Selasa, 30 Maret 2010

Guru TKST Terima Honor Pertama

MUSI RAWAS-Kamis (25/3), guru Tenaga Kerja Sukarela Terdaftar (TKST) periode 2009-2010, menerima honor pertama. Jadi wajar jika lima hari terakhir ini kantor Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Musi Rawas (Mura) selalu dipadati para TKST.
Kadisdik Kabupaten Mura, Edi Iswanto melalui Kapala Sub Bagian Keuangan, Marneti mengakui, pengambilan honor pertama TKST periode 2009-2010 sudah dilaksanakan Kamis (25/3) lalu.
Dijelaskan Marneti, TKST yang menerima honor itu mencapai 108 orang. Ke-108 TKST itu berasal dari empat wilayah. Untuk wilayah I terdiri dari Kecamatan Tugumulyo, Purwodadi, Muara Beliti, Selangit, dan Sumber Harta. Wilayah II, yaitu Kecamatan Megang Sakti, Sukakarya, Karangdapo, Karang Jaya, Tuang Negeri dan Muara Rupit. Kemudian wilayah III, terdiri dari Kecamatan Muara Lakitan, Nibung, Muara Kelingi, Rawas Ulu, dan Jayaloka. Sementara wilayah IV adalah Kecamatan Rawas Ulu, Rawas Ilir, dan BTS Ulu.
Mengenai pembayaran honor TKST, dibayar berdasarkan wilayah. Seperti wilayah I terdapat 24 guru TKST dibayar Rp 500 ribu/orang/bulan, wilayah II ada 32 guru TKST dibayar Rp 600 ribu/orang/bulan. Kemudian wilayah III sebanyak 72 guru TKST dibayar Rp 650 ribu/orang/bulan, dan wilayah IV ada 50 guru TKST dibayar Rp 750 ribu/orang/bulan.
Menurut Marneti, sistem pembayaran honor ini dilaksanakan tiga bulan sekali, terutama bagi guru yang bertugas di daerah yang letaknya jauh dari ibukota kabupaten, seperti Rawas Ilir dan Rawas Ulu. “Untuk saat ini guru TKST yang mengambil honor sudah mencapai 95 persen,” terangnya.
Marneti menambahkan, bagi guru PNS yang berada di daerah terpencil mendapatkan insentif khusus, sama halnya dengan guru TKST yang berada di wilayah IV.
Sementara itu, ada 510 guru TKST periode 2007-2008 yang belum diangkat itu masih mendapat honor dari Diknas Kabupaten Mura. Namun pembayaran honor mereka juga berdasarkan wilayah yang telah ditetapkan.(16)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar