Senin, 02 Agustus 2010

Gramedia PS Gelar Gramedia Book Fair 2010

*Tanpa Dipungut Biaya
LUBUKLINGGAU-Hari ini (Senin 2/8) Gramedia Pelembang Square (PS) menggelar pameran buku atau Garamedia Book Fair 2010. Kegiatan dilaksanakan di Hotel Hakmaz Taba Lubuklinggau, Kelurahan Majapahit, Kecamatan Lubuklinggau Timur I.

Tujuan dilaksanakannya pameran buku tersebut, untuk mengetahui minat baca pelajar serta masyarakat di Kota Lubuklinggau khususnya dan Kabupaten Musi Rawas (Mura) umumnya.

Demikian dikatakan Ketua Panitia Gramedia Book Fair 2010, Nopriansyah, melalui Wakil Ketua Panitia, Lukman kepada wartawan koran ini ketika dijumpai di Hotel Hakmaz Taba Lubuklinggau, Sabtu (31/7).

“Kegiatan akan dilaksanakan tujuh hari, terhitung Senin (2/7) hingga Minggu (8/7). Pameran ini akan dibuka Assisten I Kota Lubuklinggau, Izhar Syafawi, mewakili Walikota Lubuklinggau. Stan pameran dibuka mulai pukul 08.00 WIB hingga 21.00 WIB. Bagi masyarakat yang berkunjung ke Gramedia Book Fair 2010 tanpa dipungut biaya,” kata Lukman.

Sedikitnya 2000 buku yang akan dipajangkan pada pameran tersebut. Tidak hanya itu, dalam kegiatan pameran juga diadakan berbagai macam kegiatan stan meliputi Talk Show Pendidikan, lomba mewarnai ibu dan anak pra TK/TK dan SD, Lomba Fashion Show dan game-game menarik, serta lomba meraup buku. Untuk Lomba meraup buku sepuasnya merupakan salah satu acara untuk menyemarakkan stan tersebut. Lomba meraup buku lanjut Lukman, diadakan satu hari dua kali, yaitu siang dan sore.

“Meraup buku tersebut dilaksanakan dengan sistim undian dari transaksi hari itu, dengan nilai nominal belanja Rp 100 ribu, dengan pemenang hanya tiga orang. Selanjutnya, lomba mewarnai dengan peserta anak-anak pra TK, dengan dibimbing orang tuanya. Sebab dengan adanya arahan dan bimbingan orang tua anak dapat melukis dengan baik. Sehingga nantinya didapat hasil lukisan yang baik pula,” harapnya.

Selain itu, pada stan Gramedia Book Fair 2010 juga diadakan bursa buku murah. “Mulai dari harga Rp. 7.000 sampai Rp. 20.000,” ujarnya. Untuk itu, dengan adanya pameran ini, diharapkan dapat meningkatkan animo masyarakat terhadap buku. Melalui event ini juga lanjut Lukman, dapat mengetahui tingkatan minat baca masyarakat Kota Lubuklinggau dan Kabupaten Musi Rawas (Mura), Dengan tujuan dapat mencerdaskan masyarakat kabupaten/kota.

Menurut dia, kegiatan ini diadakan kendati Kota Lubuklinggau adalah kota yang besar dan memiliki universitas. Selain itu berdasarkan analisis selama satu tahun, Kota Lubuklinggau dapat disetujui. Maka dari itu jika hasil dari pameran ini baik, maka tidak menutup kemungkinan pihaknya akan membuka toko buku Gramedia di Kota Lubuklinggau.(10)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar