Minggu, 08 Agustus 2010

Seminar Fisika Tanpa Rumus Diikuti 1895 Pelajar

LUBUKLINGGAU-Sedikitnya 1895 pelajar Kabupaten Musi Rawas (Mura) dan Kota Lubuklinggau mengikuti seminar fisika tanpa rumus. Seminar tersebut berlangsung di Gedung eks Bioskop Sindang, Mingggu (8/8).

Ke-1895 peserta itu terdiri dari 1470 pelajar SMA dan 425 pelajar SMP. Seminar tersebut dilaksanakan dengan dua tahapan. Tahap pertama mulai pukul 08.00 hingga pukul 10.00, untuk siswa SMP. Kemudian pukul 10.00 hingga selesai dilanjutkan pelajar SMA.

“Untuk peserta tingkat SMP hanya dikuti pelajar di Kota Lubuklinggau. Semantara SMA diikuti pelajar kabupaten/kota, yang rata-rata pelajar memgikuti seminar ini merupakan anak ilmu pengetahuan Alama (IPA),” kata Mustaredi, Kepala Cabang Primagama Lubuklinggau, kepada wartawan koran ini, Minggu (8/8).

Menurut Mustaredi, seminar ini merupakan terobosan baru Bimbingan Belajar (Bimbel) Primagama Lubuklinggau, dengan metode belajar fisika dan matematikan tanpa rumus. “Kendati selama pelajaran tersebut merupakan mata pelajaran yang menakutkan bagi seluruh pelajar. Maka dengan adanya metode khusus yang diajarkan kepada peserta seminar, dapat membantu mereka dalam belajar. Sehingga mata pelajaran fisika dan matematika bukan hal yang menakutkan bagi mereka nantinya,” harapnya.

Ia menambahkan, seminar ini telah berhasil diselenggarakan di 31 Provinsi se-Indonesia. Untuk itu, Bimbel Primagama Lubuklinggau mencoba mencari trik yang bisa membuat pelajaran fisika itu asyik dan menyenangkan. Maka Bimbel Primagama mencoba memberikan trik khusus, seperti trik mencongak sudah dapat mengetahui hasil dari soal, misalnya satu ditambah satu sama dengan dua. Sebab, jika menggunakan rumus, lanjutnya hal itu terlalu panjang jika dijabarkan.

“Langkah yang kita ambil pada teori ini mengacu pada rumus yang sudah ada, kemudian dikembangkan dan disederhanakan dengan bahasa yang mudah diingat tanpa rumus. Jika setelah seminar matematikan dan fisika tanpa rumus, siswa masih tidak mengetahui, maka sebagai jaminannya uang pendaftaran dikembalikan,” beber Mustaredi.

Untuk pemateri pada seminar ini, pihaknya mengambil guru senior pengajar matermatika dan fisika di Bimbel Primagama Lubuklinggau, yang dikhususkan di Bimbel Primagama Cabang Lubuklinggau. “Untuk menghidar kejenuhan siswa, kami mengadakan kegiatan selingan seperti Band dari setiap sekolah. untuk band terbaik I, II dan III akan diberi tropy dan uang pembinaan. Adapun fasilitas yang ditawarkan kepada peserta seminar ini, yakni sertifikat, makalah dan doorprize dari Bimbel Primagama,” jelasnya.(10)







Tidak ada komentar:

Poskan Komentar