Selasa, 17 Agustus 2010

Wejangan pada Pengukuhan Paskibraka Tahun 2010



Bismillahirrahmanirrahim,

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Salam Sejahtera untuk kita semua,

Yang saya hormati saudara Wakil Presiden Republik Indonesia beserta Ibu Herawati Boediono dan para tamu undangan, para anggota Paskibraka tahun 2010 yang saya cintai dan saya banggakan;

Marilah kita awali, kegiatan kita hari ini dengan memanjatkan puji dan syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, atas rahmat dan ridho-Nya, kita semua masih diberikan kesempatan, kekuatan, dan semoga kesehatan untuk melanjutkan tugas dan pengabdian kita kepada bangsa dan negara tercinta. Atas nama negara dan pemerintah, serta selaku pribadi, saya mengucapkan selamat kepada seluruh anggota Paskibraka Tahun 2010 yang sebentar lagi, insya Allah akan mengemban tugas yang amat mulia dalam rangka peringatan Hari Kemerdekaan negara kita pada tahun 2010 ini.

Adik-adik adalah putra-putri terbaik bangsa yang telah dipilih, dididik, dan dilatih untuk mengemban tugas yang bersejarah ini. Oleh karena itu, laksanakan tugas yang penting ini dengan sebaik-baiknya. Saya juga berharap agar apa yang akan kalian laksanakan dalam rangkaian peringatan Hari Kemerdekaan kita ini dapat meningkatkan motivasi kalian semua untuk berbuat yang lebih baik kepada bangsa dan negara, merintis karier menuju masa depan yang kalian cita-citakan semua.

Saya pada kesempatan yang baik ini, ingin menyampaikan harapan dan arahan kepada semua anggota Paskibraka, agar kalian semua dapat meraih cita-cita yang kalian harapkan. Yang ingin saya sampaikan ini sesungguhnya tiada lain adalah bagaimana putra-putri Indonesia, pemuda Indonesia dapat mengarungi perjalanan karier menuju masa depan yang baik, karena semua tahu bahwa tidak ada jalan yang lunak untuk mencapai tujuan yang mulia, akan banyak tantangan, rintangan, dan ujian di hadapan kalian semua.

Oleh karena itu, yang akan berhasil adalah mereka yang mampu mengatasi semua tantangan, rintangan, dan ujian itu. Oleh karena itu, pemuda–pemudi Indonesia, putra-putri Indonesia haruslah memiliki karakter yang tangguh dan cara pandang atau mindset yang benar, agar sekali lagi, perjalanan karier kalian ke depan akan senantiasa berhasil.

Lima hal yang kalian perlu camkan, tumbuhkan, dan kembangkan dalam perjalanan karier ke depan. Pertama adalah kalian harus sungguh menjadi putra-putri bangsa yang beriman dan berkarakter.

Yang kedua, kalian harus selalu mengasah ilmu untuk benar-benar menjadi manusia-manusia Indonesia yang cerdas dan rasional.

Yang ketiga, menghadapi tantangan zaman, tantangan era globalisasi, dan era transformasi di negeri kita ini, kalian diharapkan senantiasa bersikap inovatif dan mengembangkan budaya unggul, the culture of excellence, bukan sekedar menjalankan sesuatu, tetapi menjalankan dengan baik do the best, do your best.

Yang keempat, tidak ada sesuatu yang mudah diraih, hampir pasti kalian akan menghadapi masalah, tantangan, cobaan, godaan, ujian yang seolah-olah tidak mudah untuk diatasi. Oleh karena itu, kalian semua harus bermental dan memiliki semangat, harus bisa the can do spirit. Kalau kita punya mental harus bisa, seberat apapun persoalan yang dihadapi insya Allah ada jalan, ada solusi. Tapi kalau kalian mudah menyerah, menganggap segala sesuatunya sulit dan tidak ada jalan keluar, memang kalian tidak akan pernah menemukan solusi dan jalan keluar.

Kemudian yang kelima, di atas segalanya, kalian harus menjadi patriot yang bertanggung jawab. Putra-putri Indonesia yang sungguh mencintai bangsa dan negaranya, sungguh mencintai tanah airnya, sebagaimana yang kalian ikrarkan tadi untuk menjadi anggota Paskibraka.

Itulah lima karakter dan lima cara pandang yang harus kalian bangun dan mantapkan sekarang dan ke depan. Masih dalam kaitan itu semua, saya berharap kalian semua justru bisa menjauhi, bisa menghilangkan sifat dan cara pandang yang justru akan menghalangi perjalanan kalian ke depan untuk meraih cita-cita kalian semua.

Pertama, Jangan kalian memiliki sifat dan sikap yang yang skeptis dan pesimis. Kedua, jangan suka berpikir yang negatif, sinis. Kita tidak akan menjadi bangsa yang cynical. Yang ketiga, jangan pernah mengembangkan sikap dan sifat buruk sangka, itu meracuni pikiran dan hati kalian semua. Yang keempat, jangan terlalu mudah dan terlalu gemar menyalahkan pihak lain, tapi seringlah melakukan introspeksi, mawas diri untuk menemukan apa yang belum benar, apa yang keliru untuk melakukan koreksi dan perbaikan agar akhirnya kalian menjadi lebih baik. Dan yang kelima, juga di atas segalanya jangan menjadi manusia yang tidak beriman, percaya pada tahayul dan hal-hal yang sifatnya tidak rasional.

Insya Allah, dengan ridho Tuhan Yang Maha Kuasa, kalau kalian ingat menjalankan sungguh lima sifat, karakter, dan cara pandang yang baik tadi dan sebaliknya menjauhi, mencegah, tidak terjebak kepada lima sifat dan cara pandang yang buruk tadi, maka terbuka masa depan kalian yang baik, Dan disitulah kalian, insya Allah dengan doa kami semua sinar-sinar kalian akan tumbuh menjadi putra-putri bangsa yang handal, insya Allah menjadi tokoh dan pemimpin di negara yang sama-sama kita cintai ini di masa depan.

Akhirnya, untuk menghadapi tugas pada tanggal 17 Agustus mendatang, saya berharap kalian semua berkonsentrasi, menjaga kesehatan, menjaga jasmani, agar tugas tersebut dapat dilaksanakan dengan baik. Kepada jajaran Paskibraka yang lain, saya juga mengucapkan selamat bertugas kepada para pembina, pelatih, pengasuh saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan atas segala upaya dan jerih payahnya menggembleng, mendidik, mempersiapkan anak-anak kita ini untuk mengemban tugas yang amat bersejarah, selamat bertugas, Tuhan beserta kita.

Sekian.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar