Jumat, 12 Maret 2010

Kadisdik Imbau Pelajar Tingkatkan Standar Pendidikan

LUBUKLINGGAU-Meningkatnya kebutuhan pemerintah terhadap pegawai yang berkualitas dan berdedikasi tinggi terhadap dunia pekerjaan yang mereka jalani, salah satunya mereka harus memiliki standar pendidikan yang tinggi. Untuk itulah, Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Lubuklinggau, Septiana Zuraida, mengimbau pelajar di Kota Lubuklinggau untuk meningkatkan standar pendidikan yang dimiliki.
“Kedepannya zaman semakin berkembang. Artinya, kebutuhan akan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas semakin dibutuhkan. Oleh karena itulah kami mengimbau kepada pelajar di Kota Lubuklinggau untuk meningkatkan standar pendidikan supaya bisa memenuhi kebutuhan di dunia pekerjaan,” kata Septiana Zuraida, kepada wartawan koran ini di ruang kerjanya, Jumat (12/3).
Sebagaimana diketahui, setiap kali penerimaan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di beberapa daerah, yang dibutuhkan adalah seseorang yang meraih gelar sarjana. Dia mencontohkan, pada penerimaan CPNSD Kota Lubuklinggau beberapa waktu lalu, sarjana kesehatan dan pendidikan sangat dibutuhkan.
“Harapan kami, pendidikan anak-anak lebih berkualitas kedepannya. Sebagai contoh kasus, saking banyaknya lulusan sarjana yang dibutuhkan pada penerimaan CPNSD hampir semua jurusan tersedia. Kendati demikian, apabila telah meraih gelar sarjana harus dibarengi dengan kualitas SDM,” harap wanita yang kesehariannya disapa Anna.
Apalagi saat ini, kata dia, di Kota Lubuklinggau telah banyak Perguruan Tinggi (PT) yang dimiliki. Jadi, pelajar dengan mudah untuk meningkatkan standar pendidikan mereka. Kemudian dengan beasiswa yang diberikan oleh pemerintah serta berbagai institusi pendidikan, menambah gairahnya pendidikan di Kota Lubuklinggau.
“Dengan adanya berbagai PT di Kota Lubuklinggau saat ini, manfaatnya sangat besar untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Apalagi adanya pemberian beasiswa oleh pemerintah dan berbagai institusi pendidikan di kota ini. Tetapi, untuk mendapatkan beasiswa harus diikuti dengan prestasi yang dimiliki,” tambahnya.
Salah satu langkah yang akan dilakukan pemerintah terhadap sarjana lulusan PT, yakni dengan menciptakan peluang kerja bukan mencarikan pekerjaan untuk mereka. Sebab, hal inilah yang hanya bisa dilakukan pemerintah terhadap generasi mudanya.
“Saya kira kalau untuk menciptakan peluang kerja bagi generasi muda di Kota Lubuklinggau bisa dilakukan pemerintah. Tapi kalau untuk mencarikan pekerjaan itu hal sulit, negara manapun tidak ada yang sanggup,” lanjutnya.
Oleh karena itu, Ny Anna berharap kepada seluruh siswa untuk siap menghadapi Ujian Nasional (UN) yang akan dimulai Senin (22/3) mendatang. Tujuannya, menciptakan lulusan yang handal dan profesional untuk pembangunan SDM di Kota Lubuklinggau.(05)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar