Senin, 22 Maret 2010

Hari Ini, Dana BOS Triwulan I Dicairkan

LUBUKLINGGAU-Hari ini (Selasa, 23/3), Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Lubuklinggau akan mencairkan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) ke seluruh sekolah penerima. Dana tersebut disalurkan melalui rekening sekolah masing-masing, dengan besaran dana yang diterima sesuai jumlah siswa yang dimiliki. Demikian diungkapkan Kepala Disdik Kota Lubuklinggau, Septiana Zuraida, melalui Sekretaris Disdik, Agus Sugianto, kepada wartawan koran ini di ruang kerjanya, Senin (22/3).
“Terhitung besok (hari ini, red) dana tersebut sudah bisa dicairkan melalui rekening sekolah masing-masing. Dana ini merupakan periode Januari-Maret 2010. Untuk itulah, kepada seluruh sekolah silakan mengambil dana tersebut dengan penggunaannya sesuai Petunjuk Teknis (Juknis) yang telah ditetapkan,” terang Agus.
Adapun dana yang dipersiapkan yakni Rp 2.509.500.000 untuk 25.095 murid Sekolah Dasar (SD) dari 90 SD negeri dan swasta. Sedangkan untuk tingkat SMP berjumlah 10.880 siswa dari 30 SMP negeri/swasta dengan dana Rp 1.564.000.000. Untuk masing-masing murid SD menerima Rp 400 ribu/siswa/tahun, sedangkan untuk siswa SMP Rp 575 ribu/siswa/tahun.
Kalau melihat jangka waktu yang digunakan dalam pencairan dana tersebut memang agak terlambat, hal ini dikarenakan proses pembahasan pencairan dana memakan waktu yang cukup lama.
“Itu makanya, pencairan dana BOS ini mengalami keterlambatan. Sebenarnya keterlambatan ini bukan terjadi di Kota Lubuklinggau saja, melainkan di seluruh daerah,” lanjutnya.
Sementara itu, mengenai dana sekolah gratis yang hingga kini belum juga dicairkan, Agus menyampaikan, dalam waktu dekat Pemkot Lubuklinggau segera mencairkan dana sharing itu. Sebagaimana diketahui, dana sekolah gratis ini merupakan dana sharing antara Pemprov Sumsel dengan Pemkot Lubuklinggau.
“Insyaallah dalam waktu dekat kami akan mencairkan dana sekolah gratis kepada seluruh siswa yang ada di Kota Lubuklinggau. Dana ini merupakan dana sharing Pemkot Lubuklinggau. Maksudnya, 75 persen dari APBD Provinsi Sumsel dan 25 persen APBD Kota Lubuklinggau,” jelas Agus.
Mengenai besarannya yakni dilihat dari jumlah siswa yang dimiliki sekolah tersebut. Dimana, dana yang diterima masing-masing siswa adalah Rp 10 ribu untuk murid SD sederajat, masing-masing Rp 7.500 dari APBD Provinsi Sumsel dan Rp 2.500 dari APBD Kota Lubuklinggau. Untuk siswa SMP sederajat, Rp 10.000 dari APBD Provinsi Sumsel dan Rp 5.000 dari APBD Kota Lubuklinggau. Sementara itu, untuk siswa SMA sederajat Rp 70 ribu dari APBD Provinsi Sumsel dan Rp 10 ribu menggunakan APBD Kota Lubuklinggau, untuk siswa SMK Rp 80 ribu dari APBD Sumsel dan Rp 10 ribu dari APBD Kota Lubuklinggau.(05)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar