Jumat, 26 Maret 2010

KUPT Terawas Adakan Lomba Cerdas Cermat

Untuk Guru Berprestasi dan Pelajar

Musi Rawas - Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2010, Kepala Unit Pelaksana Teknis (KUPT) Terawas Kecamatan STL ULU Terawas, mengadakan lomba cerdas cermat. Lomba yang diselenggarakan tersebut diperuntukan bagi SD, SMP, dan guru berprestasi.
Kegiatan itu dipusatkan di SDN I Terawas, dimulai 28 April hingga 1 Mei 2010. Tujuannya, untuk memeriahkan Hardiknas serta meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Musi Rawas (Mura) khususnya di Kecamatan STL ULU Terawas.
Selain itu kegiatan ini juga untuk mengingat jasa-jasa Bapak Pendidikan, K Hajar Dewantara, yang telah memperjuangkan pendidikan di Indonesia. Dengan gaya kepemimpinan beliau “Ing ngarso sung tuladha, ing madya mangun karsa, tut wuri handayani.” Artinya, di depan menjadi contoh, di tengah memberikan gagasan dan motivasi, di belakang mengarahkan menuju hal yang lebih baik. Demikian dikatakan Ketua Pelaksana Kegiatan, Suprianto saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (26/3).
Untuk cabang lomba yang akan diadakan, diantaranya lomba cerdas cermat, melukis, tari kreasi, dan masih banyak yang lainnya. “Untuk saat ini kami belum bisa memastikan cabang lomba apa yang bakal dipertandingkan, sebab masih akan diadakan Rapat Koordinasi (Rakor) pemantapan terlebih dahulu,” ungkapnya.
Perlombaan itu diikuti oleh 24 SD, satu MI, lima SMP dan satu MTs di Kecamatan STL ULU Terawas. Untuk perlombaan guru berprestasi, kepala sekolah (Kasek) harus mengirim perwakilan atau utusan satu orang guru yang terbaik dari sekolah bersangkutan.
Selanjutnya utusan guru terbaik akan dinilai oleh tim pengawas. Dengan konsep penilaian yaitu, perangkat pembelajaran, kinerja guru atau dedikasi dalam mengajar, dan karya ilmiah (Makalah). “KUPT menyediakan 10 unit tropi dan 1 piala bergilir bagi para pemenang,” jelasnya.
Sementara itu penyerahan hadiah bagi para pemenang akan diserahkan 3 Mei 2010 saat upacara peringatan Hardiknas di lapangan Agropolitan Centre (AC) Distrik STL ULU Terawas. “Mudah mudahan Bupati Mura dapat hadir pada penyerahan tropi tersebut,” harapnya.
Perlu diketahui, anggaran dana pelaksanaan kegiatan berasal dari siswa itu sendiri. Untuk SD diminta Rp 500/siswa dan SMP Rp 1.000/siswa. “Sesuai kesepakatan pada Rakor, 23 Maret lalu,” ungkapnya.(16)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar