Senin, 23 Agustus 2010

Menjelajah

Menjelajah mungkin terdengar terlalu keren ya. Tapi biarlah disebut begitu, supaya terasa sebagai sesuatu yang menakjubkan. Kegiatan ini menjadi sering kami lakukan dalam satu tahun terakhir.

Anak-anak saya ajak berjalan menyusuri pesawahan, sungai, dan perkampungan di belakang komplek perumahan kami. Meski sudah berulang-ulang kami lakukan, selalu saja ada hal baru yang kami temui.

Kalau merujuk pada konsep Charlotte Mason dalam menjalankan home-education, kegiatan menjelajah alam ini adalah bagian penting yang sangat ia anjurkan.

Salah satu tujuannya adalah melatih mereka untuk terbiasa berinteraksi dengan alam sekitar, sehingga tumbuhlah rasa memiliki dan rasa ingin menjaga alam tempat mereka hidup. Selain itu, menurut Charlotte, dengan mengajak anak-anak memperhatikan aneka tetumbuhan dengan seksama, akan melatih mereka untuk memiliki rentang perhatian yang panjang terhadap sesuatu.

Sekarang ini, malah anak-anak bisa mengajak teman mainnya untuk ikut serta. Menjelajah jadi kegiatan murah yang tak kalah serunya dengan bermain di arena bom bom car di mall.

Di perjalanan kadang-kadang kami berhenti melihat-lihat para petani bekerja di sawah. Hari Minggu, 22 Agustus kemarin, malah Luqman minta berhenti untuk melihat pembuatan bata merah. Pengalaman baru buat anak-anak.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar