Jumat, 19 Maret 2010

Walikota: Peserta UN Jangan Dibikin Grogi

LUBUKLINGGAU-Walikota Lubuklinggau mengimbau kepada pengawas Ujian Nasional (UN) supaya tidak membuat grogi siswa yang akan mengikuti UN. Sebab, kalau hal itu terjadi maka dikhawatirkan konsentrasi siswa akan terganggu yang mengakibatkan hasil UN mereka buruk.
Demikian dikatakan Walikota Lubuklinggau, Riduan Effendi, usai rapat persiapan UN bersama Kepala SMP dan SMA negeri/swasta se-Kota Lubuklinggau di Op Room Moneng Sepati, Pemkot Lubuklinggau, Jumat (19/3).
“Kami harapkan kepada pengawas supaya bekerja dengan baik, jangan malah membuat konsentrasi anak menjadi pecah dan menambah kacau fikiran mereka,” harapnya.
Riduan menambahkan, seluruh lapisan masyarakat mulai dari kepolisian, orang tua murid, komite sekolah, dewan pendidikan dan masyarakat harus bekerjasama dalam menyukseskan pelaksanaan UN. Tujuannya untuk menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas yang dilahirkan oleh lembaga pendidikan di Kota Lubuklinggau.
“Kita jangan selalu menyalahkan institusi dalam hal ini guru dan kepala sekolah serta Disdik karena anak didik tidak lulus. Maka dari itu, kalau ingin anak kita pintar tentunya harus memerlukan kerja keras sehingga hasil yang dicapai maksimal. Tadi (kemarin, red) saya telah tekankan itu kepada jajaran Disdik untuk melakukan persiapan sematang mungkin. Sebab, kita harus mencari kualitas bukan kuantitas. Sukses dan tidaknya pelaksanaan UN siswa harus belajar,” tegas Riduan.
Terkait target kelulusan yang diinginkan Pemkot Lubuklinggau, Riduan menyatakan, target kelulusan UN untuk Kota Lubuklinggau adalah 100 persen seperti tahun-tahun sebelumnya. Apalagi, berdasarkan perangkingan dari 15 kabupaten/kota yang ada dalam wilayah Sumatera Selatan, Kota Lubuklinggau merupakan daerah kedua setelah Kota Palembang yang berhasil meluluskan siswanya 100 persen.
“Alhamdulillah, Kota Lubuklinggau menjadi daerah kedua meluluskan 100 persen siswanya pada pelaksanaan UN. Tentunya, kita semua menginginkan hal itu dapat tercapai lagi untuk tahun ini. Mudah-mudahan saja,” pungkasnya.(05)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar