Staf 1.771[3]
Sarjana 6.705[4]
Pascasarjana 8.176[5]
Lokasi Stanford, CA, AS
Kampus Suburban, 33.1 km²
Atletik Stanford Cardinal
Maskot Pohon Stanford (tak resmi).
Situs web Stanford.edu

Leland Stanford Junior University, yang lazim dikenal sebagai Universitas Stanford (atau Stanford saja), adalah sebuah universitas swasta yang terletak kira-kira 60 kilometers di tenggara San Francisco dan kira-kira 30 km di timur laut San Jose di wilayah Kabupaten Santa Clara yang belum diresmikan sebagai kota. Stanford terletak di dekat kota Palo Alto California AS tepat di jantung Lembah Silikon baik secara geografis maupun historis.

Universitas Stanford terletak di kampus universitas kedua terbesar di dunia, dan terdiri atas Sekolah Teknik Hukum Kedokteran Pendidikan Bisnis Ilmu-ilmu Bumi dan Humaniora serta Sains. Universitas ini mempunyai sejumlah program dan sebuah rumah sakit pendidikan selain berbagai kegiatan menjangkau ke masyarakat dan inisiatif relawan.

Daftar isi

Sejarah

Stanford didirikan oleh raja kereta api dan Gubernur California Leland Stanford dan istrinya, Jane Stanford. Universitas ini diberi nama untuk menghormati anak tunggal mereka, Leland Stanford, Jr. yang meninggal dunia karena tipus hanya beberapa hari menjelang ulang tahunnya yang ke-16. Pada pagi hari kematian anak mereka, Leland Sr. konon berkata kepada istrinya, “Anak-anak di California akan menjadi anak-anak kita.”

Masyarakat setempat dan orang-orang yang berafiliasi dengan universitas ini menyebut sekolah ini sebagai Peternakan, yang merujuk kepada kenyataan bahwa universitas ini terletak di lokasi bekas peternakan kuda Leland Stanford.

Dana pembangunan universitas ini ditulis pada 11 November 1885 dan diterima oleh Dewan Pengurus pertama universitas ini pada 14 November. Peletakan batu pertamanya dilakukan pada 14 Mei 1887 dan universitas ini secara resmi dibuka pada 1 Oktober 1891 dengan 559 mahasiswa pertamanya, dengan uang kuliah gratis dan 15 dosen, 7 di antaranya berasal dari Universitas Cornell. Sekolah ini didirikan untuk laki-laki maupun perempuan, meskipun untuk jangka waktu yang lama penerimaan mahasiswinya dibatasi. Hal ini bukan disebabkan oleh sentimen anti perempuan, melainkan karena kekhawatiran di pihak Jane Stanford, yang merasa bahwa tanpa pembatasan itu, sekolah ini dengan segera akan penuh dengan mahasiswi saja, yang dianggapnya tidak cocok dengan maksudnya semula untuk menjadikan universitas ini sebagai peringatan untuk anak lelakinya.

Motto resmi Universitas Stanford, yang dipilih oleh suami-istri Stanford, adalah "Die Luft der Freiheit weht." Kutipan dalam bahasa Jerman ini berasal dari Ulrich von Hutten yang berarti "Angin kebebasan berhembus." Pada waktu sekolah ini didirikan, bahasa Jerman baru saja menggantikan bahasa Latin sebagai bahasa yang dominant dalam sains dan filsafat (posisi ini dipertahankan hingga pecahnya Perang Dunia II).

Kampus

Many students use bicycles to get around the large campus.

Luas Universitas Stanford adalah 32 km². Kampus utamanya dibatasi oleh El Camino Real Stanford Avenue, Junipero Serra Boulevard dan Sand Hill Road di bagian barat laut dari Lembah Santa Clara di Jazirah San Francisco. Pada musim panas 1886, ketika kampus ini pertama kali dirancang, Stanford menghadirkan presiden dari Massachusetts Institute of Technology Francis Amasa Walker dan arsitek lansekap terkemuka Boston Frederick Law Olmsted ke pantai barat untuk memberikan konsultasi. Olmsted mengemangkan sebuah konsep umum untuk kampusnya serta bangunan-bangunannya. Ia menolak bagian yang berbukti-bukit dan lebih memilih permukaan yang datar, yang lebih praktis. Charles Allerton Coolidge kemudian mengembangkan konsep ini menurut gaya almarhum mentornya, Henry Hobson Richardson dalam gaya Romanesk Richardsonian, yang dicirikan oleh bangunan-bangunan batu persegi empat, yang dihubungkan dengan lorong-lorong beratap dengan lengkungan setelah lingkaran. Kampus aslinya juga dirancang dengan gaya colonial Spanyol yang lazim bagi California yang dikenal sebagai Mission Revival.

Pranala luar

Untuk mahasiswa atau calon mahasiswa

Publikasi Stanford dan terbitan media lainnya

Untuk pengunjung

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar